RSS

Khasiat Terong

17 Jun

Haiii teman temin… pada suka terong ga? enak tau… apalagi terong yang ijo yang masih muda yang bentuknya bulet2 kecil… widih enak banget buat lalapan, manis gitu rasanya… tinggal makan pake sambel sama ayam goreng krispi… mantap deh… Bicara soal terong, kita liat khasiatnya yuk:

Asal Usul Terong

Terong merupakan sejenis tumbuh-tumbuhan yang berupa sayuran yang ditanam untuk dimanfaatkan sebagai makanan. Nama ilmiah terong adalah Solanum Melongena L. Terong merupakan tanaman asli daerah tropis diduga berasal dari benua asia terutama India dan Birma. Tanaman terong juga banyak tumbuh di Cina, yang kemudian dibawa ke Spanyol, Eropa, Amerika Serikat, Indonesia dan Malaysia.

Jenis-jenis Terong

Ada beberapa jenis terong, yaitu :

1. Terong Telunjuk
Terong ini berbentuk seperti telunjuk, berukuran sedang dan berwarna hijau muda. Biasanya terong jenis ini diolah menjadi balado, semur, atau pencak.

2. Terong Belanda
Bentuk terong ini oval sebesar telur. Waktu muda berwarna kuning, ketika matang kulitnya berubah menjadi keunguan. Rasa terong ini asam, biasanya dibuat sirup atau jus, bisa juga dikonsumsi sebagai buah segar.

3. Terong Gelatik Ungu
Biasanya orang mengonsumsi terong berwarna ungu ini sebagai lalapan mentah. Bentuknya seperti bola pimpong.

4. Terong Gelatik
Bentuknya terong ini sama dengan terung gelatik ungu, bedanya terletak pada warna kulit. Jika terung gelatik ungu berwarna ungu, terong ini berwarna hijau denagn garis-garis putih pada ujung buah. Terong ini disebut terong lalap karena sering dimakan sebagai lalap atau pelengkap karedok.

5. Terong Kopek
Terong ini banyak dikonsumsi masyarakat sebagai sayur atau balado.

6. Terong Jepang
Terong ini bentuknya bulat panjang, mirip terong kopek, namun ukurannya lebih kecil dan warnanya ungu tua.

7. Terong Tekokak
Terong ini oleh masyarakat sunda biasanya dikonsumsi sebagai lalap yang diolah dengan oncom, tauco, atau campuran pepes.

8. Terong Putih
Bentuknya mirip terong jepang, tetapi ukurannya sedikit lebih besar. Warnanya putih bersih, biasa diolah sebagai campuran isi pasta atau dibuat terong isi daging.

Yang Terkandung Dalam Terong

energi 17.4 kal

protein 1.2 gr

lemak 0.2 gr

kolesterol 0.0 mg

vitamin (A, B1, B2, B6 dan C) antara 0.0 mg hingga 2.8 mg

potassium 187.0 mg dan

air 92.5 gr

Terong juga mengandung  striknin, skopolamin, skopoletin dan skoparon yang dapat menghambat kekejangan saraf juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati serangan epilepsi dan penyakit kejang lainnya.

Khasiat terong

Ada banyak khasiat dari terong diantaranya untuk memlihara kelangsingan tubuh, mengendalikan stres, bisa mengendurkan urat-urat syaraf tertentu atau mempertahankan darah agar tidak naik turun secara drastis.

Rebusan dari terong gelatik dapat melancarkan air seni, menyembuhkan sakit perut, batuk, dan mampu pula menurunkan tekanan darah tinggi serta bermanfaat mengurangi jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Di Nigeria, buah terong mendapat tempat yang cukup baik di masyarakat. Sayuran buah terong digunakan sebagai alat kontrasepsi, terutama bagi kaum pria. Khasiat lain dari sayur terong yang sering dilalap ini, adalah sebagai zat antirematik. Pengobatan tradisional di Nigeria percaya, bahwa terong dapat menyembuhkan atau setidaknya mengurangi serangan rematik tertentu.

Di Korea terong dikenal punya keajaiban untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan seperti untuk mengobati sakit pinggang, encok, pinggang terasa kaku, dan nyeri lainnya.

Sementara secara empiris sayuran terong mampu mengobati campak atau cacar air, ketergantungan alkohol, gastritis dan bekas luka bakar.

Pengujian terakhir yang dilakukan di Jepang menunjukkan jus terong, dapat menekan kerusakan sel-sel. Kandungan protease (tripsin) pada terong dipercaya dapat melawan zat penyebab anti kanker.

(berbagai sumber)

About these ads
 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 17, 2011 in khasiat sayur

 

3 responses to “Khasiat Terong

  1. aneukjambo

    April 3, 2012 at 6:24 p

    Makasiih atas infonya…. tukaran link yuk Mbak..?? link nya sudah bersandar indah di gebuk aku..

     
    • Shatikah

      April 6, 2012 at 10:28 p

      oke, nanti aku masukin linknya yah.. salam kenal..

       
      • aneukjambo

        April 6, 2012 at 1:18 p

        Salam kenal juga Mbak dari Aceh…
        Terima kasih sebelumnya.. :)

         

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: