RSS

Khasiat Timun Suri

22 Agu

Timun suri adalah salah satu buah yang gue sukai pas bulan puasa. Sebenernya rasa timun suri tawar sih, ga manis, timun suri akan terasa manis kalo dicampur gula/air gula/sirup, tapi ga tau kenapa, timun suri enak ajah kalo dijadiin minuman pelepas dahaga pas bulan puasa. Apalagi kalo dicampur es dan buah-buahan lainnya. Hm.. maknyus…

Dalam bahasa latinnya, timun suri bernama Curcumis Lativus ity dan masuk dalam suku cucurbitaceae (suku labu-labuan). Timun suri bukan buah musiman karena bisa ditanam kapan saja.

Buah timun suri umumnya berbentuk lonjong dengan warna kulit kuning dan halus. Teksturnya sebenarnya mudah rusak kalo sudah matang, makanya harus hati-hati kalo menyimpan timun suri yang sudah matang. Aroma timun suri sangat harum dengan daging buah yang berwarna putih yang empuk (kalo sudah matang) dan memiliki kadar air yang cukup.

Kandungan dalam Timun Suri

Kandungan yang terbanyak dalam timun suri adalah Kalium, yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesegaran tubuh. Selain itu timun suri juga mengandung mineral, dan provitamin A, air, kalsium, fosfor, vitamin C dan serat.

Khasiat Timun Suri

Serat di dalam timun suri mampu mencegah timbulnya kanker saluran pencernaan, seperti kanker usus dan kolon. Hal ini disebabkan sifat serat timun suri yang mengikat zat-zat karsinogen penyebab kanker yang ada di saluran pencernaan.

Timun suri juga kaya akan provitamin A, berfungsi menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan alami pencegah rusaknya sel tubuh penyebab penuaan dini. Vitamin C di dalam timun suri termasuk tinggi. Keberadaan vitamin C inilah yang dapat mencegah timbulnya gangguan penyakit flu dan infeksi. Hal ini disebabkan sifat vitamin C yang berfungsi sebagai anti virus dan pencegah infeksi. Selain vitamin, mineral esensial seperti kalsium, fosfor dan zat besi juga banyak terdapat di dalam timun suri.

Tak hanya itu, kandungan zat gizi dan nilai gizi yang terkandung di dalam buah timun suri bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah.

(berbagai sumber)

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 22, 2011 in khasiat buah

 

2 responses to “Khasiat Timun Suri

  1. koropedangnews

    Oktober 15, 2011 at 7:49 p

    Wah informasinya sangat bermanfaat sekali.Timun suri ternyata mengandung provitamin A yang sangat kay. Thanks ya

     
    • Shatikah

      Oktober 17, 2011 at 6:51 p

      iyah, sama2.. thanks juga udah mampir… ^__* salam kenal…

       

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: