RSS

Khasiat Semangka

15 Jun

Semangka, adalah salah satu buah yang sering gue cari pas bulan puasa. Dibanding kolak, gue lebih demen makan semangka untuk berbuka puasa. Kalo semangka lagi ga ada, gue nanem bijinya, nungguin pu’un semangka tumbuh sambil ngabuburit.. siapa tau pas buka, buahnya bisa dipetik ….. hihihi… ya enggalah.. lebay banget sih gue…  heu2, maap ya dah lebay. Kalo ga ada semangka, ya paling  gue nyari es blewah… kalo es blewah ga ada biasanya gue bikin minuman dari melon… kalo melon ga ada… beuu ga ada abisnya dunk ngomongin ini mah.. hehe….

Nah karena gue doyan ama semangka, so gue nyari tau nutrisi apa aja  yang terkandung dalam buah segar yang dagingnya berwarna merah atau kuning yang berair banyak ini… dan ini dia yang gue temukan:

Tentang Semangka

Semangka dipercaya berasal dari gurun Kalahari, Afrika. Menurut para peneliti, buah ini pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir dan menurut kepercayaan nenek moyang saat itu, buah ini dipakai  dalam acara penguburan raja-raja agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka. Dan dari sanalah semangka diperkenalkan ke seluruh dunia (hal ini terlihat dari gambar-gambar pada hierogliph di makam pharaoh).

Pemikiran yang aneh sebenarnya karena gimana bisa yang udah dikubur bisa menikmati semangka! Kitalah (yang masih idup) yang bisa menikmati segarnya semangka. So selagi kamu punya kesempatan menikmati buah semangka, nikmati aja sebanyak-banyaknya ya, walau kenyataannya banyak makan buah semangka sering bikin kita kebelet pipis hehehe…

Semangka dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 1.000 m dpl.  Ia tumbuh menjalar di atas tanah atau memanjat dengan sulur-sulur atau alat pembelit. Batang lunak, bersegi dan berambut, panjangnya 1,5-5 m. Sulur tumbuh dari ketiak daun, bercabang 2-3. Daun letak berseling, bertangkai, helaian daun lebar dan berbulu, berbagi menjari, dengan ujung runcing, panjang 3-25 cm, lebar 1,5-15 cm, tepi bergelombang, kadang bergigi tidak teratur, permukaan bawah berambut rapat pada tulangnya. Bunga uniseksual, keluar dari ketiak daun, tunggal, biasanya bunga jantan lebih banyak, berbentuk lonceng lebar, warnanya kuning, mekar di pagi hari.

Buah berbentuk bola sampai bulat memanjang, besar bervariasi dengan panjang 20-30 cm, diameter 15-20 cm, dengan berat mulai dari 4 kg sampai 20 kg. Kulit buahnya tebal dan berdaging, licin, warnanya bermacam-macam seperti hijau tua, kuning agak putih, atau hijau muda bergaris-garis putih. Daging buah warnanya merah, merah muda (pink), jingga (oranye), kuning, bahkan ada yang putih. Biji bentuk memanjang, pipih, warnanya hitam, putih, kuning, atau cokelat kemerahan. Ada juga yang tanpa biji (seedless).

Biji yang sudah diolah disebut kuaci. Cara membuatnya, kumpulkan biji, lalu jemur dan sangrai. Setelah dingin, rendam dalam air garam seharian, lalu jemur kembali di panas matahari. Semangka selain dimakan sebagai buah segar juga dapat diminum sebagai jus.

Nama Lokal

Semangka di Jawa biasa disebut samangka, semongka, watesan, ghulengghuleng. Sumatera: mandike, karamboja, kalambosa, kamandriki. Maluku: mendikai, semangka, pateka, samangka. Lampung: lamuja, karamujo, ramujo, samaka. Halmahera: samaka, hamaka, hama’a.

Kandungan dalam Semangka

Daging buah semangka rendah kalori dan mengandung :

Air sebanyak 93,4%

Protein 0,5%

Karbohidrat 5,3%

Lemak 0,1%

Serat 0,2%

Abu 0,5%

Vitamin (A, B dan C)

Asam amino sitrullin (C6H13N3O3)

Asam aminoasetat

Asam malat

Asam fosfat

Arginin

Betain

Likopen (C4oH56)

Karoten

Bromin

Natrium

Kalium

Silvit

Lisin

Fruktosa

Dekstrosa

Sukrosa

Sitrulin dan arginin dalam semangka berperan dalam pembentukan urea di hati dari amonia dan CO2 sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi yang dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah. Likopen merupakan antioksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E. Biji kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning 20-45%, protein 30-40%, sitrullin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin pada biji semangka dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Semangka juga kaya akan kandungan antioksidan, glutathione yang memang banyak terdapat di buah dan sayur berwarna merah. Antioksidan telah terbukti efektif mencegah berbagai jenis penyakit. Seperti tomat, semangka mengandung lycopene, antioksidan yang membantu melawan penyakit jantung dan mengurangi berbagai tipe kanker, khususnya kanker prostat. Bahkan, menurut USDA Caratenoid Database, kandungan lycopene pada semangka lebih tinggi di antara sayuran dan buah-buahan lain.

Semangka tergolong buah yang bebas lemak, rendah kalori, dan karenanya dianggap sebagai makanan untuk diet yang ideal. Meskipun begitu, buah ini menjadi sumber energi yang baik. Semangka juga bisa menjadi asupan multivitamin. Dengan mengonsumsi dua cangkir semangka saja (yang sudah dipotong-potong), kamu sudah mendapatkan asupan vitamin A, B6, dan C.

Vitamin A, seperti sudah kamu ketahui, baik untuk kesehatan mata. Konsumsi buah ini secara teratur bisa membantu mencegah rabun senja dan mendongkrak kekebalan dengan cara meningkatkan fungsi melawan infeksi dari sel-sel darah putih yang disebut lymphocytes.

Adapun vitamin B6-nya digunakan tubuh untuk memproduksi senyawa kimia pada otak, seperti serotonin, melatonin, dan dopamin. Dalam berbagai penelitian sebelumnya terlihat, senyawa kimia ini membantu tubuh mengatasi kegelisahan dan kepanikan. Vitamin B6 juga berperan dalam mengubah protein menjadi energi.

Sementara vitamin C berfungsi membantu menguatkan sistem kekebalan untuk melawan infeksi dan virus, menyembuhkan luka, mencegah kerusakan sel-sel akibat radikal bebas (yang dapat mempercepat penuaan dan kondisi seperti katarak), serta membantu kesehatan gigi dan gusi.

Dua cangkir semangka juga menjadi sumber potasium, mineral yang diperlukan untuk keseimbangan air dan ditemukan di dalam setiap sel. Potasium juga membantu memelihara kadar elektrolit pada tubuh dan keseimbangan asam-basa, serta membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Tak kalah pentingnya, potasium juga membantu fungsi otot dan saraf.

Khasiat Semangka

Semangka berkhasiat sebagai penyejuk tubuh selagi cuaca panas, peluruh kencing (diuretik), antiradang, melumas usus, dan menghilangkan haus.

Pada pengobatan tradisional Cina, semangka digunakan untuk melawan bentuk “summer heat” yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan banyak berkeringat, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urine jernih, diare, dan mudah marah.

Mengonsumsi semangka yang mempunyai kadar likopen cukup tinggi dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat. Pada percobaan yang dilakukan All India Institute of Sciences New Delhi pada 30 orang pria tidak subur berusia 23-45 tahun yang diberi 20 mg likopen dua kali sehari selama 3 bulan, menunjukkan peningkatan jumlah sperma, struktur sperma membaik, dan peningkatan pergerakan sperma.

– hasil penelitian dari US Department of Agriculture’s Agricultural Research Service in Lane, Oklahoma menunjukkan bahwa semangka yang berwarna merah gelap, selain mengandung banyak air, juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi jantung manusia, prostat, dan kesehatan kulit.

– kandungan air dalam buah semangka dapat berfungsi sebagai anti racun. Jadi kalau kamu keracunan, banyak2lah makan buah semangka.

– kulit semangka manjur untuk mengobati sakit gagal ginjal. Caranya adalah: jemur sampai kering kulit semangka lalu rendam dengan air matang selama satu minggu lalu tutup rapat. Air rendaman tersebut diminum secara rutin setiap hari.

– begitu seseorang mengkonsumsi semangka, maka citrulline diubah menjadi arginine oleh sejumlah enzim. Arginine adalah asam amino yang bekerja pada jantung dan sistim sirkulasi, dan membentuk sistim imun yang bagus untuk tubuh.

– semangka juga bisa membantu sirkulasi air seni. Kandungan yang ada dalam semangka bisa mengeluarkan ammonia dan toxic berbahaya lainnya yang terdapat dalam tubuh.

– jika kamu sedang diet, maka semangka adalah teman baikmu. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.

– Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.

– mempergiat kerja jantung

– Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat.

– dapat menurunkan demam

– dapat mengecilkan perut. Dengan mengonsumsi semangka, Anda membuat tubuh terhidrasi (cukup cairan dalam tubuh_. Ketika tubuh cukup terhidrasi, metabolisme akan meningkat. Nah, metabolisme yang lebih tinggi ini akan membuat lebih banyak kalori yang terbakar per hari. Karena mengandung diuretik alami, semangka juga akan membuat Anda sering buang air kecil. Dengan sendirinya, perut yang membuncit akibat kembung pun akan mengempis.

Pengobatan alami dengan menggunakan semangka

Mencegah kerontokan rambut

Ambil sepotong kulit buah semangka yang hanya tersisa dagingnya yang keras dan berwarna putih. Gosok-gosokkan pada kulit kepala secara merata. Lakukan pada sore hari, lalu biarkan semalaman supaya meresap. Keesokan paginya, cuci rambut sampai bersih. Lakukan sekali dalam seminggu.

Tekanan darah tinggi

Makan buah semangka setiap hari sebagai buah segar atau jus. Sehari minum dua gelas jus buah semangka.Seduh dengan air mendidih kulit buah semangka dan gambir masing-masing 30 g. Minum seperti teh.

Menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah

Jemur kulit semangka secukupnya sampai kering, lalu giling menjadi serbuk. Masukkan dua sendok makan serbuk tadi ke dalam jus yang dibuat dari satu batang lidah buaya dan satu buah mentimun ukuran sedang. Setelah diaduk rata, gunakan sebagai masker. Lakukan 2-3 kali seminggu, sampai kelihatan hasilnya.

Gatal di badan karena terkena tanaman beracun

Gosokkan bagian tubuh yang gatal dan kemerahan dengan buah dan kulit semangka.

Tekanan darah tinggi dan anemia

Buah semangka ukuran sedang diambil seperempat bagiannya. Buat jus kulit, biji dan daging buahnya, lalu minum sekaligus.

Demam, mulut kering dan haus, rasa pahit di mulut, -napas berbau, air kemih berwarna kuning tua, nyeri sewaktu kencing, hangover. Makan daging buah semangka segar sebanvak 500-1.000 g. Lakukan 2-3 kali sehari.

Heat stroke, rasa lemah, sakit kepala akibat panas matahari dan mual

Jus buah semangka secukupnya. Minum 1-2 cangkir, diulang 2-3 kali sehari sampai terasa enak.

Kencing manis

Potong-potong kulit buah semangka (30 g) dan buah jambu biji yang masih mengkal (1 buah), lalu rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas dan minum setelah dingin. Lakukan setiap hari, sehari 2-3 kali. Rebus biji semangka (1 genggam) dengan satu liter air sampai mendidih (45 menit) dalam panci tertutup. Setelah dingin, minum seperti teh dan lakukan setiap hari.

Yang Perlu diperhatikan dari Semangka

Buah semangka jangan dimakan dengan gula aren karena dapat terbentuk racun, terutama sangat mengganggu pada orang yang pencernaannya lemah. Racun ini dapat menimbulkan kejang-kejang dan diare sampai menyebabkan kematian.

(berbagai sumber)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 15, 2011 in khasiat buah

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: