RSS

Membuat Selai Sendiri

11 Agu

Hai… apa kabar semuaah.. ada yang mau bikin kue kering gaa? kayak nastar gitu, pan buat persiapan menyambut lebaran, hehe… nah kalo kamu pengen bikin kue nastar sendiri, gue punya resep selai nanas dan selai lainnya. Semua selai itu bisa digunakan untuk bahan nastar.

Tapi sebelum gue kasih resep selai, lebih baik resep nastarnya dulu aja yaa gue kasih, ini dia:

Resep nastar (1)

  • 300 gram margarin
  • 100 gram roombutter
  • 100 gram gula tepung
  • 50 gram susu bubuk fullcream putih
  • 75 gram tepung maizena
  • 2 butir kuning telur, dikocok lepas
  • 1 butir putih telur, dikocok lepas
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • 300 gram tepung terigu atau secukupnya
  1. Siapkan mangkuk adonan.
  2. Masukkan margarin, roombutter, gula tepung, telur, kocok hingga menyatu.
  3. Tambahkan susu bubuk, vanili dan tepung maizena.
  4. Aduk rata dan kocok kembali hingga tercampur (jangan diaduk terlalu lama).
  5. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan kalis (tidak lengket di tangan) dan bisa dibentuk.
  6. Siapkan cetakan keranjangnya, isi dahulu semua cetakan dengan adonan hingga penuh.
  7. Setelah itu baru taruh sedikit selai nenas di atasnya.
  8. Panggang di atas api sedang hingga warnanya kekuningan

Resep Nastar (2)

Bahan :

  • 175 gram margarin
  • 3 kuning telur
  • 150 gram keju edam parut
  • 1/4 sendok teh garam
  • 175 gram tepung terigu, ayak
  • 30 gram tepung maizena
  • 1 kuning telur untuk olesan
  • 25 gram keju cheddar, parut untuk taburan

Cara membuat :

  1. Kocok margarin hingga mengembang, masukkan telur dan terus kocok hingga mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk rata. Tambahkan keju edam dan garam, aduk rata hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk.
  3. Ambil 1 sendok teh adonan. isi dengan selai nanas, bentuk bulat, taruh di atas loyang, beri jarak, olesi dengan kuning telur dan taburi keju cheddar parut.
  4. Panggang dalam oven dengan temperatur 160° selama 15 menit hingga matang.
  5. Dinginkan, setelah dingin simpan dalam stoples kedap udara.

Selai Nanas 

Bahan:

  • 2 buah nenas madu
  • 1/4 kg gula pasir putih atau sesuai selera

Cara membuat :

  1. Nenas dikupas kulitnya dan dibuang matanya.
  2. Setelah itu dipotong-potong kecil, dilumuri garam baru dicuci hingga bersih.
  3. Siapkan blender, masukkan potongan nenas kemudian giling hingga halus tanpa air.
  4. Siapkan panci ukuran sedang, masukkan nenas yang sudah diblender tadi.
  5. Masak di atas api sedang hingga airnya habis dan kering.
  6. Kecilkan api, masukkan gulanya.
  7. Diaduk terus dan masak selai hingga kering dan kental berwarna cokelat keemasan.

Tips :
– Saat gulanya sudah dimasukkan, jangan pernah ditinggalkan, harus  terus  diaduk agar tidak gosong. Ini dikarenakan selai mudah menjadi matang.

Selai Blueberry

- 1 kaleng blueberry/50 gr blueberry segar
– 2-3 sdm gula pasir (kalo menggunakan blueberry segar pake 3 sdm).
(bisa juga tanpa gula, karena yang kalengan biasanya agak manis).

Caranya :
– Semua bahan diaduk di panci teflon sampai kental. Diamkan sampe dingin.
– Bila ingin ditaruh di botol bekas selai, botol harus dicuci bersih dan direbus dulu dengan air panas.
– Selai siap untuk digunakan

Selai Strawberry

Bahan :

* 2 pak buah Strawberry (kurang lebih 30 buah strawberry)

* 6 sendok makan gula pasir

* 2 buah cengkeh kering

* 2×2 cm kayu manis kering

* 240 ml air

Cara Membuat :

* Buah Strawberry cuci bersih, blender dengan 240 ml air, sisihkan

* Panaskan panci, masukkan buah strawberry yang sudah diblender (api kecil).

* Masukkan 6 sendok gula pasir, cengkeh dan kayu manis, sambil aduk terus sampai mengental, sisihkan biarkan sampai dingin.

* Dianjurkan, selai strawberry yang sudah dibuat setelah dingin, dimasukkan dulu ke kulkas, dan diinapkan selama 2/3 hari

Selai Mangga

Bahan:

600 gram daging mangga masak + 250 ml air diblender halus

400 gram daging mangga masak, potong dadu kecil

500 gram gula pasir

1 sdm jeruk nipis

Cara Membuat :

- didihkan mangga yang sudah diblender di atas kompor hingga airnya menyusut.

- masukkan gula pasir, potongan mangga dadu dan jeruk nipis

- masak sambil terus diaduk hingga kental

- setelah cukup kental, matikan api, masukkan ke dalam botol, dinginkan dan masukkan dalam kulkas. Selai mangga siap digunakan kapan saja.




About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 11, 2011 in resep

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: