RSS

Khasiat Daun Kemangi

04 Nov

kemangiKemangi adalah terna kecil yang daunnya bisa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand kemangi dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat.

Masyarakat Minangkabau menggunakan tumbuhan sejenis kemangi yang dinamakan dengan ruku-ruku. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk memasak gulai ikan dan asam padeh (asam pedas).

Di benua Afrika dan di Negara India, kemangi biasa diolah menjadi teh. Caranya, dengan menyeduh kemangi segar dengan air panas dan ditambahkan sedikit gula. Teh kemangi biasanya diminum saat pergantian musim, yaitu saat penduduk mulai terserang batuk, pilek, dan demam.

Negara-negara Eropa biasa menyuling daun kemangi dan mengambil minyak atsirinya untuk digunakan sebagai campuran dalam pembuatan biang parfum, obat-obatan, lotion, permen pelega tenggorokan, minyak gosok, dan minyak aroma terapi.

Kemangi sebenarnya merupakan hibrida yang digolongkan antarjenis selasih yakni Ocmum Americanum dan juga Ocinum Basilicum. Kemangi juga banyak dikenal dengan nama ilmiah Ocimum Basilicum Var. Anisatum Benth.

Wewangian khas daun kemangi bersumber dari senyawa sitrat yang ada terutama pada bagian bunga dan daunnya. Tak hanya atsiri, daun kemangi juga mengandung sejumlah senyawa penting antara lain: senyawa 1-8 sineol, zat arigin, senyawa anetol, zat flavonoid, boron, stigmasterolnya, eugenol, betakaroten, magnesium, Zat triptofan, dan masih banyak lagi lainnya.

kebun kemangi

kebun kemangi

Kemangi atau dalam bahasa Sunda biasa disebut surawung biasanya ditanam di kebun-kebun, di pagar-pagar, di pinggir-pinggir jalan, di lapangan, dan di huma-huma. Umumnya ditanam sebagai tanaman yang dibudidayakan. Walapun demikian, hasil tumbuhan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Asal kemangi belum diketahui secara pasti. Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl. Perkembangbiakan kemangi dapat dilakukan dengan biji. 

Kandungan Daun Kemangi

Menurut ”Daftar Komposisi Bahan Makanan” Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI, kemangi termasuk sayuran kaya provitamin A. Setiap 100 g daun kemangi terkandung 5.000 SI vitamin A. Kelebihan lainnya, kemangi termasuk sayuran yang banyak mengandung mineral kalsium dan fosfor, yaitu sebanyak 45 dan 75 mg per 100 g daun kemangi.

Khasiat Daun Kemangi

  1. Melawan Radikal Bebas
    khasiat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.
  2. Membantu Pertumbuhan Tulang
    daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang fungsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.
  3. Melancarkan Aliran Darah
    daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.
  4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.
  5. Mengobati Panu;  Caranya cukup mudah. Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.
  6. Menghilangkan Mual dan Flu; caranya cukup mudah, pertama keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.
  7. Meredakan perut kembung;  caranya, ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.

(berbagai sumber)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 4, 2013 in khasiat tumbuhan

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: