RSS

Khasiat Lemon

27 Okt

*Sejarah Lemon*

Lemon  pertama kali ditemukan di India Utara, Cina dan Burma, dan diperkenalkan di Persia, negara-negara Arab, Irak dan Mesir di sekitar 700 masehi.

Lemon adalah bahan utama dari berbagai hidangan, oleh karena itu, minuman yang terbuat dari lemon  mulai diperkenalkan secara gencar dimana lemon pertama kali ditemukan yaitu di Utara India.

Tapi ternyata, buku tentang penemuan lemon terdapat dalam script di mesir, sehingga Mesir meng-klaim bahwa lemon berasal dari negaranya. Dikatakan oleh para petani Mesir bahwa mereka minum minuman yang terbuat dari lemon dan madu hampir setiap saat.

Namun, beberapa orang juga percaya bahwa lemon ditemukan di Perancis pada abad ke 16. Di Kairo, lemon menjadi minuman favorit. Lemonpun secara perlahan mulai diperkenalkan di negara-negara di seluruh dunia.

Kini, kita bisa menemukan berbagai tipe minuman lemon di pasar. Lemon-lemon itu bisa didapatkan dengan rasa original atau berupa campuran dengan buah lainnya.  Yang bersoda ataupun dengan gula biasa. Kemasan lemon seperti itu sangat populer di Eropa. Lemon tradisonal dibuat tanpa campuran apapun dan banyak ditemukan di USA, India dan Canada. Di Indonesia, minuman seperti ini juga bisa dijumpai dalam (biasanya) kemasan botol kecil.

Pohon Lemon biasa tumbuh di daerah beriklim sub tropis karena pohon Lemon tidak tahan dengan cuaca dingin. Tinggi pohon bisa mencapai ukuran 6 meter. Negara-negara yang banyak membudidayakan lemon diantaranya Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika dan negara-negara di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan Lemon  cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk lemon agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).

Kandungan Dalam Lemon

Kandungan nutrisi buah lemon adalah 15,00 mg kalsium; 25,00 mg fosfor; 0,5 mg besi; 34 mg Vitamin C; 640 mg I.U Vitamin A; dan 0,03 mg Vitamin B1. Buah lemon mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosine sehingga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sementara itu, kandungan karotenoid buah lemon yang tinggi dapat mencegah kanker dan menurunkan resiko serangan kanker paru-paru karena merupakan senyawa utama penyerang penyakit kanker.

Khasiat Lemon

Lemon ternyata banyak khasiatnya, diantaranya :

1. Redakan gangguan lambung

Saat dipadukan dengan air panas, lemon bisa membantu meredakan banyak gangguan pencernaan, termasuk mual dan heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan). Mengonsumsi jus lemon secara teratur membantu usus mengeluarkan sampah secara lebih efisien. Lemon bekerja sebagai pemurni darah dan agen pembersih. Jus lemon juga bekerja sebagai tonik hati dan membantu mencerna makanan dengan membantu hati memproduksi lebih banyak air empedu.

2. Menjaga kesehatan kulit

Lemon, sebagai obat antiseptik alami, bisa membantu mengatasi ganguan kulit. Lemon merupakan buah sitrus kaya vitamin C yang menguatkan kecantikan dengan meremajakan kulit dari dalam, sehingga membuat wajah lebih bercahaya. Konsumsi air lemon secara rutin dinyatakan bisa mengubah penampilan kulit. Lemon bekerja sebagai antipenuaan dan mengangkat kerutan serta jerawat. Untuk menyamarkan bekas luka, cobalah oleskan air lemon ke area kulit yang bermasalah.

3. Bantu perawatan gigi

Air lemon juga bisa digunakan dalam perawatan gigi. Meneteskan jus lemon segar ke area gigi yang sakit dinyatakan bisa membantu mengusir rasa sakit. Lemon juga bisa menghentikan gusi berdarah dengan cara dengan cara dioleskan dan dipijat pada gusi yang berdarah.  Selain itu, jus lemon dinyatakan bisa mengusir bau mulut dan gangguan lain terkait gusi.

4. Atasi infeksi tenggorokan

Kandungan antibakteri di dalam lemon membantu mengatasi gangguan infeksi tenggorokan, sakit tenggorkan dan tonsilitis. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, cobalah encerkan sari dari setengah lemon dengan setengah air dan berkumurlah secara teratur.

5. Turunkan berat badan

Minum air jeruk lemon dinyatakan bisa mempercepat penurunan berat badan. Lemon bisa dicampur dengan air hangat dan madu.

6. Kontrol tekanan darah tinggi

Kandungan kalium di dalam lemon dinyatakan bisa membantu pasien gangguan jantung. Lemon bekerja mengontrol tekanan darah, pusing, mual serta merilekskan tubuh dan pikiran. Lemon juga dinyatakan bisa mengurangi stres dan depresi mental.

7. Menyamarkan noda hitam

Tak perlu membeli krim yang mahal hanya untuk menyembunyikan noda hitam pada wajah, tinggal memanfaatkan kulit lemon. Potong-potong kulit lemon, lalu letakkan di area ternoda, diamkan 1 jam. Noda pun tak kelihatan lagi.

8. Melembutkan siku kering

Siku berwarna gelap memang tampak tidak menarik, belum lagi jika ditambah dengan tekstur kulitnya yang ternyata juga kasar dan pecah-pecah. Mengatasi keadaan tersebut, Anda bisa memanfaatkan setengah bagian lemon (taburi dengan sedikit baking soda), lalu letakkan siku di atas lemon dan tekan. ‘Peras’ sarinya dengan menggunakan siku selama beberapa menit. Cuci siku dan keringkan.

9. Scrub yuk

Kulit lemon juga bisa dibuat scrub. Caranya? Campur 150 gram gula dengan kulit lemon yang dicincang halus, tambahkan minyak zaitun secukupnya hingga adonan berbentuk mirip pasta. Basahi tubuh, lalu oleskan scrub ke seluruh tubuh, pijat sebentar, bilas, dan kulit pun jadi lebih lembut dan bersih.

10. Pembersih usus 

Rasa pahit yang khas dari buah lemon memiliki kemampuan untuk meningkatkan gerakan peristaltik atau gerakan memompa di perut yang membantu untuk menghilangkan kotoran di perut. Tambahkan air perasan jeruk nipis dalam minuman hangat dan minum secara rutin setiap pagi.

11. Kanker 

Lemon mengandung 22 senyawa antikanker, termasuk limonene-minyak yang terjadi secara alamiah yang memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor kanker pada hewan. Lemon juga mengandung zat yang disebut glikosida flavonol yang menghentikan pembelahan sel kanker.

12. Atasi pilek dan flu 

Lemon kaya akan vitamin C dan flavonoid yang bekerja bersama untuk mengatasi serangan virus pilek dan flu.

13. Netralisir racun 

Menyeruput jus lemon segar yang ditambah dengan air di pagi hari dapat menetralisir racun dalam hati Anda.

14. Mengembalikan keseimbangan pH tubuh 

Lemon yang bersifat asam ketika berinteraksi dengan metabolisme tubuh memiliki efek alkalizing pada cairan tubuh dimana bisa membantu mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

(berbagai sumber)

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 27, 2012 in khasiat buah

 

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: