RSS

Khasiat Kunyit

12 Mei

Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar di sekitar hutan/bekas kebun. Kunyit diperkirakan berasal dari India. Kunyit disebut juga dengan Curcuma. Kata Curcuma berasal dari bahasa Arab Kurkum dan Yunani Karkom.

Pada tahun 77-78 SM, Dioscorides menyebut tanaman ini sebagai Cyperus menyerupai jahe, tetapi pahit, kelat, dan sedikit pedas, tetapi tidak beracun. Tanaman kunyit banyak dibudidayakan di Asia Selatan khususnya di India, Cina Selatan, Taiwan, Indonesia (Jawa), dan Filipina.

Tanaman kunyit tumbuh bercabang dengan tinggi 40-100 cm. Batang merupakan batang semu, tegak, bulat, membentuk rimpang dengan warna hijau kekuningan dan tersusun dari pelepah daun (agak lunak).

Daun tunggal, bentuk bulat telur (lanset) memanjang hingga 10-40 cm, lebar 8-12,5 cm dan pertulangan menyirip dengan warna hijau pucat. Berbunga majemuk yang berambut dan bersisik dari pucuk batang semu, panjang 10-15 cm dengan mahkota sekitar 3 cm dan lebar 1,5 cm, berwarna putih/kekuningan. Ujung dan pangkal daun runcing, tepi daun yang rata. Kulit luar rimpang berwarna jingga kecoklatan, daging buah merah jingga kekuning-kuningan.

Jenis Curcuma domestica Val, C. domestica Rumph, C. longa Auct, u C. longa Linn, Amomum curcuma Murs. Ini merupakan jenis kunyit yang paling terkenal dari jenis kunyit lainnya.

Sejak 2500 tahun lalu, orang orang India telah memanfaatkan kunyit, awal mulanya kunyit hanya diketahui sebagai bahan pewarna. Namun lambat laun diketahui bahwa kunyit mamiliki manfaat terhadap kesehatan.

Kunyit sebagai agen antiseptik dan antibakteri alami, berguna sebagai desinfektan luka biasa mau pun luka bakar. Jika dikombinasikan dengan kembang kol, Kunyit telah terbukti mencegah kanker prostat dan menghentikan pertumbuhan kanker prostat yang ada. Kunyit juga mampu mencegah kanker kulit melanoma dan menyebabkan sel melanoma mati dengan sendirinya.

Kunyit mempunyai sebutan yang berbeda-beda di berbagai tempat. Di Indonesia kunyit dikenal dengan nama kunyit. Di Inggris disebut Saffron. Di Belanda dijuluki  Kurkuma , di Jawa biasa disebut  Kunir. Orang Sunda menjulukinya Koneng, dan orang Madura menyebutnya konyet.

Kandungan Dalam Kunyit

Beberapa kandungan kimia dari rimpang kunyit adalah minyak atsiri sebanyak 6% yang terdiri dari golongan senyawa monoterpen dan sesquiterpen (meliputi zingiberen, alfa dan beta -turmerone), zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi kurkumin 50-60%, monodesmetoksikurkumin dan bidesmetoksikurkumin), protein, fosfor, kalium, besi dan vitamin C.

Khasiat Kunyit

~ bermanfaat mengurangi risiko leukimia.
~ bermanfaat sebagai pengeluar racun secara alami dari hati.
~ mampu mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dengan menghilangkan penumpukan plak di otak amyloyd.
~ mampu mencegah metastasis dari terjadinya berbagai bentuk kanker.
~ bermanfaat sebagai obat anti-inflamasi tetapi tanpa efek samping

~ dapat membantu dalam metabolisme lemak dan membantu dalam manajemen berat badan.

~ telah lama digunakan dalam pengobatan Cina sebagai pengobatan untuk depresi.
~ dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk arthritis dan rheumatoid arthritis.
~ mampu mengurangi efek samping pengobatan kemoterapi.
~ dapat mempercepat penyembuhan luka dan membantu dalam remodelling kulit rusak.

Pengobatan Tradisional

Pengobatan untuk Diabetes mellitus

Bahan:

3 rimpang kunyit

1/2 sendok the garam

Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas

~~

Untuk Tifus

Bahan:

2 rimpang kunyit

1 bonggol sere

1 lembar daun sambiloto

Cara membuat: Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan di saring. Cara mengunakan: diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut.

~~

Untuk Usus buntu

Bahan: 1 rimpang kunyit

1 butir buah jeruk nipis

1 potong gula kelapa/aren

Garam secukupnya

Cara membuat:

Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Cara menggunakan:diminum setiap pagi setelah makan, secara teratur.

~~

Untuk Sakit Keputihan

Bahan:

2 rimpang kunyit

1 genggam daun beluntas

1 gagang buah asam

1 potong gula kelapa/aren

Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring. Cara menggunakan:diminum 1 gelas sehari

~~

Untuk Haid tidak lancar

Bahan: 2 rimpang kunyit

1/2 sendok Teh ketumbar

1/2 sendok Teh biji pala

1/2 genggam daun srigading

Cara membuat:

semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring Cara menggunakan: diminum 1 gelas sehari

~~

Untuk Memperlancar ASI

Bahan:

1 rimpang kunyit

Cara membuat: kunyit ditumbuk sampai halus Cara menggunakan: dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap 2 hari

Pembersih wajah

Bagi banyak orang, bintik hitam atau flek pada wajah sangat mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya, kamu tak perlu menggunakan krim mahal. Manfaatkan saja kunyit, karena kandungan dalam kunyit bisa mengurangi jejak pigmentasi pada kulit seperti flek.

Kamu bisa membuat formula penghilang flek sendiri dengan bubuk kunyit. Campurkan saja bubuk kunyit dengan sedikit air perasan mentimun atau perasan jeruk lemon. Setelah tercampur merata, tempelkan pada area kulit yang terdapat flek. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan hal ini setiap hari untuk melihat perubahan yang signifikan pada warna kulitmu.

Seperti dilansir dari harian Times of India, bubuk kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai scrub tubuh. Para wanita India seringkali menjadikan bubuk kunyit sebagai pencerah kulit. Mereka melakukan scrubbing menggunakan bubuk kunyit sebelum menikah untuk membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah.

Campurkan saja bubuk kunyit dengan lima tetes minyak zaitun dan air secukupnya. Lakukan scrubbing kunyit satu kali dalam seminggu untuk hasil maksimal, selain itu, kamu juga bisa membuat ramuan kunyit yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Cukup campurkan susu krim dengan bubuk kunyit dan jadikan masker kulit.

(Berbagai Sumber)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 12, 2012 in khasiat rempah-rempah

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: