RSS

Makanan/Masakan Khas Dari Berbagai Negara

20 Nov

Berbicara soal kuliner, selalu membuat gue semangat, hoho. Rasanya menarik juga mengetahui kuliner atau masakan khas dari negara yang berbeda. Hanya sekedar nambah pengetahuan aja sih, tapi siapa tahu juga kita jadi tertarik mencicipi dan menjadikan makanan tersebut jadi makanan favorit, hehe.

Ada beberapa negara yang sangat menarik minat gue soal masakannya yang terkenal lezat, yaitu Spanyol, India, Italia, Meksiko, Amerika, Jepang, Mandarin, well… kita lihat satu persatu apa saja masakan khas dari negara-negara tersebut di atas, marii… ^__^

Indonesia

Rendang

Sepanjang sejarahnya, Indonesia telah terlibat dalam perdagangan dunia berkat lokasi dan sumber daya alamnya. Teknik memasak dan bahan makanan asli Indonesia berkembang dan kemudian dipengaruhi oleh seni kuliner India, Timur Tengah, China, dan akhirnya Eropa. Para pedagang Spanyol dan Portugis membawa berbagai bahan makanan dari benua Amerika jauh sebelum Belanda berhasil menguasai Indonesia. Pulau Maluku yang termahsyur sebagai “Kepulauan Rempah-rempah”, juga menyumbangkan tanaman rempah asli Indonesia kepada seni kuliner dunia. Seni kuliner kawasan bagian timur Indonesia mirip dengan seni memasak Polinesia dan Melanesia.

Masakan Sumatera, sebagai contoh, seringkali menampilkan pengaruh Timur Tengah dan India, seperti penggunaan bumbu kari pada hidangan daging dan sayurannya, sementara masakan Jawa berkembang dari teknik memasak asli nusantara. Unsur budaya masakan China dapat dicermati pada beberapa masakan Indonesia. Masakan seperti bakmi, bakso, dan lumpia telah terserap dalam seni masakan Indonesia.

Beberapa jenis hidangan asli Indonesia juga kini dapat ditemukan di beberapa negara Asia. Masakan Indonesia populer seperti sate, rendang, dan sambal juga digemari di Malaysia dan Singapura. Bahan makanan berbahan dasar dari kedelai seperti variasi tahu dan tempe, juga sangat populer. Tempe dianggap sebagai penemuan asli Jawa, adaptasi lokal dari fermentasi kedelai. Jenis lainnya dari makanan fermentasi kedelai adalah oncom, mirip dengan tempe tapi menggunakan jenis jamur yang berbeda, oncom sangat populer di Jawa Barat.

Masakan Indonesia merupakan pencerminan beragam budaya dan tradisi berasal dari Kepulauan Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau dan memegang tempat penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum dan hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren.

Spanyol

Spanyol, suatu negara eksotik yang terletak di Eropa Barat ini, cukup banyak menawarkan kuliner yang yummy2.

Setiap daerah di Spanyol memiliki keunikan, baik berupa keindahan alam maupun masakan yang mengesankan. Kolaborasi keduanya menawarkan sebuah sensasi pengalaman yang pasti sulit dilupakan. Berikut empat daerah di Spanyol yang memiliki kuliner istimewa.

1). Andalucía
Masakan Andalucía adalah makanan dengan kualitas terbaik. Namun, makanan yang harus dicoba adalah sup dinginnya yang terkenal, yang bernama gazpacho.

2). Basque Country
Basque Country adalah daerah tujuan utama para pecinta kuliner. Menyajikan makanan-makanan bercita rasa tinggi yang berpusat di San Sebastian, Hondarribia and Bilbao. Tidak hanya seni masakan yang dapat dinikmati, Basque Country pun terkenal dengan seni arsitektur kontemporer dan seni modern.

3). Navarra

Navarra yang terletak di utara Spanyol adalah daratan spesial yang berbeda. Memiliki keragaman budaya dan sejarah yang dapat dinikmati. Navarra telah mewarisi esensi dari kerajaan kuno Spanyol. Ini adalah tempat untuk berjalan-jalan, bersantai dan menikmati makanan terbaik terbuat dari keju dan chorizo.

4). Valencia

Valencia terkenal sebagai rumah dari masakan asli Spanyol yang terbuat dari perpaduan nasi, rempah dan seafood.

Masakan Khas Spanyol

paella valenciana

Paella Valenciana adalah salah satu masakan Spanyol yang cukup terkenal, dan wajib ada di setiap restoran Spanyol di seluruh dunia. Paella Valenciana adalah nasi goreng berwarna kuning mirip nasi biryani (nasi goreng rempah, campuran nasi dan daging dari India).

Nasi goreng Spanyol ini disajikan dengan berbagai macam seafood sebagai campurannya seperti udang tiger, baby octopus, green mucle dan cumi. Seafood tersebut biasanya  di-saute (ditumis) dengan bumbu saffron (mengandung kaldu kerang), sehingga menimbulkan aroma yang wangi.

Berikutnya ada snack yummy yaitu Croquettes Camarones.  Snack ini semacam perkedel yang berisi udang di tengah, disajikan bareng saus mayonnaise.

Masakan berikutnya adalah Quesadillas Con Pollo. Yaitu tortila yang disajikan dengan keju mozarella.

Selain itu jangan lupa ada keripik jagung yang yummy yang dikenal dengan nama Nachos De CarnesNachos bukan corn chip biasa, karena penganan mungil ini disajikan dengan melting cheese. Selain Nachos, kamu juga bisa nyobain Chicken Quasadillas. Lalu ada Taquitos. Hampir mirip dengan Chicken Quasadillas. Yang bikin beda adalah isinya yang terdiri dari daging sapi giling, timun, selada, tomat, dan bawang bombay. Nah, karena mengandung banyak sayuran, snack ini udah pasti sehat.

*sekilas info tentang masakan Spanyol*

~ Sajian Spanyol berbeda dari makanan Eropa karena banyak dipengaruhi makanan laut. Sejarah panjang budaya Spanyol juga menyebabkan masakan ini unik dengan ribuan resep dan rasa.

~ Makanan Spanyol terdiri dari berbagai jenis masakan dari berbagai perbedaan geografis, budaya dan iklim. Perbedaannya terletak pada penyajian yang menggunakan keramik-keramik.

Nggak seperti kebanyakan makanan Eropa lain yang terkesan amis, masakan Spanyol tidak demikian karena rata-rata masakan Spanyol berbumbu dan ada yang pedas. Jadi cocok dengan lidah orang Indonesia.

~ Biasanya di restoran Spanyol, menunya dibedakan berdasarkan kelompok. Ada kelompok tapas (snack), verduras (sayuran), espiaciales (main course), dan dessert.

Next : India

(berbagai sumber)

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 20, 2011 in Features

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: