RSS

Pantai Papuma, Keindahan Pantai Yang Tersembunyi

20 Mei

Selamat sore semuaa… semoga semuanya sedang dalam keadaan sehat, banyak rejeki dan selalu berada dalam lindungan Tuhan YME, amin.

Sore inih sebenernya gue capek banget, maklum pekerjaan tadi lagi banyak-banyaknya. Nah di tengah-tengah rasa lelah yang melanda, gue tiba-tiba ngayal bisa pergi ke suatu tempat, katakanlah suatu pantai yang cantik, indah, sejuk sambil bilang WoW hehe. Nah lagi asik2nya ngayal, tiba-tiba bos gue bilang kalo dia baru aja pergi ke suatu pantai yang bernama pantai papuma di Jember, dalam rangkaian tournya bareng sohib2nya ke gunung bromo. Dan dengan bangganya dia ngunjukin hasil foto di pantai papuma, ternyata bener-bener indah… argghhh seandainya bisa main ke sanah…

Ini bukan lebay, tapi beneran sebelumnya gue ga tau kalo di jember ada pantai seindah ituh, tapi sebagai orang yang besar di jakarta mungkin bisa dimaklumi kalo gue ga tau pantai papuma, nah inih, temen gue yang lahir dan sempat besar di jember, juga nggak tau kalo ada pantai seindah itu di kota kelahirannya. *tepok-jidat*.

Tapi sudahlah, kita lupakan temen gue yang ga gaul itu, hihihi, maap. Sekarang lebih baik kita bahas aja tentang pantai papumanya.

???????????????????????????????

Pantai papuma adalah salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Jember yang dikembangkan oleh Perum Perhutani II, Jawa Timur. Secara administratif, papuma masuk ke wilayah Desa Lojejer, Kecamatan Waluhan, Kabupaten Jember, Jawa timur. Letaknya sekitar 37 km Selatan Jember pada jalur Bromo – Ijen – Bali, atau sekitar 235 km dari Surabaya.

Garis pantai papuma diawali dari titik puncak tanjung papuma dan melingkar sepanjang 25 km dengan luas sekitar 25 hektar.

Di sepanjang pantai Papuma terdapat pasir putih yang bersih dan indah, dan memungkinkan para wisatawan asing yang datang untuk berjemur di pantai tersebut. Disamping keindahan alamnya, pantai ini juga kaya akan fauna seperti Biawak, Ayam Alas, burung-burung dengan ragam jenisnya, lalu ada juga babi hutan, rusa, landak dan trenggiling.

papuma4

Di pantai ini disediakan beberapa sarana pendukung bagi mereka yang ingin menikmati suasana Papuma lebih lama, seperti penginapan dan bumi perkemahan dan tentu saja perahu! Saat matahari terbenam, suasana di pantai Papuma akan semakin indah untuk dinikmati. Senja yang temaram dan desir laut yang semakin bergemuruh menimbulkan suasana dramatis yang enggan untuk ditinggalkan.

papuma5

Di pantai papuma terdapat tujuh karang besar. Masing-masing karang mempunyai nama yang unik, yaitu Batara Guru, Kresna, Narada, Nusa Barong, Kajang, dan Kodok. Semua keindahan karang di pantai ini, bisa dinikmati di atas Bukit Sitihinggil. Dari atas bukit, keindahan pantai akan tampak jelas.

OLYMPUS DIGITAL CAMERASalah satu keunikan yang ada di Papuma, adalah adanya batu-batu Malikan yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian khas seperti musik bila terkena ombak. Batu Malikan merupakan karang-karang pipih yang mirip seperti sebuah kerang besar yang letaknya tak jauh dari tepi pantai yang membentuk sebuah pulau. Konon, satu dari antara pulau tersebut dihuni oleh ratusan ular berbisa sehingga ga ada masyarakat atau wisatawan yang bisa berkunjung ke pulau tersebut.papuma2

O, ya ngomong-ngomong, papuma kependekan dari Pantai Pasir Putih Malikan. Melihat keindahan papuma (walo lewat foto), pastinya ada keinginan untuk mengunjungi pantai yang tersembunyi ini. Kamu mau ke sana juga? Pergi bareng yuk, heuheu.

(berbagai sumber)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 20, 2013 in Travelling

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: