RSS

resep kue kering dan resep lainnya

28 Agu

Kue Nastar

Bahan :

Mentega/butter 200 gr

Margarine : 200 gr

Kuning telur 2 butir

Gula halus/tepung gula : 100 gr

Terigu : 500 gr (atau sampai adonan bisa dipulung/dicetak)

Vanili secukupnya

Keju parut 50 gr

kuning telur 4 butir (untuk mengoles, kalo bisa telur ayam kampung)

Cara Bikin :

1. Aduk (kocok) mentega, margarine, gula halus dan vinili hingga rata

2. Masukkin kuning telur satu persatu, setelah itu masukkan terigu sedikit demi sedikit hingga habis

3. Pulung (cetak) adonan sesuai selera, beri selai nanas di tengah/di dalamnya.

4. olesi adonan yang sudah jadi dengan kuning telur (ayam kampung) dan taburi dengan keju parut

5. Panggang hingga matang

*

Kue Keju

Bahan :

Mentega/butter : 100 gr

Margarine : 100 gr

Terigu : 200 gr (atau sampai bisa dipulung)

Kuning telur 2

Keju parut 200 gr

Garam secukupnya

vanili secukupnya

Keju iris secukupnya (untuk hiasan)

4 kuning telur (ayam kampung) untuk mengoles

Cara Bikin

1. Margarine, mentega, gula halus, garam dan vanili dikocok hingga rata.

2. Masukkan kuning telur satu persatu

3. Masukkan terigu dan keju parut

4. Bentuk adonan sesuai selera

5. Olesi adonan dengan kuning telur (ayam kampung), dan beri irisan keju diatasnya.

6. Panggang hingga matang

*

Kue Puteri Salju

Bahan :

Mentega/butter : 125 gr

Margarine : 125 gr

Kuning telur 2 butir

gula halus 150 gr

vanili secukupnya

Terigu 300 gr (atau sampai adonan bisa dipulung)

CARA BIKIN

1. Kocok mentega, margarine, vanili sampai tercampur rata (kurang lebih 5 menit)

2. Masukkan kuning telur satu per satu

3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sampai habis

4. cetak adonan sesuai selera

5. Panggang hingga matang

6. Setelah matang dan dingin, taburi dengan gula halus/tepung gula

*

Kue Emping (Melinjo)

Bahan :

100 gr margarine

100 gr mentega/butter

25 gr gula halus

1 sdt garam

250 gr terigu

100 gr emping pedas manis, haluskan

25 gr susu bubuk

1 sdt baking powder

Cara Bikin :

1. Kocok margarine, mentega, gula halus dan kuning telur hingga rata

2. Masukkan terigu, susu bubuk, garam dan baking powder

3. Masukkan emping pedas manis yang sudah dihaluskan, aduk rata

4. Bentuk adonan sesuai selera

5. Panggang hingga matang

*

ES TELER

Yang perlu disiapin :

2 gelas santan masak (direbus dengan 2 lembar daun pandan)

2 sdm susu kental manis (atau sesuai selera)

100 grm buah semangka, iris atau cetak dengan cetakan buah

100 grm buah alpukat,

100 grm kelapa muda, serut

100 grm buah melon, iris atau cetak dengan cetakan buah

100 grm buah nangka, iris

50 grm selasih

es batu secukupnya

Cara Bikin

Tuang santan ke dalam mangkuk/gelas, taruh buah2an yang udah disiapin diatasnya, beri susu kental manis dan es batu secukupnya.

*

Kolak Pisang

Yang perlu disiapin :

3 buah pisang raja, kupas, iris (kalo ga ada pisang raja, pisang nangka atau pisang kepok juga boleh)

150 grm gula jawa/gula merah (atau sesuai selera)

2 helai daun pandan

150 grm buah nangka, iris

250 cc santan

250 cc air mineral

Cara Bikin :

Gula jawa/gula merah diiris-iris lalu dimasak dengan pandan, air, santan dan nangka. Terakhir masukkan pisangnya, aduk hingga mendidih/matang.

*

Bubur Sumsum

Bahan :

200 grm tepung beras

50 gr tepung sagu

1/2 liter santan kental

200 grm gula jawa

2 helai daun pandan

garam sedikit

Cara Bikin :

Tepung beras dicampur dengan tepung sagu, lalu dimasak bersama santan dan garam dengan api kecil, aduk rata. Setelah mengental, angkat, tuang ke mangkuk, sajikan bersama gula jawa yang sudah dimasak bersama pandan dan disaring.

*

CREPES SAUS COKELAT

Bahan Crepes :

250 gr tepung terigu

11/2 sdm gula pasir

1/2 sdt garam halus

3 kuning telur

2 sdm mentega, cairkan

300 cc susu cair

3 putih telur, kocok kaku

mentega untuk mengoles

Bahan Saus :

2 sdm cokelat bubuk

150 gr gula palm

1 sdm mentega

175 cc cream

Cara Bikin :

1. Untuk crepes : campur tepung, gula pasir, garam, kuning telur, mentega cair dan susu, kocok dengan mixer hingga rata.

2. kocok putih telur hingga kaku, campur dengan adonan pertama

3. Setelah tercampur, diamkan adonan crepes selama kurang lebih 1 jam

4. Panaskan wajan, buat dadar yang tipis, setelah permukaan crepes kering, angkat

5. Untuk saus : campur bahan saus cokelat dalam panci, masak di atas api sedang hingga gula palm cair dan saus tercampur rata.

6. hidangkan crepes dengan sausnya.

*

Ikan Kayu

Kalau kamu2 punya ikan tongkol di rumah, dan ga tau musti diapain, mending dibikin jadi ikan kayu aja, biar awet, cara pembuatannya kayak gini :

Bahan Dasar :

1 atau 2 Kg ikan tongkol

Daun belimbing wuluh secukupnya

Garam

Cara Bikin :

Ikan dibersihkan, tapi jangan dipotong2. Campur ikan dengan garam dan daun belimbing wuluh, lalu direbus hingga matang. Setelah matang, belah ikan menjadi empat bagian lalu dijemur di terik matahari, selama kurang lebih 3 hari (kamu ga musti nungguin itu ikan selama 3 hari, ditinggal jalan2 ke mal juga boleh, asal jangan kena ujan dan dicuri kucing aja ikannya, hehe). Setelah kering akibat penjemuran, lalu diberi tepung kanji. Ikan bisa bertahan (disimpan) selama kurang lebih 1 bulan.

Cara mengolah Ikan kayu :

Bumbu :

4 buah bawang merah

5 cabai rawit

4 cabai merah keriting (tuh cabe pasti abis dari salon, hihihi)

15 biji belimbing wuluh kering (belimbing wuluh yang sebelumnya dijemur dulu di bawah terik matahari)

garam secukupnya

minyak goreng secukupnya

Cara memasak :

Cabai, bawang, dan belimbing wuluh kering digiling hingga halus, sisihkan. Ikan kayu digiling secara kasar, lalu sisihkan. Panaskan minyak, masukkan ikan kayu dan bumbu, aduk hingga rata. Masak hingga matang. Rasanya… hm.. yummy…. enak dijadiin lauk untuk makan.

Ongol – Ongol

Yang disiapkan :

2 kg singkong parut

6 ons gula pasir

2 gelas santan kental (dari 1 butir kelapa)

2 bungkus agar-agar (bubuk)

Pewarna makanan

Cara Bikin :

Aduk rata singkong parut, gula pasir, santan dan agar-agar. Bagi dua atau empat bagian sesuai selera, beri pewarna makanan (hijau, merah atau coklat), taruh di loyang secara berlapis sesuai warna yang ada, kukus hingga matang.

Setelah matang, beri taburan kelapa muda parut.

*

Ayam Panggang

Guyz, ga punya kegiatan saat weekend?! yuk, mending kita masuk dapur aja. Kita acak2an dapur kita, hehe… yah sekali2 bikin makanan buat sendiri pan ga ada salahnya. Jangan beli terus dunk, keenakan para pedagangnya… heuheu… bicara soal resep yang enak, gue punya resep ayam panggang, rasanya pasti yummy, yang mo coba sok atuh silahkan

Bahan :

1 kg ayam, potong2 sesuai selera

500 ml air

1 lembar daun jeruk

1 lembar daun salam

1 batang serai, memarkan

1 lengkuas, memarkan juga

3 sendok makan jeruk nipis

1 sendok teh gula pasir

2 sendok makan mentega/margarine untuk mengoles

penyedap rasa

Bumbu yang dihaluskan :

5 butir bawang merah

2 siung bawang putih

3 butir kemiri

kunyit

1 sendok teh ketumbar

1 ruas jahe

1 sendok teh garam

Cara Bikin :

1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan air, daun salam, serai, lengkuas, air jeruk nipis, daun jeruk, gula dan penyedap rasa.

2. Masukkan ayam yang telah dipotong-potong, ungkep (masak) hingga matang.

3. Setelah bumbu meresap, panggang ayam hingga berwarna kuning kecoklatan.

4. Olesi dengan mentega.

5. Selamat makan.

*

STICK KEJU

Bahan :

5 kuning telur (ga usah semaleman nungguin ayamnya b’telur, beli aja langsung telurnya di pasar, hihihi… kidding)

1 putih telur

1 Kg terigu (kenapa sih harga terigu tambah mahal ajah…. cape deh!)

100 gr margarine cair

200 gr keju parut

1,5 gelas air

2 sendok teh garam

Cara Bikin :

Campur terigu, garam dan keju parut, aduk hingga rata. Lalu masukin telur dan margarine cair serta air, aduk lagi hingga rata (uleni) hingga kalis, lalu bentuk sesuai selera (umumnya sih kecil memanjang, tapi mau bentuk segitiga, segiempat ato lingkaran juga nggak ada yang larang, ya iyalah… kan elo yang bikin, kalo ada yang protes, ya jangan dikasih, hihihi..), trus goreng hingga kuning kecoklatan, angkat, dan dimakan selagi hangat….. (coz lebih krispi)… selamat ngemil…..

*

Kopi Jahe

Suka ngopi?! yuk, gue punya resep asik tentang masalah perkopian ini. Biar kopinya terasa lebih hangat, baiknya kita campur aja sama jahe. Emang sih ada beberapa kopi jahe instan yang udah jadi yang siap minum yang ga perlu repot2 dibikin, tapi sesekali repot juga ga apa apa, ini dia bahannya :

4 sendok teh kopi instan

750 ml air

150 gr jahe, bakar, kupas, memarkan (kalo lagi marah sama seseorang, bisa juga membayangkan wajah orang tersebut saat mukulin itu jahe)

1 batang (kurang lebih 6 cm-an) kayu manis (tapi daripada rajin ngukur2, masukin ajah langsung kayu manis yang ada, hehe)

2 lembar daun pandan (jangan hasil nyolong, kalo ga dari perkebunan sendiri, beli aja daun pandannya, ato minta sama tetangga yang punya daun pandan, kalo hasil nyolong, rasanya suka nggak enak)

250 gr gula pasir (gula rendah kalori juga bisa)

krim kocok atau krim bubuk secukupnya

Cara Bikin

1. Didihkan air bersama jahe, kayu manis, daun pandan dan gula pasir. Setelah mendidih, angkat lalu disaring.

2. Tambahkan kopi instan, aduk sampe rata

3. Tuangkan ke dalam cangkir, sajikan dengan krim kocok atau krim bubuk.

4. Hm.. yummy.. tenggorokan lo pasti terasa hangat…

5. met ngopi yah….

*

Susu Kacang Kedelai

Guyz, gue mo berbagi resep neh sama lo2 pada. Bagi yang suka beli susu kacang kedelai, mending bikin aja sendiri, selain kebersihan terjamin, lo juga bisa berhemat. Dibanding minum susu sapi, gue emang prefer minum susu kacang kedelai, ga tau kenapa, suka ajah, mungkin karna berasal dari tumbuh2an dan nilai gizinya lumayan tinggi terutama vitamin B-nya (peace ya moo! no hurt feeling… hihihi).

ok deh gue mulai yah…

Bahan :

Kacang kedelai 500 gr

Gula pasir (secukupnya, sesuai selera)

Garam

Pandan

Air (tentunya, yang mentah aja)

Cara bikin :

Kacang kedelai direndam semalaman, truz paginya dibersihkan kulitnya (biasanya mengelupas sendiri), setelah bersih, diblender dengan air mentah. Habis diblender lalu disaring. Sisa ampas masih bisa diblender lagi sampe airnya agak bening, lalu saring lagi. Susu yang sudah disaring diberi gula (sesuai selera), garam (sedikit aja) dan daun pandan, lalu dimasak hingga mendidih. Lalu dinginkan, dan susu kedelai siap diminum. Gampang kan cara bikinnya?!… nah ini susu enak dihidangkan dengan es (tapi panas juga asik!). selamat mencoba yah…

*

Roti Goreng Isi

Bahan Roti :

500 gr terigu

150 gr mentega/margarine (dicairkan dan dinginkan)

2 butir telur

I bungkus pengembang roti (merk apa aja yang penting bisa ngembangin roti)

Garam secukupnya

Air hangat secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Cara bikin :

Campur semua bahan jadi satu, lalu aduk dan uleni sampai kalis. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Uleni lagi, lalu bentuk sesuai selera, isi dengan sayuran/pisang/coklat keju dll. Diamkan lagi selama kurang lebih 20 menit, lalu goreng dengan minyak panas. Setelah matang, olesi roti dengan mentega.

Bahan Isi Sayuran :

Daging cincang 200 gr

3 buah wortel, iris kecil

4 buah kentang, iris kecil

kol, diiris kecil

daun bawang + seledri, iris

tomat, iris

bawang bombai/bawang merah, iris

bawang putih, iris

cabe merah, iris

garam

merica

penyedap rasa

cara bikin :

tumis daun bawang, seledri, tomat, bawang bombai, bawang putih, cabe merah sampai layu, masukkan daging cincang, diamkan sampai agak masak, lalu masukkan sayuran (wortel, kentang dan kol), aduk rata. Masukkan garam, merica dan penyedap rasa, aduk lagi hingga matang, diamkan sampai dingin, dan masukkan ke dalam adonan roti yang sudah dibentuk.

*

BASO TAHU GORENG (BATAGOR)

Familiar dengan kata-kata batagor?!… hm.. yummy… itu makanan adalah salah satu makanan fav gue dari sekian banyak makanan lainnya. Hehe… maklum, salah satu hobi gue emang makan.

Batagor ato baso tahu goreng, asal mulanya, berasal dari tanah kelahiran gue… which is Bandung… U know di mana Bandung?! yup… sebelah sono-nya amrik… hahaha…

Nah, kalo lagi males beli batagor di abang batagor… (ga mungkin juga beli batagor di abang gado2), biasanya gue dibikinin sama orang yang emang baek sama gue… (waks… kirain bikin sendiri! hihihi..) dan lumayan enak, kita intip resepnya yuk…

Bahan :

5 buah tahu putih/cokelat

200 gr daging ayam giling

200 gr udang cincang (tumis sebentar, bisa diganti ikan tenggiri)

3 sdm tepung sagu

1 butir telur ayam

lada

garam

penyedap rasa

Sambal :

150 gr kacang tanah (disangrai ampe krispy)

3 buah cabe merah (boleh lebih kalo suka pedes)

3 siung bawang putih

1 sdt gula pasir

garam secukupnya (jangan keasinan, ntar gak enak)

1 sdm cuka

air matang secukupnya (katakanlah 200 cc)

Cara bikinnya :

Potong tahu menjadi bentuk segitiga (satu tahu jadi dua segitiga), buat lubang di tengah2 tahu.

Sisa tahu dicampur dengan daging ayam, lalu tumis sebentar, campurkan juga udang (atau ikan tenggirinya), terus aduk rata, lalu campurkan tepung sagu, telur, dan bumbu (garam, lada, penyedap rasa).

Adonan daging dan temen2nya dimasukin ke tahu bentuk segitiga tadi sampe penuh, lalu goreng sampe matang. Hidangkan hangat2 dengan sambalnya.

Untuk bikin sambal :

haluskan (blender) kacang dengan bumbu lainnya, beri cuka dan air matang, aduk sampe tercampur.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 28, 2008 in resep

 

One response to “resep kue kering dan resep lainnya

  1. atiko fianti

    September 17, 2009 at 10:42 p

    Gue baru slesai bikin kue nastar, enak bgt tau ga seh…suer ini ga lebay, he2, coba deh, nih resep sll gue pake tiap taon

     

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: