RSS

Resep Siomay (Bandung)

18 Des

siomaySiomai atau siomay adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini disebut shaomai.

Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit. Makanan ini konon berasal dari Mongolia. Siomai dibuat berbentuk silinder, dan di atasnya diberi hiasan seperti telur kepiting, parutan wortel, atau kacang polong. Setelah dimatangkan dengan cara dikukus, siomai dimakan dengan cuka atau kecap asin.
Dalam versi Indonesia terdapat berbagai jenis variasi siomai mulai dari siomai ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Bahan untuk isi dicampur dengan sagu atau tapioka. Siomai juga tidak lagi dibungkus dengan kulit dari tepung terigu.

Telur ayam dan sayuran seperti kentang, pare, dan kubis dengan isi atau tanpa isi juga dihidangkan di dalam satu piring bersama-sama siomai. Tahu bakso (tahu isi) juga termasuk ke dalam jenis siomai.

Siomai (siomai bandung) dihidangkan setelah disiram saus kacang yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Bumbu untuk saus kacang antara lain cabai, gula pasir, bawang putih, garam dapur, dan cuka atau jeruk limau. Sewaktu disajikan, siomai bisa diberi tambahan kecap manis, sambal botol, atau saus tomat.

Resep Siomay
Bahan:

200 gr ikan tenggiri
150 gr udang cincang
150 gr labu siam, parut halus, (bisa diganti wortel)
250 gr sagu
1 sdm garam
100 gr putih telur
10 bh bawang merah, haluskan
6 siung bawang putih, haluskan
kembang tahu

Pelengkap:

Pare
Tahu
Kentang
Kol
Telur

Cara Membuat:
(1). Campur ikan, udang, dan garam, aduk rata. Masukkan labu siam, putih telur, bawang merah, dan bawang putih, aduk sampai rata. (2). Masukkan tepung sagu, aduk sampai rata. (3). Masukan adonan ikan pada tahu, telur, kol dan pare. Sisanya, bentuk bulat-bulat. (4). Kukus siomay dan semua pelengkap dalam dandang panas sampai matang. (5). Sajikan siomay bersama pelengkap dan sambal kacang.

Bahan Saus Kacang:
500 gr kacang sangrai, buang kulitnya, giling sampai halus.
150 gr cabai merah besar
50 gr bawang merah
2 sdm garam
2 sdm gula
3 bh jeruk limau

Cara Membuat:
(1). Goreng cabai merah dan bawang merah. Angkat, haluskan. (2). Campur bumbu halus dengan kacang tanah, gula, garam, dan sedikit air, aduk rata. (3). Panaskan bumbu kacang sampai mendidih. Angkat. Beri air perasan jeruk limau.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 18, 2012 in Tak Berkategori

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: