RSS

Khasiat Buah Markisa

06 Jul

Hai smuaaah… kalian suka buah markisa ga? Enak loh rasanya, asam-asam manis gimana gituh.. pokonya seger gilaa… kalo yang manis, markisa enaknya dimakan langsung, tapi kalo yang asam dibikin minuman aja kalii… heuheu…

O,ya katanya buah markisa itu bisa membantu kamu yang punya kesulitan bubu alias tidur loh…. gimana bisa coba, hehe… cari tau yuk….

Tentang Markisa

Tanaman Markisa bukanlah tanaman asli Indonesia, tapi tanaman yang berasal dari  Brasil, yang menyebar sampai ke Indonesia. Di negara asalnya Markisa tumbuh liar dihutan-hutan basah yang mempunyai ratusan species.

Markisa banyak jenisnya. Namun empat jenis markisa yang banyak dibudidayakan di Indonesia, adalah:

1. Markisa Ungu (Passiflora edulis var. edulis)

2. Markisa Konyal (Passiflora lingularis)

3. Markisa Kuning (Passiflora edulis var. flavicarpa)

4. Markisa Erbis (Passiflora quadrangularis)

Markisa ungu banyak dikembangkan di Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 800 hingga 1.500 m diatas permukaan laut. Tanaman markisa diperbanyak dengan stek dan teknik sambungan. Sistem rambatan yang dianjurkan adalah dengan tanaman hidup termasuk pucuk bambu tanpa menggunakan kawat.

Buah markisa dapat dimakan dalam keadaan segar, tetapi kebanyakan daging buahnya diekstrak dan diawetkan melalui cara pemanasan atau pendinginan. Sari buah markisa memiliki aroma yang khas dan keras, rasanya asam, dapat dijadikan konsentrat alami. Jika ditambah pemanis (gula) dan diencerkan maka rasanya akan sangat enak dan cocok untuk dicampur dengan sari buah lainnya. Produk olahan yang khas adalah es krim, sari buah, konsentrat, squash, selai, dan jeli.

Yang terkandung dalam buah markisa

Markisa mengandung  passiflorance yang berkhasiat menentramkan urat syaraf.  Sementara di  setiap satu buah markisa yang berwarna ungu terkandung 12 mg fosfor, 0,3 mg zat besi, 2 mg kalsium, 63 mg potasium, 5 mg sodium, vitamin A, vitamin C dan 5 mg magnesium.

Penelitian invitro di University of Florida mendapati bahwa ekstrak buah markisa kuning banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Fitokimia tersebut antara lain polifenol dan karotenoid. Kandungan fitokimia yang lain dalam markisa adalah harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Sedangkan kandungan gizinya antara lain: energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat.

Markisa dan Insomnia

Markisa kaya akan vitamin B yang menenangkan dan potassium yang merilekskan system syaraf dan bisa meringankan gejala bagi mereka yang mengalami kesulitan tidur (insomnia). Orang-orang Amerika Selatan secara tradisional makan markisa untuk membantu tidur. Bahkan menurut mereka, makan satu buah markisa sebelum tidur bisa bermimpi indah.

Khasiat Markisa

Banyak sekali khasiat buah markisa bagi kesehatan. Ini terkait dengan kandungan nutrisinya dan khasiatnya sebagai pereda nyeri, anti-kejang, kolitis, penenang, dan antiradang. Gangguan seperti sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid (melancarkan haid), batuk, serak, tenggorokan kering juga bisa dihalau dengan buah ini. Daging buah markisa digunakan untuk merilekskan saraf saat sakit kepala, meredakan diare, dan neurastenia (kelelahan kronis, lemah, tidak nafsu makan, tidak bisa konsentrasi, dan susah tidur).

Markisa juga mempunyai khasiat untuk pemulihan kondisi pasien liver dan ginjal, serta memicu peningkatan kekebalan tubuh dan kekuatan antibodi dalam darah. Bahkan, markisa mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, bisa meningkatkan kesegaran kulit tubuh, merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah, dapat membantu menenangkan anak hiperaktif, dapat menurunkan kolesterol, penurun panas badan dan dapat melancarkan peredaran darah. Dari hasil penelitian laboratorium, markisa mengandung vitamin C dosis tinggi.

(berbagai sumber)

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 6, 2011 in khasiat buah

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: