RSS

khasiat Kentang

26 Apr

Selamat soreeee…. ada yang pada suka kentang ga? hmm… gue doyan banget, terutama kripik kentang, tapi perkedel kentang juga enak, trus sup kentang, trus sambal goreng kentang so yummy… denger2 kentang bisa nurunin berat badan loh… serius?!.. kita liat yuk penjelasannya…

Asal Mula Kentang

Kentang yang dikenal orang ternyata telah melampaui perjalanan sejarah yang panjang hingga ratusan tahun. Tempat tumbuh kentang, pada mulanya di daerah dingin saja. Kemudian, merambah ke daerah sedang (subtropis) dan akhirnya mencapai daerah panas (tropis). Perpindahan dari satu daerah ke daerah yang lain yang iklimnya berbeda tidak dengan proses yang yang cepat, tetapi, melampaui banyak tahapan.

Columbus ternyata bukan cuma penemu benua baru. Pengembara terbesar dalam sejarah peradaban manusia ini, ternyata disebut-sebut sebagai orang yang berjasa dalam penyebaran kentang untuk pertama kalinya. Kentang dibawa oleh Columbus dari daerah Amerika Selatan tepatnya di sekitar danau Titicaca, di daerah pegunungan Andes, dekat perbatasan Peru dan Bolivia. Dari sini, kentang menyebar ke Peru, Bolivia, Chili, Kolumbia, dan Ekuador. Kemudian, kentang dibawa ke Spanyol pada abad XVI oleh para pedagang Spanyol, baik lewat daratan maupun lautan, setelah itu baru kentang menyebar ke seluruh benua Eropa.

Kentang Di Indonesia

Kentang yang masuk ke Indonesia konon adalah kentang yang berasal dari Amerika Utara. Kentang pertama kali di temukan di Indonesia pada tahun 1794 di sekitar Cimahi, Bandung. Kemudian, sekitar tahun 1811 mulai tersebar ke daerah Karo, Sumatera Utara, Aceh, Padang, Bengkulu, Palembang, Minahasa, Bali, Flores, Seram, dan Timor. Setelah lama berkembang, baru diketahui jenis kentang ini adalah kentang egenheimer.

Nama kentang bukan nama satu-satunya yang dimiliki tumbuhan berumbi yang kaya karbohidrat tersebut. Selain nama itu, masih banyak nama lain lagi. Di Jawa Barat, tanaman kentang disebut dengan nama luwi kumeli, istilah di Jawa kentang kumeli, di Aceh dan Minangkabau disebut gantang, di Karo, gentang atau gadung lepar, di Lampung, ketang atau ubi mandira, di Palembang, ubi kumanden, dan di Sumba disebut keteki jawa. Di Makassar dan Bugis kentang disebut dengan nama lame-lame.

Sebutan yang berbeda juga terdapat di beberapa negara. Inggris menyebut kentang dengan potato, di Belanda disebut aardapel, di Jerman disebut kartoffel, di Perancis dijuluki pomme de terre, di Spanyol dikenal dengan nama patata dan di Amerika diberi nama irish potato.

Solanum atau kentang merupakan tanaman setahun. Bentuk sesungguhnya menyemak dan bersifat menjalar. Batangnya berbentuk segi empat, panjangnya bisa mencapai 50-120 cm, dan tidak berkayu (tidak keras bila dipijat). Batang dan daun berwarna hijau kemerahan-merahan atau keungu-unguan. Bunganya berwarna kuning keputihan atau ungu, tumbuh di ketiak daun teratas, dan berjenis kelamin dua. Benang sarinya berwarrna kekuning-kuningan dan melingkari tangkai putik. Putik ini biasanya lebih cepat masak. Buahnya berbentuk buni, buah yang berkulit/dindingnya berdaging, dan mempunyai dua ruang.

Di dalam buah berisi banyak calon biji yang jumlahnya bisa mencapai 500 biji. Akan tetapi, dari jumlah tersebut yang berhasil menjadi biji hanya sekitar 100 biji saja, bahkan ada yang cuma puluhan biji, jumlah ini tergantung dari varietas kentangnya. Akar tanaman menjalar dan berukuran sangat kecil bahkan sangat halus. Akar ini berwarna keputih-putihan. Kedalaman dayatembusannya bisa mencapai 45 cm. Namun, biasanya akar ini banyak yang mengumpul di kedalaman 20 cm.

Selain mempunyai organ-organ tersebut, kentang juga mempunyai organ umbi. Umbi tersebut berasal dari cabang samping yang masuk ke dalam tanah. Cabang ini merupakan tempat menyimpan karbohidrat sehingga membengkak dan bisa dimakan. Umbi bisa mengeluarkan tunas dan nantinya akan membentuk cabang-cabang baru. Semua bagian tanaman tersebut mengandung racun solanin. Begitu pula umbinya, yaitu ketika sedang memasuki masa bertunas. Namun, bagian umbi ini, bila telah berusia tua atau siap panen, racun ini akan berkurang bahkan bisa hilang, sehingga aman untuk dimakan.

Yang Terkandung Dalam Kentang

Kentang merupakan penawar racun alami asam yang berlebihan/asidosis. Kentang penting membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan tubuh kita. Kandungan garam alkali menjadikan kentang sebagai salah satu makanan basa yang paling kuat. Karena itu, kentang sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh. Kandungan lainnya dalam kentang: potassium, vitamin C, vitamin B1, B2, B3, protein dan zat besi. Kandungan potassium dalam kentang 2 x lipat dari kandungan potassium dalam pisang. Jumlah lemaknya dibawah 25%. Kentang cocok untuk mereka yang mengalami kekurangan gula dalam darah. Selain itu, kentang merupakan sumber terbaik pembentukan zat besi dalam darah. Kentang juga menjamin sistem ketahanan badan karena kandungan vitamin serta kalsiumnya yang tinggi.

Khasiat Kentang

  1. Penurun Berat badan 
    Kentang merupakan sumber karbohidrat dan kalori. Namun, bukan berarti kentang bisa menjadi penyebab bertambahnya lemak tubuh. Justru dengan makan kentang secara teratur berat badan bisa turun!Kentang menjadi salah satau sumber karbohidrat yang baik. Kentang bisa membantu menurunkan berat badan meskipun juga sumber kalori. Kadar gula yang terdapat dalam kentang juga jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi. Sehingga cukup aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.”Menurunkan berat badan tidak hanya berkaitan dengan mengurangi jenis makanan tertentu atau bahkan berhenti makan makanan tertentu. Tapi juga mengurangi asupan kalori yang masuk dalam tubuh,” jelas Britt Burton-Freeman, salah satu pengajar di University of California. “Tidak ada bukti yang mengatakan kalau kentang bisa menambah penimbunan lemak dan menyebabkan kegemukan jika diproses dengan cara benar. Justru malah membantu program diet yang dijalankan,” imbuhnya.Para peneliti di University of California telah melakukan pengamatan kepada 86 orang, baik pria maupun wanita yang memiliki masalah obesitas. Selama kurang lebih 12 minggu mereka telah diukur tingkat indeks Glikemik (glycemic index) – ukuran dampak karbohidrat terhadap kadar gula darah- setelah melakukan diet dengan makan kentang. Mereka makan 5 hingga 7 porsi kentang setiap minggunya. Hasil penelitian menemukan bahwa ada penurunan berat badan yang cukup tinggi pada kelompok ini. Kentang yang mereka komonsumsi adalah kentang yang berukuran sedang, dengan kandungan kalori kurang lebih 110 kalori per buah. “Kandungan kalium dalam satu buah kentang ini sekitar 620 gram melebihi pisang, dan mensuplai hampir setengah dari kadar vitamin C yang dibutuhkan setiap harinya (45%). Kentang tidak mengandung sodium dan bebas kolesterol selama proses memasaknya sesuai, seperti direbus atau dipanggang,” tutup Britt Burton-Freeman.
  2. Pencernaan 
    Karena kentang kaya karbohidrat, sehingga mudah untuk dicerna dan memperlancar pencernaan. Hal ini membuat kentang manjadi makanan baik bagi pasien, bayi dan orang-orang yang mengalami masalah pencernaan.
  3. Perawatan kulit 
    Vitamin-C, Vitamin B-kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan seng adalah sumber yang baik untuk kesehatan kulit. Ampas kentang yang dilumatkan dan dicampur dengan madu, juga dapat digunakan sebagai pembersih keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan. Parutan kentang yang ditempelkan pada kelopak mata, mampu menghilangkan noda hitam pada mata (dark circles) dan bila dicampur dengan krim pelembab mata, bisa memperlambat kerut di muka. Selain itu, kentang juga dapat memutihkan dan melembutkan tangan, kandungan potassium dan vitamin C pada kentang sangat cocok untuk perawatan kulit seperti wajah berminyak dan berjerawat. Caranya: kupas dan parut 2 buah kentang, lalu oleskan pada wajah hingga rata, biarkan 1/2 jam lalu bersihkan dengan air bersih.
  4. Fungsi otak 
    Kinerja otak sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Selain itu, kentang juga mengandung zat tertentu seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga.
  5. Peradangan 
    Nutrisi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena lembut dan mudah dicerna membuat kentang makanan yang baik bagi mereka yang memiliki luka mulut.
  6. Rematik 
    Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium dalam kentang dapat membantu mengurangi rematik, penyakit yang menyerang sendi-sendi (arthritis), sakit yang disebabkan kaki terkilir, luka-luka kecil dan luka bakar ringan. Caranya adalah dengan menempelkan irisan kentang pada luka atau nyeri yang dirasakan selama 15 menit/lebih.

Selain itu, kentang juga sangat cocok bagi mereka yang memiliki penyakit maag atau sering mengalami sakit karena kelebihan asam lambung. Sebab dalam kentang terkandung atropina yang dapat membantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.

(berbagai sumber)

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 26, 2011 in khasiat sayur

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: