RSS

Resep Bakso dan Mie Ayam

13 Mei

Bakso Wonogiri
Daging sapi, 1 kg
Tepung sagu, 250 gr
Telur, 1 butir
Garam, secukupnya
Lada, secukupnya
Bawang merah, 3 siung
Bawang putih, 3 siung
Air es, secukupnya
Penyedap rasa, 2 sendok teh

~~
Kuah Bakso Besar ala Bakso Wonogiri :

Air, 3 liter
Tulang sapi, 1 buah, potong kecil dan rekatkan
Lada, secukupnya
Kemiri, 2 butir
Bawang merah, 6 siung
Bawang putih, 4 siung
Kaldu sachet, 2 bungkus
Pelengkap :

Mie kuning yang telah direbus, 150 gram
Bihun yang telah direbus, 100 gram
Tauge, 100 gram
Sawi hijau yang telah direbus, 10 batang
Bawang goreng, secukupnya
Garam, secukupnya
Penyedap rasa, secukupnya
Seledri, 4 batang, iris tipis

Cara Membuat

Campur/aduk bahan bakso hingga kalis, setelah itu bentuk bulat2 besar (banget), lalu direbus hingga matang. Sajikan dengan kuah dan pelengkap.

~~

Bakso Ayam
Bahan Adonan Dasar Bakso Ayam :

Fillet ayam, 200 gram
Tepung tapioka, 40 gram
Es batu, 40 gram
Garam, 1.5 teh
Merica bubuk, 1/4 sendok teh
Bawang goreng, 2 sendok makan, haluskan
Cara membuat Adonan Dasar Bakso Ayam :

Blender ayam dan es batu. Tambahkan garam dan tepung tapioka. Sisihkan.
Bentuk adonan bakso bulat dan masukkan ke dalam air hangat yang telah disiapkan sebelumnya.
Rebus bakso hingga mengapung. Angkat dan rendam dengan air es hingga dingin.
Angkat, tiriskan, sajikan.
Untuk 18 biji Bakso Ayam

~~

Bakso Solo
Bahan:
300 gr daging sapi
3 sdm tepung kanji
3 buah bawang putih, dihaluskan
1 butir telur, putihnya saja
1 sdt baking powder supaya baksonya mengembang bagus
1 sdt garam halus
1 buah kaldu blok
merica bubuk secukupnya
pala bubuk secukupnya
air secukupnya untuk merebus

Cara Membuat :
Aduk semua bahan di atas dengan blender sampai tercampur rata dan lembut. Ulangi berkali-kali sampai halus dan lembut. Beri sedikit air es.
Setelah halus dan merata, bentuk menjadi bulatan-bulatan bakso dengan menggunakan 2 sendok kecil, lalu bakso direbus.

~~~

Bakso Tetelan
Bahan 1 :
• 200 gr tetelan sapi (cincang kasar)
• 200 gr daging sapi
• 200 gr tepung kanji
• 1.000 ml air untuk merebus
• 2 siung bawang putih
• 5 sdm es batu
• 1 sdt penyedap rasa
• 1 sdt garam
• 1/4 sdt merica
• 1/4 sdt pala

~~
Bahan 2 :
• 1000 ml air kaldu sapi
• 1 sdm minyak ayam
• 1/4 sdt merica
• 1/2 sdt garam
• 1/2 sdt penyedap rasa

~~

Pelengkap :
• Bawang goreng dan seledri secukupnya

~~
Cara membuat :
1. Campurkan bahan 1, kecuali tetelan sapi dan air. Masukkan bahan tersebut ke food processor/blender, proses sampai halus, lalu keluarkan.
2. Campurkan bahan yang sudah diblender tadi dengan tetelan sapi, aduk hingga rata.
3. Cetak adonan bakso berbentuk bulat seperti bola dengan menggunakan tangan.
Ulangi sampai adonan habis.
4. Masak air hingga mendidih. Rebus bakso sampai mengapung, angkat dan tiriskan.
5. Panaskan air kaldu hingga mendidih, kemudian masukkan bakso dan rebus kembali.
6. Sediakan mangkuk, lalu tuangkan minyak ayam, merica, garam, penyedap rasa, dan beberapa sendok air kaldu. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan seledri.

~~

Bakso Malang
Bahan :

350 gr daging sapi yang segar
50 gr tepung sagu
100 cc air es
1 butir telur
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica
3 sdt garam

~~

Kuah :

2 liter air
600 gr lutut sapi/tulang sapi
6 siung bawang putih
1/2 sdt merica
2 batang daun bawang, iris
3 sdt garam

~~
Pelengkap :

10 lembar kulit pangsit, goreng
150 gr mi kuning basah
10 tahu goreng, serong, toreh sedikit
Bawang goreng secukupnya
Sambal rebus
~~

Cara Membuat:

Buat bakso: haluskan bawang putih, merica, dan garam. Giling daging hingga halus. Campur dengan tepung sagu, bumbu halus, telur, dan air es. Aduk rata sambil dibanting-banting. Ambil 1/3 adonan untuk isian tahu.
Didihkan air, lalu matikan apinya. Buat bulatan bakso dua macam, satu besar dan satu kecil. Celupkan dalam rebusan air. Lakukan sampai habis.
Masak kembali hingga baksonya mengapung, angkat, tiriskan.
1/3 adonan bakso masukkan dalam tahu. Kukus sebentar.
Buat kuah: haluskan bawang putih, merica, dan garam. Didihkan air, bumbu, dan tulang, masak hingga mendidih, saring. Taburi daun bawang, angkat.
Siapkan mangkuk, tata mi, bakso, dan tahu. Tuangi dengan kuahnya, taburi daun bawang, dan bawang goreng. Sajikan dengan pangsit goreng dan sambal rebus.

~~

Bakso Bandung
Bahan Bakso:
250 gram daging sapi, giling sampai halus sekali
125 gram tepung kanji
25 cc air
1/2 sendok makan garam
2 siung bawang putih, haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk

Kuah ayam:
750 cc kaldu ayam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
1 batang daun bawang, iris tipis

Cara membuat Bakso:
1. Campur daging sapi giling dengan tepung kanji, garam, bawang putih, dan merica bubuk, uleni sambil ditambah air sedikit-sedikit sampai adonan licin.
2. Didihkan air yang agak banyak, lalu kecilkan api sampai air tidak bergolak lagi.
3. Kepal adonan hingga keluar dari genggaman, sendoki dan masukkan ke dalam air mendidih tadi
4. Rebus kira-kira 10 menit,  jaga air jangan sampai bergolak agar bakso tidak pecah.
5. Kuah ayam: didihkan kaldu ayam, masukkan merica bubuk dan garam, aduk rata, lalu masukkan bakso, didihkan kembali, angkat dari api, taburi dengan daun bawang.
6. Biasanya disajikan bersama-sama dengan Mi Ayam Jamur dan Pangsit Rebus.

Mie Ayam
Resep Mie Ayam (1)

bahan-bahan :
-1 ekor ayam (pisahkan dari kulitnya untuk membuat minyak ayam)
-sepanci air untuk merebus ayam (untuk kuah)
-2 sendok makan merica bubuk
-3 sendok makan ketumbar (Coriander), butirannya disangrai-jangan pake yang bubuk yah!
-10 siung bawang putih
-Bawang merah goreng
-Daun bawang, dirajang halus, untuk taburan
-2 sendok makan garam (atau sesuai selera)
-1 1/2 sdm gula pasir
-2 sdm kecap manis
-2 sendok makan kecap ikan (fish sauce)
-1 1/2 sdm kunyit
-1 1/2 makan gula pasir
-1 sdm merica bubuk
-Sawi hijau (rajang kasar kira-kira 4 cm-an)
-1 pak mie telur (rebus sampai matang, siram dengan air dingin supaya tidak lengket, lumuri sedikit minyak, tiriskan)
-saus tomat (optional)

cara membuat mie ayam :
Rebus daging ayam yang udah dikuliti dengan api sedang. Pisahkan air rebusan untuk kuah.
Angkat daging ayam kalo udah matang, pisahkan dagingnya, bisa disuwir-suwir atau dipotong kotak-kotak (terserah selera).

Ulek halus bumbu dasar: bawang putih, ketumbar yang udah disangrai, garam, gula pasir, kunyit/turmeric bubuk.
Bumbu dasar ini dibagi dua; bagian pertama ditumis sampai harum dan kekuningan… masukan tumisan bumbu ke dalam kuah yang dibiarkan panas/mendidih diatas api kecil, masukan merica bubuk, cicipi, tambahkan kecap ikan kalo kurang asin.
Taburi panci kuah dengan kira-kira 6 sendok makan bawang merah goreng. Diamkan diatas api kecil.

Kulit ayam mentah tadi digoreng tanpa minyak, sampai mengeluarkan minyak ayam. Buang kulit ayam, pisahkan minyak ayam. Tumis sisa ulekan bumbu ke dalam minyak ayam… sampai harum dan kekuningan. Masukan potongan daging ayam aduk sebentar, masukan merica bubuk dan kecap manis..cicipi, tambahkan kecap ikan kalo kurang asin. Aduk-aduk rata, angkat dan sisihkan.

Terakhir: matikan api kuah ayam, lalu masukan potongan sawi hijau kedalam kuah ayam yang barusan mendidih kemudian diamkan kira-kira 3 menitan kemudian angkat untuk disajikan ke dalam mangkuk(Untuk hasil yang cantik masukan sawi secukupnya saja untuk mangkuk-mangkuk yang akan disajikan supaya sawi hijaunya tidak jadi jelek dan lembek sekali karena didiamkan terlalu lama di dalam panci kuah yang panas tadi)

Taruh mie di dalam mangkuk. Masukan daging ayam, sawi hijau. Taburi dengan bawang merah goreng dan daun bawang. Siram dengan kuah ayam. Sajikan bersama krupuk udang, sambal, saus tomat plus acar ketimun.

Mie Ayam (2)
Bahan:

1 kg mie telur basah
2 sdm minyak sayur
2 siung bawang putih, cincang halus
250 gr daging ayam, potong kecil-kecil
100 gr jamur merang, potong kecil-kecil
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
150 ml air

Bahan pelengkap:

Air kaldu ayam
Bawang merah goreng
Daun bawang, iris halus
150 gr sawi hijau, potong dan rebus sebentar

Cara membuat mie ayam:

Didihkan air secukupnya, kemudian rebus mie sampai mengapung
Angkat mie dan tiriskan. Bagi mie menjadi 5 bagian. Sisihkan
Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan ayam, aduk sampai ayam matang
Kemudian masukkan jamur dan aduk sampai jamur layu
Tambahkan bumbu-bumbu dan air, kemudian masak sampai mendidih dan air tinggal sedikit.

Cara penyajian mie ayam:

Siapkan mangkuk, kemudian isi dengan sedikit minyak dan kecap asin.
Masukkan mie, aduk rata dengan minyak dan kecap asin
Taburi atasnya dengan sawi, ayam, jamur, bawang goreng dan irisan daun bawang.
Sajikan dengan kuah kaldu terpisah pada mangkuk lain atau bisa juga menyiram mie dengan kuah kaldu sebelum disajikan.

About these ads
 
10 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 13, 2012 in resep

 

10 responses to “Resep Bakso dan Mie Ayam

  1. ikhwanalim

    Mei 16, 2012 at 5:55 p

    ooo…jadi, merica, garam, bawang putih ma kaldu ya resepnya kuah bakso… many thanks.. ;)

     
  2. Shatikah

    Mei 16, 2012 at 8:15 p

    you are welcome ^___^

     
  3. Rinna Juneti

    Maret 31, 2013 at 3:20 p

    thnk u nak jadi pengusaha bakso lah

     
    • Shatikah

      Maret 31, 2013 at 8:40 p

      sama2… good luck yaa heuheu

       
  4. yusuf firdaus (@yusuffirdaus)

    Juli 12, 2013 at 9:04 p

    makasih atas sharing-nya. mohon ijin mempraktekan

     
    • Shatikah

      Juli 13, 2013 at 2:03 p

      iya, sama-sama ^__^

       
  5. himamhqq

    Juli 14, 2013 at 11:41 p

    saya barusan bikin bakso ayam yg d resep atas itu mas, dan skarang udah jadi, gak sabar pengen nyicipin pas buka nanti, makasih resepnya..

     
    • Shatikah

      Juli 16, 2013 at 2:14 p

      sama-sama

       
  6. nurjamal sukmara

    Oktober 17, 2013 at 10:49 p

    DENGAN berbagi banyak pula ilmu maka si penulis akan mendapatkan ilmu yang lebih ….aminyaalloh yarobbalalamin

     
    • Shatikah

      Oktober 22, 2013 at 4:14 p

      aamiin YRA.. makasih yaa

       

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: