RSS

menikmati hembusan angin pantai anyer…

17 Okt

haii all.. apa kabar.. udah hari minggu ajah… punya rencana pergi ga di hari minggu yang cerah ini?! ga punya?! ga apa-apa.. tidur aja lagiii.. ups, maksud gue.. kalo ga punya acara, coba deh jalan2 ke pesisir selat sunda yang terletak di sebelah barat pulau jawa, tepatnya pesisir pantai  Anyer, pasti seru.. bagi kamu yang lagi stress, kalo jalan2 ke sana, dijamin stressnya ga bakalan ilang, hehe, tapi paling engga, engga nambah juga (moga2). Buat yang lagi bete, betenya juga ga akan ilang, cuma berkurang dikit ajah (moga2) ^_^… trus apa manfaatnya dunk?! yah, paling engga kamu bisa mendapat udara segar di sana, tidak seperti di Jakarta yang full oleh polusi… kamu bisa mendapatkan udara segar dan angin yang banyak di sana .. heuheu secara di daerah tepian pantai, anginnya emang kencang gila… jadi bener2 tempat yang enak untuk refreshing.. (dan nyari angin)

Gimana cara mencapai pantai anyer?

Wilayah Anyer bisa dicapai antara lain dari Cilegon Barat dan Cilegon Timur. Kalo dari Jakarta, arah ke anyer ditempuh kurang lebih 2 sampe 2,5 jam perjalanan via tol Jakarta-Merak. Terus kamu keluar dari tol di pintu tol Cilegon Barat, terus masuk wilayah industri  Krakatau Steel dan pabrik2 lainnya. Nah dari sini jarak ke pantai Anyer kurang lebih 17 km. O, ya di sepanjang jalan yang di kiri kanan jalan terdapat pabrik ini, jalannya termasuk jelek, kalo ga mau dibilang parah, karna banyak banget jalan berlubang yang mesti diwaspadai, blum lagi debu yang tebal kalo cuaca sedang panas.. tapiii.. melewati wilayah tersebut dan mulai masuk ke pesisir pantai Anyer (yang dipenuhi hotel dan cottage) debu mulai menghilang dan jalanan udah mulus lagi.

Rekreasi Umum  Di Wilayah Anyer

Setidaknya ada tujuh tempat yang bisa kamu kunjungi di pesisir Anyer ini yang tidak memerlukan biaya terlalu banyak. Kamu hanya perlu ngeluarin uang Rp. 5000 sampe Rp. 10.000 untuk mengunjungi tempat yang notabene menjadi tempat rekreasi umum tersebut. Adapun tempat-tempat tersebut adalah Pantai Karang Bolong, Pantai Karang Kitri, Pantai Pasir Putih Anyer, Pantai Cibeureum, Pantai Bandulu, Pantai Karang Surega dan Pantai Batu Deung.

Pesisir pantai Anyer yang terletak 160 km arah Barat Jakarta ini ternyata menyajikan pemandangan laut yang lumayan indah. Dan karena letaknya menghadap ke arah Barat, jadi  pastinya menyediakan panorama sunset yang keren. Bila sedang tidak mendung atau hujan, kamu dapat menikmati sunset itu.

O, ya selain rekreasi umum tersebut, di sepanjang jl. Raya Anyer kamu bisa menghabiskan week-end kamu di cottage atau hotel2 yang banyak terdapat di sepanjang jalan, yang pastinya bersentuhan langsung dengan pantai. Harga cukup variatif dan bersaing yang ditawarkan oleh hotel/cottage tersebut, yang pastinya sesuai dengan fasilitas masing-masing. Sementara untuk olahraga air seperti jetski dan banana boat juga harga yang ditawarkan variatif, tapi untuk banana boat uang yang perlu kamu keluarkan kurang lebih Rp. 150.000 untuk sekali sewa untuk lima orang.

Oleh-Oleh

Makanan khas wilayah Anyer pastinya ga jauh dari masakan laut. Jadi untuk makanan khas kamu bisa mencoba berbagai aneka masakan laut yang banyak ditawarkan di resto2 di sana, yang pastinya yummy. Untuk oleh2 beragam, dari mulai ikan, udang, emping, kerang, bahkan buah2an seperti pisang dan durian banyak dijajakan di sana. Harganya variatif tergantung kamu pinter nawar atau engga.. hehe..

Karang Bolong dan Rawadanau

Karang Bolong adalah salah satu tempat yang bisa dijadikan alternatif tempat untuk menghabiskan liburan kamu. Di Karang Bolong kamu bisa menemukan  gugusan karang besar yang berlubang di bagian bawahnya. Karang itu membentuk goa yang berlatar pantai lepas. Di sekitar lokasi Karang Bolong ini juga terdapat pasar suvenir dan oleh-oleh. Salah satu suvenir yang bisa kamu bawa pulang adalah perhiasan berupa gelang, kalung atau cincin yang terbuat dari kerang atau yang terbuat dari ornamen laut lainnya.

Sementara itu, lokasi Rawadanau berada di jalur alternatif Serang-Padarincang-Mancak-Cinangka-Anyer. Rawadanau adalah situs rawa purba seluas 2.500 hektar yang berada di pegunungan.

Kunjungan ke Pantai Anyer akan semakin seru  jika kamu menyempatkan diri juga datang ke Pos Pemantauan Gunung Anak Karakatau di Pasauran, sekitar sepuluh kilometer dari Karang Bolong. Selain bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari titik terdekat, di tempat itu ada petugas yang bersedia menjelaskan seputar Gunung Anak Krakatau. Met berlibur.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 17, 2010 in Travelling

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: