RSS

Khasiat Blewah

29 Sep

Blewah atau melon air (Cucumis melo cantalupensis) adalah tanaman semak yang tumbuh merambat. Kulitnya berbintil-bintil dan dagingnya berwarna oranye. Blewah terdiri dari beberapa jenis, seperti ambroisa, bushwopper, minnesota, oval chaca, dan blewah manis yang tahan terhadap musim panas, kemarau, dan jamur bubuk. Untuk menghasilkan buah yang manis, tanaman ini sebaiknya ditanam pada musim panas yang panjang.

Yang Terkandung Dalam Blewah

Kandungan nutrisi yang dimiliki blewah sangat bervariasi. Semangkuk blewah mengandung, antara lain, 3,1 mg beta-karoten; 68 mg vitamin C; 1,3 mg serat; 13 mg karbohidrat, 494 mg potasium; dan 14 mg sodium. Di samping itu, unsur kalsium, fosfor, zat besi, niasin, protein, lemak tak jenuh ganda juga dapat diperoleh dari blewah.

Sementara itu, menurut The Journal of Food Science kandungan dalam 100 gr blewah rata-rata berisi 12,69 mg magnesium; 0,03 mg mangan; 0,05 mg tembaga; 0,10 mg seng; 0,003 mg kobalt; dan 0,005 mg krom.

Mengingat kadar beta-karoten yang cukup tinggi, buah blewah baik dikonsumsi karena dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan kanker.

Dalam panduan RDA (Recommended Dietary Allowance), terdapat anjuran agar kita mengonsumsi beta-karoten sekitar 5-6 mg per hari untuk memelihara kesehatan jantung. Merujuk saran itu, kiranya kita tak butuh langkah rumit untuk mendapatkan asupan beta-karoten. Kita cukup mengonsumsi blewah secara rutin dan jantung pun akan tetap sehat terawat.

Sepuluh besar

Nutrifax juga mengungkapkan, blewah masuk dalam daftar 10 besar buah dan sayuran pencegah kanker. Ke-10 buah dan sayuran itu adalah brokoli, blewah, wortel, kangkung, mangga, labu, cabe merah, bayam, strawberi, dan kentang manis. Blewah merupakan sumber vitamin C dan A yang sangat baik. Sesuai panduan RDA, kita disarankan mengonsumsi vitamin C paling tidak 60 mg per hari untuk melindungi tubuh dari risiko kanker.

Vitamin C juga berguna untuk menyempurnakan penyerapan zat besi yang berasal dari suplemen atau sumber zat besi selain daging. Maka, bagi ibu hamil yang umumnya mengalami anemia, mengonsumsi blewah merupakan pilihan pintar.

Dalam Ensiklopedi Juice Buah & Sayur Untuk Penyembuhan dinyatakan bahwa blewah juga berguna untuk mengatasi radang usus. Dijelaskan pula, penyakit crohn atau radang usus regional (autoimmunedisorder) merupakan kondisi kronis yang ditandai peradangan di bawah usus kecil atau di usus besar.

Khasiat Blewah

Jus blewah dapat membantu kamu yang mengalami gangguan usus, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan.  Gula alami dan enzim yang dikandung blewah berfungsi membantu penyerapan pada usus, sehingga semua keluhan itu pun teratasi.

Blewah juga baik untuk mengusir asam urat, memelihara kesehatan jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan penderita diabetes serta obesitas.

Kandungan potassium dalam blewah dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, serta sebagai pencahar alami.

Yang Perlu Diperhatikan

Dalam mengkonsumsi blewah, sebaiknya blewah dicuci dengan baik sebelum dipotong-potong. Jika tindakan awal ini diabaikan, salah-salah rasa sakit yang akan didapat.

Seperti dilaporkan dalam situs fruitina bahwa setidaknya 17 orang di California, AS, jatuh sakit setelah melahap belewah. Kasus serupa juga menimpa 13 warga Arizona, beberapa tahun lalu. Mereka mengalami demam, diare, atau kram perut, 1-3 hari sesudah makan blewah.

Usut punya usut, ternyata mereka terjangkit bakteri Salmonella tipe Poona dan Saphra. Kontaminasi bakteri itu terjadi ketika buah dipotong tanpa dicuci lebih dulu kulitnya. Bakteri di kulit buah yang kemudian menempel pada pisau mengkontaminasi daging buah itu.

Bakteri itu sendiri bisa berasal dari sampah manusia atau kotoran binatang. Untuk menghindari risiko tersebut, cucilah kulit buah dengan air yang mengalir (air dari kran). Sangat dianjurkan untuk menyikat kulit buah, sehingga betul-betul bebas dari bakteri.

(berbagai sumber)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 29, 2011 in khasiat buah

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: