RSS

Khasiat Seledri

12 Jan

Seledri  adalah salah satu sayuran yang paling gue nggak doyan, masalahnya waktu kecil, gue pernah dipaksa makan soto (yang banyak seledrinya) sama nyokap temen gue, sampe gue eneg, walhasil sampe sekarang gue trauma ama sledri, hahaha… Tapi gimanapun, gue tetep penasaran sama khasiat seledri, kita cari tau yuk…

Seledri (Apium graveolens L) adalah tanaman yang masuk ke dalam jenis sayuran yang sudah dikenal sejak jaman Mesir, Yunani dan Romawi kuno. Yang diambil dari tanaman ini sebenarnya batangnya, tapi entah kenapa, daunnya kini juga ikut dikonsumsi untuk melengkapi masakan seperti sayur sop, soto, bubur ayam, bakso, dll.

Dalam kesusastraan kuno terdapat dokumen yang menyebutkan tentang kegunaan seledri atau tanaman sejenisnya untuk  keperluan pengobatan, yaitu sejak 850 Sebelum Masehi.

Biji tanaman asli lembah sungai Mediterranian ini digunakan oleh tabib Ayurveda kuno untuk mengobati demam, flu, penyakit pencernaan, beberapa tipe arthritis, penyakit limpa dan hati.

Nama lain dari Seledri :

Inggris = Celery

Perancis = Celeri

Italia =  Seleri

Jerman = Selinon, Parsley

Indonesia = Seledri

Jawa = Sledri

Sunda = Saledri

Tumbuh :
Seledri  dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi. Tumbuhan seledri dikatageorikan sebagai sayuran, perkebunan seledri di Indonesia terdapat di Brastagi, Sumatera Utara dan di Jawa Barat tersebar di Pacet, Pangalengan dan Cipanas yang berhawa sejuk.

Kandungan Dalam Seledri

Berdasarkan penelitian, tanaman keluarga Apiaceae ini mengandung natrium yang berfungsi sebagai pelarut untuk melepaskan deposit kalsium yang menyangkut di ginjal dan sendi. Ia juga mengandung magnesium yang berfungsi menghilangkan stres. Daun seledri mengandung protein, belerang, kalsium, besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C. Berdasarkan hasil penelitian, seledri juga mengandung psoralen, zat kimia yang menghancurkan radikal bebas biang penyebab kanker.

Kandungan lain dalam 100 gr seledri:

kalori sebanyak 20 kalori
protein 1 gram
lemak 0,1 gram
hidrat arang 4,6 gram
kalsium 50 mg
fosfor 40 mg
besi 1 mg
Vitamin A 130 SI
Vitamin B1 0,03 mg
Vitamin C 11 mg Dan 63% bagian dapat dimakan.
Daun seledri juga banyak mengandung apiin, di samping substansi diuretik yang bermanfaat untuk menambah jumlah air kencing.

Khasiat Seledri

Seledri dapat mengobati penyakit berikut ini :

– tekanan darah tinggi
– vertigo disertai sakit kepala tujuh keliling
– tungkai bengkak karena timbunan cairan
– masuk angin, mual
– rematik gout, asam urat darah tinggi
– bronkitis, batuk
– mata kering
– tidak nafsu makan
– alergi
– kencing berdarah
– keluhan meopause, gangguan menstruasi
– penyubur rambut

Akar berkhasiat untuk pengobatan; tekanan darah tinggi, kolesterol darah tinggi, air seni mengandung lemak.

Biji berkhasiat untuk Pengobatan: rematik gout, asam urat darah tinggi, bronkhitis, asma penyakit pada hati dan limpa, sakit perut setelah melahirkan.

Obat Penyubur Rambut

Seledri dikenal sebagai bahan alamiah yang mampu mencegah kebotakan rambut (mencegah rambut rontok). Seledri digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut, membuat rambut tumbuh sehat dan berkilau. Kemampuan seledri dalam menutrisi rambut ternyata tak hanya berlaku untuk orang dewasa tapi juga untuk menyuburkan rambut bayi.

Bagaimana cara menggunakannya?
Cara1 :

Ambil segenggam seledri, cuci bersih, potong-potong, lalu rebus dalam sedikit air dan didihkan. Setelah mendidih, angkat, biarkan hingga dingin lalu saring airnya. Selanjutnya, campurkan seledri dalam satu sendok makan cuka. Gunakan pada rambut dengan cara mengoleskannya setelah habis keramas. Gunakan secara teratur, dan dapatkan rambut sehat, lebat, panjang, dan berkilau.

Cara 2 :

blender halus seledri, kemudian dicampurkan dengan telur yang telah dikocok. Selanjutnya campuran tersebut dioleskan ke rambut sambil dipijat-pijat, tunggu selama 20-30 menit lalu bilas dengan air dingin.

Obat Penurun Panas

Masyarakat pedesaan telah lama memanfaatkan seledri sebagai obat untuk menurunkan panas dengan cara mengoleskan tumbukan daun seledri ke kepala anak yang terserang demam. Air perasan seledri yang mempunyai sifat mendinginkan dipercaya dapat mendinginkan kepala.

Cara mengobati Hipertensi :

Bahan: daun seledri secukupnya
Cara membuat: diperas dengan air masak secukupnya kemudian
disaring;
Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari 2 sendok makan, dan
dilakukan secara teratur.
Catatan : penggunaan berlebihan berbahaya!

Cara mengobati  sakit mata kering
Bahan: 2 tangkai daun seledri, 2 tangkai daun bayam, 1 tangkai
daun kemangi.
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk bersama kemudian
diseduh dengan 1 gelas air panas dan disaring.
Cara menggunakan: di minum biasa.

Cara mengobati Reumatik
Bahan: 1 tangkai daun seledri
Cara menggunakan: dimakan sebagai lalapan setiap kali makan.

Cara mengobati Bronkitis :

Cuci 60 gr seledri segar, 10 gr kulit jeruk mandarin kering dan 25 gr gula aren sampai airnya tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan air saringannya dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari, masing-masing ¾ gelas.

Cara mengobati Batuk :

Cuci 30 gr seledri segar seutuhnya, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam 3 gelas air bersih. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu secukupnya. Gunakan ramuan ini untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari.

(berbagai sumber)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 12, 2012 in khasiat sayur

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: