RSS

Bidadari Island

24 Jul

IMG_0095Pulau Bidadari…. hm, gimana yah menggambarkannya. Asik-lah poko’nya. Pulau Bidadari adalah satu2nya pulau di Kepulauan Seribu dimana kamu dapat melihat keindahan kota Jakarta di malam hari dengan jelas. Jarak pulau Bidadari dari Marina Ancol kurang lebih 14 km dengan jarak tempuh 20 menit menggunakan speed boat.

Lebih dari 60% wilayah pulau terdiri dari tanaman2 langka, dan tanaman itu emang sengaja dilestarikan dan dipelihara di sana dengan baik. Di pulau ini terdapat  juga komunitas biawak yang dibiarkan hidup bebas dengan populasi kurang lebih 100 ekor. Elang bondol yang hampir punah juga ada di sana. Dan yang paling menarik adalah adanya penangkaran lumba-lumba untuk therapy berbagai macam penyakit, dan yang sering dilakukan adalah therapy untuk anak autis. Terdapat dua ekor lumba-lumba di sana yang berusia 27 tahun, nama kedua lumba-lumba itu adalah Yosi dan Mia.

Endang Sumaryati, SSiTFT, SKM, sebagai Manajer Klinik Dolphin IMG_0021mengungkapkan bahwa kehadiran terapi lumba-lumba di pulau Bidadari menjadi prestige tersendiri dengan benefit yang baik. Ada banyak keluarga dari dalam dan luar negeri yang khusus datang berobat ke pulau bidadari untuk mengikuti terapi lumba2.  Sebelumnya, dolphin clinic ini berada di gelanggang Samudra Jaya Ancol, tapi sejak Januari 2009 dipindahkan ke pulau Bidadari.

Lumba-lumba pada saat proses terapi autis, mengeluarkan gelombang berfrekwensi tinggi. Kondisi ini adalah untuk mendeteksi bagian-bagian yang mengalami gangguan. Setelah terdeteksi, maka mamalia ini akan mengeluarkan daya akustik hingga 1 kilowatt. Selain Autis, ada beberapa penyakit yang dapat diterapi seperti down syndrome, gangguan konsentrasi, dan gangguan fungsi saraf motorik pasca stroke. Cara terapinya adalah berenang dengan lumba2.

Benteng Mortello

IMG_0032Benteng Martello adalah situs sejarah berupa benteng peninggalan Belanda  tahun 1786. Diameter benteng kurang lebih 23 m, sementara ketebalan dinding 2,55 m dengan tinggi bangunan kurang lebih 6 m. Benteng ini terbuat dari batu bata merah. Terdapat beberapa meriam di benteng ini dan sisa-sisa mortar kuno yang dilestarikan keberadaannya.

Situs sejarah ini dulunya hancur akibat letusan gunung Krakatau. Tapi sebelum terkena letusan gunung Krakatau, benteng Mortello kerap kali diserang oleh negara2 penjajah seperti Inggris dan Portugis di masa lalu.

Kini selain menjadi obyek wisata, benteng Mortello sering dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding.

Cottage

Untuk memperkuat suasana alam yang natural, seluruh bangunan di pulau bidadari menggunakan konsep rumah pesisir dengan bahan kayu dan beberapa bangunan utama menggunakan rumah tradisional khas Manado. Pulau bidadari memiliki 49 cottage yang terdiri dari tiga tipe yaitu deluxe berjumlah 23 cottage, family 23 cottage dan suite 3 cottage. Cottage tentunya disediakan bagi mereka yang ingin menginap di pulau ini dengan harga penyewaan cottage yang bervariatif, tapi bagi kamu yang tidak ingin menginap, ada paket one day tour dimana per personnya dihargai Rp. 265.000 (harga sewaktu2 bisa berubah) incluce : Boat PP, Welcome Drink, Lunch, Soft Drink, Insurance dan Tax & Service.

IMG_0008

Pulau Bidadari juga dilengkapi fasilitas outbond training (baik di laut maupun di darat bekerja sama dengan lembaga pelatihan) dan rekreasi air berupa jet ski, banana boat, canoe, perahu tamasya dan dermaga memancing.

IMG_0045Jadi, tunggu apa lagi, luangkan waktu kamu untuk melihat ke-eksotik-an pulau bidadari. Sunset di sana cukup indah kok, sementara seluruh pantai merupakan pasir putih alami dengan air laut yang relatif bersih.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 24, 2009 in Travelling

 

One response to “Bidadari Island

  1. jayagila

    September 29, 2009 at 5:05 p

    bener bener pengen deh….

     

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: