RSS

Kawah Putih (Ciwidey)

28 Sep

kawahputihKawah Putih adalah kawah gunung api dengan warna airnya yang biru kehijauan. Untuk menuju Kawah Putih, kamu harus mengambil jalan yang menuju Ciwidey; sebuah kota kecil yang memiliki beberapa resto bergaya Sunda. Dari Ciwidey jalan akan berkelok-kelok menuju persimpangan yang menuju Kawah Putih, 6 KM sebelum Rancabali. Di kiri kanan jalan banyak sekali perkebunan strawberry. Kamu bisa mampir untuk membeli strawberry dan bahkan memetiknya langsung sendiri. Tapi kalo males, di sekitar Kawah Putih juga banyak yang berjualan strawberry dan buah-buahan lainnya. Kawah Putih berada di bawah puncak gunung PATUHA (2334m).

Hawa di sekitar Kawah Putih sangat dingin, sementara bau belerang lumayan menyengat hidung. Bentuk kawah putih mirip sebuah danau yang dikelilingi dinding bukit yang sangat terjal, namun di bagian lain agak landai menyerupai pantai sehingga pengunjung dapat berjalan ke tepi danau dan menyentuh air kawah yang mengandung belerang. Warna kawah biasanya akan berubah-rubah tergantung pada kandungan mineral saat itu. Kadang-kadang danau memutih seperti ditutupi salju, namun kadang hijau kebiru-biruan. Suasananya sangat tenang dengan dilingkupi pepohonan yang lumayan rimbun. Kawah putih juga merupakan lokasi yang strategis untuk berfoto2 ria… hehe..

kawahputih2

Pertama kali ngeliat Kawah Putih, langsung ngingetin gue sama film-nya Leonardo DeCaprio yang berjudul The Beach… secara tebing dan danau yang terjal di The Beach mirip banged dengan Kawah Putih. So, Kawah Putih keliatannya asik juga dipake lokasi syuting .. heheh.. asal jangan kelamaan, ntar pada puyeng karena bau belerang.

Bagi kamu2 yang ingin menginap di sekitar lokasi Kawah Putih, ada tempat wisata Cimangu yang bisa jadi alternative penginapan. Di Cimangu ini disediain kurang lebih delapan pondokan yang dilengkapi kolam renang air panas yang bersumber dari gunung Patuha.

Terus bagi kamu yang enggak menggunakan kendaraan pribadi, Kawah Putih dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum dari Ciwidey.

SITU PATENGAN

situpatenganNggak jauh dari Kawah Putih, terdapat sebuah situ yang sangat indah. Namanya Situ Patengan. Situ Patengan adalah kawasan wisata yang terletak 42 km dari Bandung. Masih terletak di Rancabali. Rancabali sendiri merupakan suatu kawasan perkebunan teh yang memiliki panorama sangat indah yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII, Jabar.

Situ Patengan adalah suatu danau yang cantik yang dikelilingi pepohonan dan kebun teh. Selain dapat menikmati keindahan danau dari pinggir danau, kamu2 juga dapat naik perahu berbentuk bebek dan hewan lainnya dan mengayuh perahunya sendiri.

Untuk menuju Situ Patengan kamu dapat dapat menggunakan angkutan umum kea rah Ciwidey dengan menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari terminal Leuwi Panjang. Dari Ciwidey dilanjutkan naik angkot ke Situ Patengan. Tapi terkadang kamu harus menggunakan ojek untuk mencapai kawasan wisata ini.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 28, 2007 in Travelling

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: