RSS

Khasiat Jambu Kelutuk

22 Agu

Jambu kelutuk atau jambu biji adalah tanaman yang berasal dari kawasan tropis di Amerika Selatan, dan banyak ditemukan di negara Peru.

Jika kau bertanya bagaimana rasa buah jambu kelutuk yang dalam bahasa latin bernama Psidium Guajava, well, untuk buah yang sudah matang, rasanya manis tapi juga sedikit asam. Ada yang bilang kalo rasa buah jambu kelutuk adalah kombinasi dari buah strawberry dan buah pear, dan ada juga yang bilang rasanya seperti perpaduan buah strawberry dan kiwi. Tapi sepertinya lebih tepat kalo dibilang rasa buah ini sangat tropical.

Tanaman jambu kelutuk ditemukan pertama kali pada awal 1500 oleh orang2 Spanyol yang menamai jambu kelutuk sebagai strawberry guava. Pada 1816, orang2 Indian menyebarkannya di daerah selatan Florida, dan tumbuh dengan subur di sana hingga sekarang. Perkembangan selanjutnya dari buah  ini adalah ke negara2 asia seperti Thailand, Philipina, Brunai, China dan tentunya Indonesia.

Khasiat Jambu Kelutuk

Menurut sejumlah literatur, potensi obat yang tersimpan pada tanaman jambu kelutuk sangat lengkap. Bukan hanya daun yang bisa dijadikan obat dari buah ini, tapi juga buah, bunga, kulit, batang dan akarnya.

Daun jambu, menurut penelitian, banyak mengandung minyak atsiri, asam ursolat, asam psikiolat, asam kragolat, asam oleanolat, asam guaja vermin, kalsium oksalat dan beberapa vitamin terutama A, B, C dan mineral. Namun begitu ada perbedaan kandungan vitamin A pada buah jambu yang berwarna merah dan berwarna putih, dimana yang berwarna merah vitamin A nya lebih banyak dari yang berwarna putih yaitu sekitar 3,1 mg/100 gram buah jambu.Vitamin C yang terkandung dalam buah jambu kelutuk ternyata 30 kali lebih banyak dari pisang.

Daun jambu kelutuk dapat digunakan sebagai obat diare dan obat batuk, daunnya yang masih sangat muda dapat digunakan untuk mengobati luka. Batangnya bermanfaat untuk obat sariawan, sementara buahnya berpotensi untuk menghambat perkembangan virus HIV. Penelitian mengenai hal ini dilakukan oleh sebuah fakultas kedokteran di Amerika. Prof Yang Ling Ling, ketua tim peneliti menyatakan bahwa timnya telah menemukan senyawa Fabvonoid dari beberapa tanaman termasuk jambu kelutuk yang bisa mencegah perkembangan HIV.

Khasiat lainnya dari buah ini adalah sebagai obat radang usus besar, menghilangkan infeksi, sebagai obat disentri dan bermanfaat untuk menghentikan pendarahan.

Bagi penderita demam berdarah dengue, rebusan daun jambu atau jus buah jambu dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit sehingga bisa mempercepat kesembuhan. Para penderita yang mengkonsumsi air rebusan daun jambu atau jus buah jambu kelutuk sebanyak 500 cc sehari semalam, dikabarkan mengalami peningkatan jumlah trombosit dalam waktu 8 hingga 48 jam setelah mengkonsumsi. (berbagai sumber)

Kandungan Buah Jambu Kelutuk per 100 gr

Kalori                    36 – 50 gr

Protein                   0,9 – 1,0 gr

Lemak                    0,1 – 0,5 gr

Karbohidrat        9,5 – 10 gr

Kalsium                  9,1 – 17 mg

Fosfor                     17,8 — 30 mg

Zat Besi                   0,30 – 0,70 mg

Vitamin A               200 – 400 IU

Vitamin C               200 – 400 mg

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 22, 2010 in khasiat buah

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: