RSS

Resep Cireng Bandung

23 Okt

Cireng__

Haii selamat sore, ada yang suka cireng ga? gue doyan banget hehe.. Cireng itu adalah singkatan dari aci goreng. Aci itu adalah bahasa Sunda yang artinya tepung sagu/tepung kanji/tepung tapioka.

Cireng adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji dan bumbu-bumbu.

Makanan ini sebenernya udah ada dari jaman baheula. Dulu, pas gw SD, cireng menjadi salah satu jajanan tetap gw tiap istirahat sekolah hehe.

Bumbu dari cireng (saat itu) cuman 2 : bumbu kacang dan bumbu saos. Belakangan, bentuk dan rasa cireng jadi bervariasi, dan lebih dikenal dengan istilah cireng isi. Isinya bisa bermacam-macam; daging, sosis, ayam pedas, abon, kacang, keju.

Nah, buat yang rada-rada susah untuk mendapatkan cireng (karena nggak semua daerah menjual cireng) ada baiknya kita bikin cireng sendiri, ini dia bahan dan cara bikinnya:

Cireng Original (Tanpa Isi)
Bahan :
Tepung tapioka sekitar 400 gram
Bawang putih bubuk secukupnya (atau bawang putih yg dihaluskan dan ditumis sebentar)
Merica bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Seledri cincang dan bawang daun cincang secukupnya
Air panas sekitar 200 ml.

Cara Membuat :
Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan bisa dipulung dan dibentuk. Goreng hingga kecoklatan dengan api sedang.

Cireng Isi :

Bahan :

(1). 300 gram tepung kanji. (2). 5 sdm tepung terigu. (3). 1 sdm merica bubuk. (4). 400 ml air matang. (5). 4 siung bawang putih (kemudian tumbuk hingga halus). (6). Garam secukupnya. (7). 2 batang daun bawang (iris tipis). (8). Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng). (9). Potongan Daging ayam goreng untuk bahan isian cireng). 10. 400 gram bumbu kacang atau bumbu gado-gado.

Cara membuat : (1) Siapkan wadah atau baskom kecil kemudian masukkan bahan-bahan seperti tepung kanji, tepung terigu, merica bubuk, air, serta garam. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata. (2) Selanjutnya masukkan pula kedalam adonan tadi bawang putih halus dan irisan daun bawang kemudian aduk kembali secara merata. (3) Setelah adonan menggumpal, ambil adonan kira-kira 2 sendok makan kemudian bentuk bulat lalu isi bagian tengah adonan dengan potongan daging ayam yang telah disiapkan tadi. Lakukan hingga semua adonan habis. (4) Setelah itu siapkan wajan dan panaskan minyak goreng, lalu goreng semua adonan cireng yang telah diisi potongan daging ayam tadi hingga matang. Sajikan dengan bumbu kacang (bumbu gado-gado)

Cireng Isi Tuna Pedas

Bahan cireng:
– 250 gram tepung tapioka/kanji
– 2 sendok makan tepung terigu
– 150 ml air
– 3 butir bawang putih, haluskan
– 1/4 sendok teh garam
– 2 batang daun bawang
– 1 sendok teh ketumbar, haluskan

Bahan isi:
– 200 gram ikan tongkol atau tuna, kukus dan cincang kasar
– 10 butir cabai rawit merah, rajang halus
– 4 butir bawang merah, iris halus
– 4 lembar daun jeruk purut, iris halus
– 3 butir bawang putih cincang
– 1 batang serai, ambil bagian putihnya, pipihkan
– 1 sendok makan gula pasir
– 1 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh kaldu bubuk
– 1 sendok makan minyak untuk menumis
– 100 ml santan setengah kental 

Cara Membuatnya :

Membuat isi
Panaskan minyak, tumis semua bumbu isi hingga harum dan matang. Masukkan daging ikan tongkol/tuna. Aduk rata. Tambahkan santan ke dalam tumisan, aduk-aduk. Masak tumisan ikan hingga kering. Angkat dan sisihkan.

membentuk cireng 
Masukkan semua bahan cireng ke dalam mangkuk, aduk menjadi satu hingga rata. Buat menjadi adonan yang bisa dipulung dan tidak terlalu basah. Ambil satu bola adonan kira-kira lebih kecil dari bola pingpong, pipihkan di telapak tangan dan isi dengan 1/2 sendok makan isi. Bulatkan kembali hingga isi tertutup rapat. Goreng hingga matang (kuning kecoklatan).

Resep Ciring Isi Sosis 

Bahan Kulit : (1) 125 gr tepung kanji (2) 2 sdm tepung terigu -(3) lada bubuk, ketumbar, garam secukupnya  (4) 2 siung bawang putih (5) 100 ml air panas – (6) Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Campur semua bahan sambil masukkan air sedikit-demi sedikit, setelah itu pipihkan, kemudian isi dengan bahan isian. Bila ingin rasa keju, maka sebelum diberi air, masukkan parutan atau potongan keju.

Bahan Isi

(1) Margarin untuk menumis; (2) -Bawang bombay kira-kira 1 buah ukuran kecil; (3) -Sosis sebanyak 2 buah (4) -Saus tomat 1 sdm (5) -Garam dan gula secukupnya

Cara membuat 

Panaskan margarin, kemudian masukkan bahan isian satu-persatu, setelah matang, dinginkan, setelah itu masukkan ke dalam adonan cireng. Sosis bisa diganti dengan smoke beef (daging asap), daging giling, ayam, bakso, dan jamur.

(Berbagai sumber)

Note : bahan cireng ada 2 macam, ada yang hanya tepung kanji saja atau campuran antara tepung kanji dan terigu, itu hanya masalah selera. Dengan memakai terigu, bahan cireng biasanya lebih renyah, dan gue selalu bikin cireng dengan menggunakan campuran terigu dan tepung kanji.

Happy cooking ^_^

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 23, 2013 in resep

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: