RSS

Serabi Solo Yang Yummy, Kita intip yuk cara bikinnya..

19 Apr

Ga tau kenapa, tiba-tiba gue pengen nyoba bikin serabi Solo. Serabi adalah salah satu camilan asal Indonesia yang bahan utamanya tepung beras, santan, dll.
Kalau di daerah Bandung terkenal dengan serabi oncom, di Solo serabi yang terkenal adalah serabi notosuman. Serabi Solo Notosuman diambil dari nama Jalan Notosuman (kini M. Yamin). Perintisnya adalah pasangan Hoo Geng Hok dan Tan Giok Lan yang dulunya (tahun 1923-an) adalah pembuat kue apem.

Awalnya, pasangan tersebut diminta oleh tetangganya untuk membuat kue apem. Lama-kelamaan banyak yang suka. Akhirnya berkembang menjadi pembuat serabi.

serabi solo

Empat Generasi
Serabi Notosuman kini sudah memasuki generasi keempat. Usaha ini diteruskan oleh keturunan pasangan Hoo Geng Hok dan Tan Giok Lan.

Salah satu ciri khas kue serabi Notosuman, adalah tepung beras yang digunakan sebagai bahan utama serabi adalah beras Cendani, semacam beras Cianjur dengan kualitas terbaik dan beras tersebut ditumbuk sendiri. Serabi Notosuman dibuat dari tepung beras, pandan, vanilla, gula, santan kelapa dan garam. Serabi masih menggunakan bahan-bahan tradisional. Itu sebabnya, serabi Notosuman hanya bisa bertahan satu hari karena tidak menggunakan bahan pengawet.

Jika di tempat lain, untuk mengikuti selera pasar banyak membuat serabi dengan rasa yang beraneka ragam seperti rasa nangka, strawberry, pandan, keju, dan sebagainya. Serabi Notosuman hanya memiliki dua rasa, polos dan coklat. Beda serabi polos dengan coklat terletak pada coklat meisis yang ditabur di atas serabi. Dalam pengemasan, serabi Notosuman dibungkus daun kelapa seperti lemper.

Kalau mau membuat sendiri serabi solo yang yummy ini, mari kita intip cara bikinnya :

Bahan
½ sendok teh soda kue
1 butir kuning telur ayam
100 cc air pandan
250 gram gula cair
500 gram tepung beras
600 cc air matang
750 ml santan kental matang
Topping sesuai dengan selera

Cara Membuat

Pertama buat adonan dengan memasukkan tepung beras ke dalam tempat baskom, kemudian masukkan air sedikit demi sedikit, trus aduk hingga mengental.
Setelah adonan tadi selesai masukkan soda kue dan gula cair ke dalamnya, aduk hingga merata, diamkan selama sekitar 45 menit. Campuran bahan-bahan ini adalah adonan utama.
Selanjutnya siapkan cetakan serabinya, dan panaskan cetakan di atas api arang atau kompor, dan jangan lupa olesi permukaan cetakan dengan minyak goreng supaya tidak lengket.
Bila adonan utama telah selesai didiamkan selama 45 menit, berarti adonan utama telah siap untuk digunakan sebagai bahan utama pembuat Serabi.
Masukkan kira-kira 1 sendok sayur besar adonan kue sambil ditekan pada daerah tengahnya agar dapat menghasilkan bagian luar atau pinggiran yang tipis.
Ketika adonan kue sudah setengah matang, tuangkan santan kental matang sebanyak 1 sendok sayur kecil, lalu tutup.
Apabila ingin memberikan topping pada Kue Serabi, buka penutup cetakan, lalu taburkan topping, tutup kembali cetakan. Tunggu hingga matang.
Apabila pada bagian pinggiran kue yang tipis sudah berubah warna menjadi kecoklatan, itu menandakan bahwa Kue Serabi sudah matang.
Keluarkan dari cetakan, sajikan selagi masih hangat.

 

(Berbagai Sumber)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 19, 2014 in resep

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: