RSS

Katakan dengan bunga

15 Apr

Bunga, adalah salah satu bentuk ciptaan Tuhan yang gue sukai selain buah2an (hehe) dan yang lainnya. Tanpa bunga, dunia jadi ga indah kali ya…. Coba adanya rumput doang sama pohon….. dimana2 ijo… lama2 sepet juga pan mata… Dari sekian banyak bunga, gue paling suka bunga deposito… hihihi…

Selain sebagai suatu keindahan, bunga ternyata mengandung simbol/arti. Ga tau juga siapa yang ngasih simbol sama bunga2 itu, yang jelas orangnya kreatip gila. Berikut aneka jenis bunga dan artinya :

Bunga Anggrek

anggrek

 

Anggrek dikenal sebagai tanaman hias populer yang sering dimanfaatkan bunganya. Bunga anggrek sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas. Anggrek biasa dijual sebagai tanaman pot maupun sebagai bunga potong.

Indonesia termasuk Negara yang beruntung karena memiliki kekayaan keanekaragaman anggrek. Anggrek2 langka itu banyak tumbuh di hutan2 di daerah Sumatera hingga Papua.  Anggrek bulan adalah anggrek favorit dan menjadi bunga pesona bangsa Indonesia. Selain Indonesia, negara Singapura dan Thailand juga sering diidentikkan dengan Anggrek. Anggrek bahkan menjadi bunga nasional bagi kedua Negara tersebut.

Di masa lalu, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan tehnik pengobatan. Konon kabarnya bunga anggrek bisa menyembuhkan sariawan. Penggunaannya pun meluas sampai menjadi bahan ramuan (terutama untuk kecantikan).

Kegiatan mengkoleksi anggrek pun akhirnya menjadi kegiatan yang banyak dilakukan di segala penjuru dunia, dan hal tersebut dimulai sejak abad 18.

Ketika anggrek muncul dalam mimpi seseorang, hal ini dipercaya sebagai simbol representasi dari kebutuhan yang mendalam akan kelembutan, romantisme, dan kesetiaan dalam suatu hubungan.

Simbol bunga anggrek

~ Anggrek sering digunakan  sebagai simbol dari  rasa cinta, kemewahan, kecantikan dan keindahan selama berabad-abad.

~ Untuk masyarakat Cina bunga anggrek diyakini sebagai simbol banyak anak. Simbol lainnya adalah sebagai bentuk rasa sayang pada seseorang.

cattleya

Anggrek Cattleya

merupakan simbol dari kedewasaan seseorang

~ ~ ~

Bunga Akasia

akasia

Pohon akasia, adalah jenis pohon yang mudah tumbuh. Hanya dengan sebutir putik bunga yang sudah dibuahi dan hanya diterbangkan angin saja, maka proses perkembangbiakan pohon akasia bisa terjadi. Kulit kayu dari pohon akasia bisa dijadikan sebagai bahan perekat.

Pohon akasia pertama kali diteliti oleh Petani Swedia yang bernama Carl Linnaeus di tahun 1773.  Pohon akasia cenderung berduri dengan daun yang banyak.

Nama umum dari akasia sebenarnya adalah Akakia. Nama ini diberikan oleh petani Yunani Pedanius Dioscorides.

Hingga tahun 2005, lebih dari 1300 spesies dari akasia menyebar ke seluruh dunia. Australia menempati peringkat pertama sebagai negara yang memiliki spesies terbanyak yaitu sebanyak 960 spesies. Diikuti oleh Eropa, Afrika, Asia dan Amerika.

Bunga akasia dilambangkan sebagai :

cinta yang terpendam, cinta suci atau symbol dari kecantikan seseorang.

~ ~ ~

Bunga Ambrosia

ambrosia

 


Pohon ambrosia biasa tumbuh di daerah sekitar Perth, Australia, termasuk di belahan bumi Utara dan Afrika Selatan.

Ambrosia adalah pohon yang tumbuh sepanjang tahun. Pohon ambrosia dapat tumbuh subur jika sering terkena sinar matahari. Ambrosia biasa juga disebut dengan ragweed. Nama Ambrosia sendiri berasal dari Yunani yang artinya “Food of the Gods” atau “makanan para Dewa”.

Symbol dari bunga Ambrosia adalah : cinta terbalas atau cinta tidak bertepuk sebelah tangan.

~ ~ ~

Bunga Amarilis

amarilis

 

Amarilis adalah salah satu genus dari Amaryllidaceae yaitu suatu kelompok/keluarga bunga. Bunga ini berasal dari Amerika Selatan, biasa tumbuh sepanjang tahun dan mampu bertahan hingga tujuh puluh lima tahun jika dirawat dengan baik. Amaryllidaceae memiliki 60 genus dan kurang lebih 800 spesies.

Bunga Amarilis biasa disebut sebagai Hipeastrum. Bunga ini menyerupai bunga lili. Lebar bunga sampai sepuluh inci. Bunga terletak pada tangkainya dengan tinggi mencapai dua kaki.

Warna bunga amarilis aneka macam, terdiri dari warna merah, putih, pink, salmon dan jingga. Bahkan ada juga yang bergaris dan berwarna campuran.

Simbol dari bunga amarilis adalah : “menunjukkan rasa bangga”

~ ~ ~

Bunga Anyelir (Carnation)

anyelir

Anyelir, atau disebut juga bunga teluki dan dikenal dalam bahasa Inggris sebagai carnation, mempunyai nama ilmiah Dianthus caryophyllus adalah tanaman hias pekarangan dan pot yang populer. Tanaman ini berasal dari kawasan mediterania. Anyelir dapat hidup selama 18-20 bulan. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian sampai 2 meter, namun untuk dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tanaman bunga anyelir mencapai 1 cm, sementara warna bunganya berwarna-warni.

Untuk kesehatan, anyelir bisa digunakan sebagai obat diare, penenang dan anti radang. Bagian yang digunakan adalah daun dan bunga yang dikeringkan.

Simbol dari bunga anyelir secara umum adalah simbol cinta dan kekaguman, tapi berdasarkan warnanya, simbolnya adalah :

~ Pink ; I won’t forget about you, always on my mind,

~ Red ; I want U, my heart aches for you, passion

~ Lined  : No or rejection (penolakan)

~ Yellow :  u let me down

~ White : pure love, good luck, sweet, pretty, innocence

~ ~ ~

aster

Bunga Aster

Bunga aster adalah salah satu bunga yang jadi favorit sebagian besar orang. Kenapa, karena selain bentuknya indah, bunga ini harum sekali.

Bunga aster berbentuk melingkar, atau seperti bintang dengan kelopak dan mahkota bunga yang banyak dan terpisah. Mahkota bunga pada bunga ini ada yang panjang dan ada yang kecil, bermekaran mengelilingi bunga-bunga kecil yang ada ditengahnya.

Daerah yang ideal untuk bertanam aster adalah daerah pegunungan. Namun tidak tertutup kemungkinan, di dataran rendah pun aster bisa tumbuh. Aster sendiri menyukai tempat yang terbuka. Itu berarti, aster yang biasanya dijadikan bunga potong (cut flower) bisa tampil cantik sebagai penghias halaman rumah.

Warna bunga aster beragam, ada yang violet ada juga yang kebiruan, serta warna pink, putih dan merah.

Sementara banyak orang mengagumi aster karena keindahannya, ga banyak yang tau bahwa aster punya reputasi yang unik yaitu :

-          Aster adalah kata dari bangsa Yunani yang berarti “Bintang” atau “star”. Seperti bintang2 di langit, aster dapat ditemukan di seluruh permukaan bumi dan hidup di berbagai cuaca dari tropik hingga cuaca dingin di belahan dunia bagian utara.

-          Hampir selama 4000 tahun aster banyak digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia sebagai dekorasi rumah dan kebun. Aster masuk dalam kelompok bunga terbesar yang bernama Asteraceae, yang memiliki kurang lebih 600 spesies.

-          Nama aster digunakan di seluruh dunia. Nama aster tidak harus mengalami perubahan di tiap negara. Sebut saja seperti Perancis, Belanda, Inggris dan Spanyol, semuanya tetap menggunakan nama “aster” seperti bangsa Yunani, dimana nama bunga ini berasal.

-          Waktu terbaik menemukan aster (di luar negeri) adalah selama akhir musim panas dan pada saat musim gugur.  Saat daun mulai berguguran dan langit berubah menjadi gelap, aster justru hadir memeriahkan suasana dengan daun bunganya yang berwarna-warni.

Secara umum simbol dari bunga aster adalah  keriangan, kesederhanaa, keceriaan. Jadi jika kau ingin membagi keceriaan dengan orang lain, berikan saja aster pada orang tersebut, hehe. Simbol lainnya adalah :

~ simbol dari cinta, keindahan, kecantikan, kehalusan dan lemah lembut.

~ Aster putih simbol dari jiwa yang murni

chrysanthemum

Bunga Chrysanthemum (krisan/seruni)

Chrysanthemum adalah bunga yang biasa ditemukan di Asia dan Eropa. Bunga ini memiliki 30 spesies dan biasa dikenal (di Indonesia) dengan nama bunga Seruni. Yang unik dari bunga chrysanthemum adalah ternyata bunga ini memiliki legenda tersendiri untuk beberapa negara.

Legenda Cina

Putra tertua kaisar mendengar tentang tumbuhan ajaib yang bisa membuat tubuh jadi awet muda. Tanaman ini hanya tumbuh di pulau Naga dan hanya bisa diambil oleh orang muda/anak2. Sang putra mahkota pun akhirnya mengirim 24 anak2 ke pulau tersebut. Tapi saat anak2 itu tiba di sana, mereka tak menemukan apa2, tak ada tanda apapun tentang tanaman ajaib, yang ada hanya the golden chrysanthemum. Kini, tanaman tersebut jadi simbol dari masyarakat Cina sebagai simbol pemersatu.

Legenda Jepang

Cerita dari legenda Jepang adalah seputar Dewa Izanagi dan Dewi Iznami. Dewi Iznami dikirim ke planet bumi dengan menyebrangi jembatan yang berupa awan karena di surga sudah terlalu banyak dewa. Saat Iznami tiba di bumi, sang Dewi menciptakan dewa angin, dewa gunung dan dewa laut. Tapi saat menciptakan dewa api, Iznami terluka terkena kobaran api.

Dewa Izanagi, yang merindukan kehadiran Iznami lalu menyusul ke bumi. Ia pergi ke suatu tempat yang disebut “Black Night” karena konon ditempat itu Iznami berada. Tapi saat Izanagi melihat Iznami, ia malah dikejar oleh penyihir tua.

Izanagi akhirnya memutuskan untuk membersihkan diri di sungai. Baju yang ia gunakan, yang ia lempar ke tanah berubah menjadi 12 dewa, perhiasannya berubah menjadi bunga. Gelangnya berubah menjadi bunga Iris, gelang kedua menjadi bunga lotus, sementara kalungnya berubah menjadi golden chrysanthemum.

Di Yunani, “krus anthemom” artinya adalah bunga dewa. Di Inggris, chrysanthemum dikenal sebagai “mums”. Beberapa Negara seperti Malta menyakini bunga ini membawa kesialan jika ditaruh di depan rumah. Sementara di Jerman, orang2 berburu bunga ini (khususnya yang berwarna putih) untuk di simpan di rumah mereka dalam rangka menyambut natal.

Cina dan Jepang, menjadikan bunga ini sebagai bunga favorit mereka, karena keunikannya. Di Jepang, bahkan festival bunga khusus diadakan tiap tahunnya, dan chrysanthemum wajib ada.

Secara umum simbol dari chrysanthemum adalah kecantikan, kemurnian, atau : “kau adalah teman yang menyenangkan”. Sementara untuk masing2 warna, artinya adalah :

Red : Love

White : Honesty, truth

Yellow : care, happy, optimist

~ ~ ~

Bunga Daffodil

daffodil

Daffodil termasuk dalam jenis bunga liar, dan banyak tumbuh di Negara Ukraina. Daffodil pada mulanya bernama Narcissus, namun seiring berjalannya waktu berubah menjadi Daffodil. Namun begitu, banyak orang masih menyebutnya sebagai bunga narcissus. Ada beberapa jenis narcissus, dua yang terkenal adalah :

Narcissus poeticus, jenis bunganya adalah kelopak berwarna putih dengan warna cerah di tengahnya. Dan satu lagi adalah narcissus jonguilla. Bunga yang kedua biasa dihubungkan dengan cerita tentang narcissus yang menarik.

Cerita Narcissus berasal dari Yunani. Mitos ini sudah lama ada dan sangat terkenal. Narcissus adalah seorang pemuda yang sangat tampan. Konon katanya ketampanannya bersifat abadi (gubrak).

Suatu hari, ia pergi berburu ke hutan. Peri hutan yang bernama Echo langsung jatuh cinta padanya begitu melihatnya, tapi narcissus langsung menolak cinta echo dengan angkuhnya, membuat echo patah hati dan sedih tak berkesudahan. Echo terus menangis sampe suaranya habis  (bo, biasa aja kali… hihihi)

Dewi Nemesis yang mendengar tentang kisah sedih yang menimpa echo merasa marah dan berniat memberi hukuman pada narcissus. Ia menyuruh narcissus pergi ke sebuah danau yang sangat indah dan berkilauan. Narcissus tak dapat menolak, ia pun pergi ke danau itu. Di sana, untuk pertama kalinya ia melihat bayangan dirinya sendiri di pantulan danau yang berair jernih itu dan… jatuh cinta pada dirinya sendiri! (cape deh). Saat dia terus mengagumi wajahnya, kutukanpun datang padanya. Ia tiba2 menghilang begitu saja. Di tempat ia menghilang, tumbuh bunga yang berwarna emas, yang akhirnya diberi nama narcissus.

Itulah awal nama daffodil/narcissus berasal. Kepopuleran Narcissus tidak hanya sebatas pada bunga, secara psikologi pun ada ilmu yang dikenal dengan nama narcissus complex. Sementara kata2 ‘narsis’ atau narcissistic muncul untuk memberi julukan pada orang2 yang terlalu cinta pada dirinya sendiri.

Keindahan bunga daffodil ternyata banyak menginspirasi orang untuk berkarya, salah satunya adalah penyair legendaris asal Inggris yang bernama William Wordsworth, yang terkenal karena puisi klasiknya yang berjudul “Daffodils” yang dipublikasikan tahun 1804.

Adapun isi puisinya adalah sebagai berikut :

I wandered lonely as a cloud
That floats on high over vales and hills,
When all at once I saw a crowd,
A host, of golden daffodils;
Beside the lake, beneath the trees,
Fluttering and dancing in the breeze.

Continuous as the stars that shine
And twinkle on the milky way,
They stretched in never-ending line
Along the margin of a bay:
Ten thousand saw I at a glance,
Tossing their heads in sprightly dance.

The waves beside them danced, but they
Out-did the sparkling leaves in glee;
A poet could not be but gay,
In such a jocund company!
I gazed—and gazed—but little thought
What wealth the show to me had brought:

For oft, when on my couch I lie
In vacant or in pensive mood,
They flash upon that inward eye
Which is the bliss of solitude;
And then my heart with pleasure fills,
And dances with the daffodils.

Kebanyakan bunga daffodil adalah  berwarna kuning, tapi ada juga yang berwarna putih, krem, oranye, dan merah-muda. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 60 cm. Bunga daffodil ternyata mengandung racun, ada kejadian dimana sejumlah murid di Inggris yang jatuh sakit karena mengkonsmsi sup yang dicampur dengan daffodil pada saat pelajaran memasak. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, daffodilpun  bisa menyebabkan kematian.

Di Cina bunga daffodil ini mempunyai arti  keberuntungan dan kekayaan. Karena bunga ini tumbuh pada awal-awal tahun, bunga ini juga dijadikan sebagai simbol tahun baru imlek Cina,  dan dipercayai akan memberi extra-keberuntungan atau hoki bagi si pemilik.

Sebagai suatu simbol, daffodil diartikan sebagai :

~ you are the only one atau “kau satu2nya bagiku”

~ great yellow : kegembiraan

daisy

Bunga Daisy

Bunga daisy adalah bunga dari keluarga asteraceae, masih sodaraan sama bunga aster atau sunflower. Asteraceae adalah keluarga tumbuhan berbunga kedua terbesar dalam segi banyaknya species atau jenis. Bunga daisy ini diperkirakan mencapai 10 persen dari semua tumbuhan berbunga di bumi ini.

Bunga daisy cukup sederhana bentuknya, memiliki bundaran yang lebar di tengah dan dikelilingi oleh petal-petal (kelopak bunga) yang seperti sinar matahari, mungkin karena inilah bunga ini mulai disebut jenis bunga sunflower.

Salah satu ciri bunga ini yaitu membuka petalnya pada pagi hari saat matahari terbit dan menutupnya kembali pada saat matahari terbenam. Bunga ini juga terkenal karena kemampuannya menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Kebanyakan bunga ini ditemui berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna merah, kuning, dan ungu. Bunga daisy yang paling disukai adalah gerbera daisy atau disebut juga African daisy, transvaal daisy ataupun Barberton daisy. Warnanya indah terang dan  menjadi bunga daisy yang berharga paling tinggi dari jenis bunga daisy lainnya.

Dalam bahasa Inggris, daisy biasa disebut dengan “day’s eye” hal ini berkenaan dengan sinar matahari, bahwa bunga daisy akan terbuka kelopak bunganya saat matahari terbit dan akan tertutup saat matahari terbenam.

Masih menurut orang Inggris, bunga daisy dipercaya bisa mengobati sakit mata. Bahkan ada beberapa orang yang biasa mencampur bunga daisy dengan minyak untuk menghitamkan rambut mereka yang tadinya berwarna abu-abu.

Marquerite, penemu nama bunga daisy yang berasal dari Perancis bilang bahwa secara bahasa Yunani, arti dari bunga daisy adalah “pearl”.

Secara umum bunga daisy adalah simbol dari : kesucian, kesetiaan, innocence, loyal love, true love dan memories. Sementara menurut warnanya :

white : shared feelings of affection

red : beauty

~ ~ ~

Bunga Dahlia

Dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan (perenial), berbunga di musim panas sampai musim gugur.

Dahlia berasal dari Meksiko. Itu sebabnya bunga ini menjadi bunga nasional Meksiko.

Dahlia termasuk bunga yang terlambat dikembang-biakkan. Pada tahun 1872, negeri Belanda menerima sekotak umbi Dahlia yang dikirim dari Meksiko. Dari sekotak umbi bunga Dahlia ternyata hanya satu umbi yang berhasil berbunga namun menghasilkan bunga indah berwarna merah, dengan daun bunga yang runcing. Ahli tanaman berhasil mengembang biakkan Dahlia yang kemudian dinamakan Dahlia juarezii. Dahlia juarezii merupakan nenek moyang semua bunga Dahlia hybrid (persilangan) yang terdapat sekarang ini.

Simbol dari bunga dahlia secara umum adalah : pengkhianatan.

gladiola

Bunga Gladiola (Gladiolus)

Bunga gladiola masuk dalam  keluarga iridaceae. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan sebagian kecil spesiesnya berasal dari Eurasia. Julukan lain dari bunga gladiola adalah “sword lily” atau “pedang kecil”.

Warna bunga gladiola bervariasi, ada yang putih, orange, pink dan merah menyala. Kesegaran bunga gladiola bisa bertahan hingga sepuluh hari, sementara bisa berbunga sepanjang waktu (tidak mengenal musim).

Bagian tertentu dari bunga gladiola mengandung racun, dimana jika dimakan atau disentuh bisa menimbulkan alergi.

Secara umum, simbol dari gladiola adalah :  ‘I am sincere’, ‘strenghth of character’, dan ‘give me a break’.

~ ~ ~

Bunga Honeysuckle

honeysuckle

Bunga honeysuckle masuk dalam kelompok caprifoliaceae, sebuah kelompok tumbuhan merambat yang banyak terdapat di belahan bumi bagian utara, termasuk juga Asia dan utara Amerika.

Bunga honeysuckle banyak dijadikan sebagai bunga hias. Salah satu yang terkenal adalah yang berasal dari Amerika Utara yang bernama trumpet honeysuckle yang masuk dalam genus Lonicera, yang mempunyai kelopak bunga berwarna merah menyala. Sementara honeysuckle asal jepang juga tak kalah terkenalnya, biasa disebut L. Japonica, warna bunganya adalah putih dan kuning.

Secara umum, honeysuckle disimbolkan sebagai : ~ Pribadi yang unik

~ ~ ~

Bunga Hollyhock

hollyhock

Hollyhock adalah bunga yang biasa tumbuh pada pertengahan musim panas. Warna bunganya umumnya ungu, tapi ada juga yang berwarna pink.

Tanaman ini berasal dari Inggris, dan mempunyai arti “holly flower” atau “bunga suci” karena biasa ditemukan di antara batu2 yang banyak terdapat di area kuburan.

Hollyhock akan tumbuh subur jika terkena terik matahari. Jika banyak tanaman tidak begitu kuat dengan sinar matahari, hollyhock sama sekali tidak bermasalah dengan hal tersebut.

Hollyhock terdiri dari 60 spesies dan masuk dalam genus Alcea. Selain di Inggris, tanaman ini juga banyak terdapat di Asia bagian Barat dan Tengah.

Secara umum, simbol dari bunga hollyhock adalah : ~ Ambisi

Bung Iris

iris

Bunga iris banyak dibudidayakan di berbagai belahan bumi di seluruh dunia. Dalam bahasa inggris bunga ini termasuk bunga “perennial” yang artinya salah-satu bunga yang dapat hidup lebih dari 2 tahun. Salah satu keistimewaan bunga Iris adalah bisa  tumbuh di darat maupun di air.

Bentuk bunga Iris cukup unik dengan warna yang bervariasi seperti warna biru, putih, biru keunguan, pink, ungu kecoklatan, kuning dan orange.  Bahkan ada yang berwarna hitam, tapi tak ada yang benar-benar berwarna merah asli. Bunga ini memerlukan cahaya matahari yang banyak. ‘Bearded iris’ adalah jenis bunga iris yang paling banyak ditemui, kenapa disebut bearded, karena menyerupai jenggot2 kecil.

Minyak dari jenis tumbuhan iris sering ini digunakan sebagai aroma-terapi dan parfum.

Iris dalam bahasa Yunani artinya pelangi. Karena Valentine’s day jatuh pada bulan Februari maka dari itu bulan kedua tersebut dianggap sebagai bulan asmara dan bunga iris dianggap sebagian orang sebagai bunga yang cocok untuk mewakili perasaan. Bunga iris juga sering digunakan sebagai bunga perhiasan dan sebagai bunga yang cocok untuk diberikan pada hari jadi atau hari ulang tahun pernikahan yang ke 25.

Keindahan bunga Iris memotivasi pelukis terkenal dunia Vincent van Gogh untuk melukis bunga2 tersebut dan  memberi nama lukisannya dengan  nama “Bunga-bunga Iris“. Lukisan ini, ia lukis saat berada di R.S. Jiwa Saint Paul-de-Mausole, Perancis pada tahun 1890, yaitu di masa-masa akhir hidupnya.

iris flower

Lukisan tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh lukisan kayu Jepang, seperti kebanyakan karyanya yang lain. Ia menyebut lukisan tersebut “konduktor petir untuk penyakitku” karena ia merasa dapat mencegahnya dari kegilaan dengan tetap meneruskan melukis. Van Gogh menganggap lukisan ini sebagai sebuah lukisan persiapan (sketsa atau lukisan dasar dengan garis-garis bayang yang dipersiapkan sang pelukis untuk mencoba-coba mencari bentuk gambar yang hendak ia lukis kemudian).

Saudaranya Theo mendaftarkannya ke pameran bernama salon des independants pada bulan September 1889. Ia lalu menulis pesan kepada Vincent mengenai Bunga-bunga Iris: “Lukisan tersebut menjadi perhatian dari jauh. Bunga-bunga Iris adalah lukisan yang cantik, penuh dengan perasaan dan kehidupan.”

Pemilik pertamanya adalah Octave Merbeau, seorang kritikus seni Perancis, yang menjadi salah satu pendukung pertama Van Gogh. Tahun 1987 lukisan tersebut menjadi lukisan yang termahal yang pernah dijual (walaupun rekor tersebut kemudian dilewati). Kini pemilik lukisan tersebut adalah Museum Getty di Los Angeles.

Secara umum, simbol dari bunga Iris adalah : ~ kepercayaan, harapan, kesetiaan, kebijaksanaan, kesejahteraan dan persahabatan.

~ ~ ~

lily

Bunga Lily (bakung)

Tanaman Bakung merupakan bagian dari genus lilium. Nama tanaman ini dalam bahasa Inggris adalah lily. Ada sekitar 100 suku dalam keluarga bakung (liliaceae).

Tanaman ini bisa menyesuaikan diri dengan habitat hutan, seringkali pegunungan, dan terkadang habitat rerumputan. Beberapa mampu hidup di rawa. Pada umumnya tanaman ini lebih cocok tinggal di habitat dengan tanah yang mengandung kadar asam seimbang.

Bakung biasanya memiliki tangkai yang kokoh. Kebanyakan suku bakung membentuk umbi polos di bawah tanah. Di beberapa suku Amerika Utara dasar dari umbi ini berkembang menjadi rizoma.

Bunga bakung yang besar memiliki tiga daun bunga, acapkali wangi, dan terdapat dalam berbagai warna dari putih, kuning, jingga, merah muda, merah, ungu, warna tembaga, hingga hampir hitam. Terdapat pula corak berupa bintik-bintik.

Tanpa banyak orang tau, tanaman lily ternyata bisa digunakan sebagai alternatif dalam mengobati berbagai penyakit.

~ Jika mengalami batuk (tussis), 10 gram umbi bunga lili, 10 gram kulit jeruk mandarin kering, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, tambahkan 5 gram umbi anggrek tanah, diaduk, lalu diminum selagi hangat.

~ Jika batuk karena influenza, 10 gram umbi bunga lili ditambah 5 gram daun menthol kering dan 7 lembar daun sirih, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 ss, disaring, lalu diminum selagi hangat.

~ Untuk mengatasi batuk rejan (pertussis), 15 gram umbi bunga lili dan gula merah secukupnya direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring lalu airnya diminum selagi hangat.

Secara umum, simbol dari bunga lily adalah :  suci, manis, sederhana, rapuh, cantik, persahabatan, kepatuhan. Bangsa mesir kuno memaknai bunga lili sebagai bentuk dari ‘kemurnian’.  Sementara lily yang berwarna pink, dimaknai sebagai romantisme.

~ ~ ~

sunflower

Bunga Matahari (Sunflower)

Bunga matahari merupakan tanaman perdu. Rasa dari bunga matahari adalah lembut, netral.

Orang Perancis menyebut bunga matahari sebagai tournesol atau “pengelana matahari”. Bunga matahari adalah bunga nasional Negara RRC dan menjadi bunga resmi Kansas, Amerika Serikat.

Asal bunga matahari adalah Meksiko, namun kemudian dibudidayakan oleh orang-orang Indian sejak ribuan tahun yang lalu. Selanjutnya bunga matahari diperkenalkan ke Negara Amerika Serikat, dan menjadi salah satu sumber pangan bagi warga Inka. Setelah penaklukan oleh orang Eropa, bunga matahari diperkenalkan ke Eropa dan berbagai penjuru dunia lainnya pada abad ke-16. Semenjak abad ke-17 bijinya digunakan dalam campuran roti atau diolah sebagai pengganti kopi dan cokelat. Penggunaan bunga matahari sebagai sumber minyak, mulai dirintis pada abad ke 19.

Bunga matahari menyukai tanah yang subur, hangat dan  suasana yang cerah. Mengingat asalnya, tumbuhan ini cocok tumbuh pada tempat dengan iklim subtropik. Di daerah tropika hasilnya tinggi jika ditanam pada dataran tinggi. Di daerah beriklim sedang seperti Eropa tumbuhan ini hanya bisa ditanam pada musim semi hingga musim gugur dan harus dihindari terkena frost (cuaca dingin).

Secara umum simbol dari bunga matahari adalah : kehangatan, kekaguman, kadang dianggap juga sebagai simbol panjang umur. Makna lainnya adalah : dia menghargai kamu.

mawar

Bunga Mawar (Roses)

Bunga mawar dengan nama ilmiah Rosaceae merupakan tanaman dari Ordo Rosanales sangatlah pantas menyandang julukan si ”Ratu Bunga” karena hampir semua orang menyukai dan mengenal mawar. Warna bunganya yang cantik menawan dengan aneka ragam warna warni seakan menghidupkan suasana taman menjadi semarak, ditambah lagi pesona harumnya yang semerbak wangi.

Bunga mawar dikenal mempunyai banyak varietas sehingga disebut Rosaceae atau keluarga mawar mawaran. Kemajuan teknologi semakin membuat keluarga tanaman ini beraneka ragam dengan warna warninya mulai dari merah, ungu, hitam dan bahkan campuran beberapa warna. Disamping itu kelopak bunganya juga semakin variatif, dari yang berkuntum tunggal, ganda sampai yang bertumpuk.

Mawar adalah tanaman semak dari genus rosa. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Pada beberapa spesies seperti Rosa canina dan Rosa rugosa menghasilkan buah rose hips yang sangat kaya dengan vitamin C. bahkan termasuk di antara sumber vitamin C alami yang paling kaya.

Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun beberapa kultivar yang merupakan hasil metode grafting (penyambungan), dapat tumbuh di daerah beriklim subtropics hingga tropis. Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum. Mawar juga bisa dimanfaatkan untuk teh, jelly dan selai.

Dibalik keelokan warna bunga mawar, ternyata juga terkandung khasiat sebagai obat alami. Bunga ini aman dikonsumsi dan memiliki beberapa khasiat. Minyak atsirinya mengandung geraniol dan limonene yang berfungsi sebagai antiseptik, pembunuh jamur candida albican penyebab keputihan dan menambah daya tahan tubuh. Harum aroma bunga mawar juga sering digunakan sebagai aromaterapi yang bersifat menenangkan juga meningkatkan mood.

Daun kelopak bunganya yang kering juga dapat untuk mengharumkan teh. Caranya sangat mudah, campurkan sedikit kelopak bunga kering bersama teh dan rebusan air kemudian saring, aroma teh yang harum pun akan tercium.

Simbol bunga mawar :

Pink : Love, happiness, ‘trust me’, grateful, adore

Red : Love, beautiful, ‘I love U’, honour, brave

Yellow : new beginning, happiness, friendship, jealous

White : true love, innocent

Orange : antusiasm

Peach : sweet, thankful, appreciate, adore, sympathy

Purple : uniq, love at first sight

White and Red : (ini mah bendera kita, hihihi) : simbol penyatuan

Red and Yellow : congratulation

~ ~ ~

melati

Bunga Melati :

Melati merupakan tanaman bunga hias yang berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di Indonesia, melati sangat popular karena biasa digunakan di berbagai acara, terutama acara pernikahan. Aroma melati yang wangi membuat bunga yang berukuran kecil ini banyak disukai.

Melati pertama kali dibudidayakan untuk dijadikan parfum adalah pada tahun 1692 di Italia. Adapun melati yang dibudidayakannya dikenal dengan nama jasminum officinalle atau biasa disebut Spanish jasmine.

Selain untuk parfum, bunga melati biasa digunakan untuk campuran minum teh agar aroma teh yang diseduh menjadi harum. Kandungan kimia dalam bunga dan daun melati yang terdiri dari : indol, benzyl, livalylacetaat ternyata bisa mengobati berbagai penyakit.

Untuk sakit mata, caranya ambil segenggam daun melati, tumbuk halus, kemudian ditempelkan pada mata atau sekitar mata (seperti dahi), bila sudah mengering, ganti yang baru, demikian terus sampai mata tidak sakit lagi.

Melati juga dapat membantu meringankan sakit bengkak akibat gigitan serangga (seperti lebah), caranya ambil segenggam bunga melati, remas-remas sampai halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang bengkak.

Untuk demam dan sakit kepala, ambil satu genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati, remas-remas dengan tangan, campur dengan air, gunakan air tersebut untuk mengompres. Untuk penyakit demam berdarah : rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 mili air hingga menjadi segelas air saja. Setelah dingin, saring dan minum. Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.

Secara umum, simbol dari bunga melati adalah : keramahan, kesucian, ketulusan dan kebersihan hati.

~ ~ ~

Bunga Sedap Malam

sedap malam

Sedap malam (Polianthes tuberosa) adalah tumbuhan hijau abadi dari suku agavaceae.  Tanaman ini diperkirakan berasal dari Meksiko. Bangsa Astek mengenalnya dengan nama omixochitl, “bunga tulang”. Di India Timur disebut sebagai ratkirani, yang berarti “ratu malam”, di Singapura disebut xinxiao, yang berarti “tempat ngengat hinggap”, di Persia bunga ini disebut maryam, yang merupakan nama umum bagi anak perempuan, di Hawaii biasa digunakan untuk pengantin, sementara pada jaman Victoria biasa digunakan sebagai bunga kuburan.

Harum bunga sedap malam (sesuai namanya) adalah : eksotis, manis dan harum sekali. Tanaman ini tumbuh hingga 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga putih. Daunnya panjang dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya.

Symbol dari bunga sedap malam secara umum adalah : ~ kebahagiaan. Sementara untuk masyarakat cina, menyakini bahwa simbol dari bunga sedap malam adalah enteng jodoh.

tulip

Bunga Tulip

Tulip (Tulipa) merupakan nama genus untuk 100 spesies tanaman berbunga yang masuk dalam keluarga Liliaceae.  Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan Stepa di Kazakhstan, menjadi bunga nasional Negara Iran dan Turki, tapi identik dengan Negara Belanda. Kenapa, karena tulip tumbuh subur di Negara kincir angin tersebut. Belanda pun menjadi Negara tertinggi pengekspor tulip ke seluruh dunia.

Tulip tidak bisa hidup di alam terbuka wilayah tropis karena memerlukan suhu rendah di musim dingin untuk tumbuh. Tulip dapat ditanam dengan dua cara, menggunakan umbi atau biji. Tulip yang ditanam dari umbi membutuhkan waktu setahun untuk dapat menghasilkan bunga yang cukup besar, sementara yang ditanam dari biji butuh waktu antara 5 hingga 7 tahun untuk berbunga.

Simbol dari bunga tulip secara umum adalah : cinta yang sempurna, aku mencintaimu selamanya.

~ Red tulip : trust me, love declaration

~ Yellow tulip : cinta tanpa harapan

~ two colours : beautiful eyes

*Arti Bunga Dilihat Dari Warnanya*

Tiap-tiap bunga dengan warna berbeda bisa diinterpetasikan secara keilmuan bahkan tradisional.

Secara Tradisional:

  1. Merah : romantic
  2. Kuning : persahabatan
  3. Putih : penghormatan
  4. Peach : tanda terima kasih
  5. Pink : penghargaan.
  6. Orange : api semangat
  7. Ungu : love at the first sight

Secara Keilmuan:

Sedangkan jika dibedakan dari segi keilmuan, warna diketahui bisa membawa efek ke dalam pikiran. Jadi, sebuah warna bisa mempengaruhi kesenangan, tekanan dalam tubuh, membawa energi, atau bersifat menenangkan.

Bunga juga bisa digunakan sebagai pengobatan. Misalnya:

  1. Hitam : bisa menimbulkan tenaga dan percaya diri
  2. Biru : memberikan ketenangan dalam pikiran dan jiwa dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi
  3. Merah : pembangkit semangat
  4. Hijau : memberikan relaksasi pada pikiran dan tubuh
  5. Ungu : menimbulkan rasa tenang dan damai
  6. Kuning : mencerminkan energy dan menyebarkan cahaya

(berbagai sumber)

About these ads
 
3 Komentar

Ditulis oleh pada April 15, 2010 in Features

 

3 responses to “Katakan dengan bunga

  1. kiosbukugema

    November 20, 2010 at 9:04 p


    “Good…
    Singkat dan lugas….
    Boleh share ilmu?
    Orang Gaptek coba buat blog, makin bungung, he…”

    ~ ~ ~

    boleh banget… heu2.. sama, aku jg masih belajar terus, slm kenal

     
  2. Mey Sya Fitri

    Mei 3, 2012 at 12:38 p

    i like it,, thanks buat info nya :)

     
    • Shatikah

      Mei 3, 2012 at 10:29 p

      sama-sama ^___*

       

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: