RSS

Bikin Es Krim Sendiri

14 Sep

Delicious raspberries ice cream in glass. Shallow depth of fieldPada masa lalu es krim merupakan makanan yang mewah dan hanya dihidangkan pada acara-acara yang spesial. Membuat es krim adalah hal yang sangat merepotkan. Untuk membuat es krim, es didapatkan dari danau atau kolam yang membeku saat musim dingin, kemudian dipotong dan disimpan dalam tumpukan jerami atau lubang di dalam tanah, atau tempat penyimpanan es yang terbuat dari kayu dan diberi jerami. Es disimpan untuk kemudian dipakai saat musim panas.

Saat musim panas es krim kemudian dibuat secara tradisional dengan mengolah adonan ke dalam mangkuk besar yang ditaruh dalam sebuah tube yang diisi dengan campuran es yang telah dihancurkan dan garam, yang membuat adonan es krim itu membeku.

Sejarah kemunculan es krim dipercaya berawal dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero dari Romawi di tahun 64 Masehi yang sudah menikmati “es krim” di zamannya, ia menyantap salju halus bersama campuran buah-buahan dan madu.

– Ada juga yang mengatakan es krim ditemukan oleh bangsa Cina sekitar 700 M. Hidangan dingin ini dijadikan persembahan bagi Kaisar Tang dari Dinasti Shang. Kaisar Tang yang seorang penggemar kuliner meminta para koki istana untuk membuat es krim dari campuran salju.

– Kisah lain menceritakan, es krim datang ketika adanya hubungan dagang antara Cina dan Italia. Marcopolo, sang penjelajah lautan membawa resep es krim ke negaranya. Berbeda dengan resep aslinya, es krim Italia dikombinasikan dengan sirup dan campuran es. Es krim ala Italiano inilah yang kemudian dinikmati oleh Kaum Bangsawan Eropa dan menyebar ke seluruh dunia.

– Di Amerika, es krim baru populer pada abad ke-19, seiiring dengan penemuan mesin pembuat es krim. Sebutan ice cream berasal dari para kolonis Amerika, berasal dari fase iced cram. Namun diperkirakan es krim masuk ke amerika pada awal tahun 1700an. Pada saat itu beberapa buku sudah menampilkan resep es krim secara sederhana. Para ibu rumah tangga yang bosan menyajikan sayur dan buah-buahan untuk para tamu mereka, akhirnya merasa beruntung dengan hadirnya es krim karena ada sajian baru yang dihidangkan. Pada tahun 1790, pabrik es krim pertama dibuka di New York. Selama musim panas pada tahun yang sama, presiden Amerika George Washington mengatakan bahwa ia menghabiskan 200 dollar uang pribadinya untuk memenuhi hasratnya memakan es krim.  Sementara itu isteri Abraham Lincoln, Mary, selalu menyajikan es krim strawberry untuk teman-temannya dari Springfield, Illinois untuk merayakan musim semi.

– Di Indonesia, es krim dibawa oleh orang-orang Belanda. Ice Cream Saloon adalah es krim pertama yang hanya bisa dinikmati di kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang dan Surabaya. Saat itu es krim merupakan barang mewah dan mahal dan  mayoritas hanya orang Belanda saja yang menikmatinya.

Resep es krim pertama dibuat oleh orang Inggris dan Amerika pada awal abad 18. Dipublikasikan untuk pertamakalinya dalam buku resep Mrs. Mary Eales’s Receipts di London pada tahun 1718. Saat itu es krim dibuat dengan tangan di dalam wadah yang besar yang diisi dengan campuran es dan garam. Metode ini disebut dengan “pot-freezer”. Para pembuat permen di Prancis yang pertamakali mengenalkan metode “pot-freezer” ini, mereka membuat es krim di dalam wadah yang disebut “sorbetière” (wadah yang mempunyai tutup dan terdapat pegangan ditutupnya). Dalam metode pot-freezer, untuk mendapatkan temperature yang rendah digunakan potongan es dan garam. Garam berperan menyerap panas yang dan menyebabkan campuran yang ada dalam wadah diatasnya menjadi mecapai titik beku.
Masa berikutnya ditemukan wadah dengan alat pengocok manual menggantikan metode “pot-freezer”, pendingin yang digunakan masih campuran es dan garam. Tidak diketahui penemu alat ini siapa, tetapi telah dipatenkan oleh Nancy Johnson pada 9 September 1843. Alat ini membuat es krim yang dihasilkan lebih lembut dan lebih cepat.
Di Eropa dan Amerika, es krim dibuat dan dijual sebagai usaha kecil, kebanyakan dilakukan oleh pengusaha permen dan kue. Jacob Fussell dari Baltimore, Maryland, Amerika Serikat adalah orang yang pertamakali membuat es krim dalam skala industri. Fussell membeli susu segar dari peternak di York Country, Pennsylvania, dan dijual di Baltimore. Fussel membuat pabrik es krim pertamanya di Seven Valleys, Pennsylvania, pada tahun 1851. Dua tahun kemudian memindahkan pabriknya ke Baltimore. Kemudian membuka pabrik di beberapa kota lainnya.
Pada tahun 1870, peran “rumah es” diganti dengan mesin pendingin. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi mesin pendingin. Untuk pertamakalinya mesin pendingin dibuat oleh Carl von Linde, seorang ahli mesin dari Jerman. Perkembangan teknologi mesin pendingin ini terjadi puncaknya pada tahun 1926, yang diikuti oleh perkembangan produksi masal dari es krim dan telah menginjak pada tingkatan modern.
Di awal abad ke-20, dalam sejarah perkembangan makanan dan minuman, es krim merupakan salah satu makanan yang menunjukkan peningkatan popularitas tertinggi. Gerai es krim semakin banyak dan hampir menyamai jumlah gerai salon dan minuman. Seiring maraknya produksi lemari es dengan harga yang semakin murah, membuat para produsen es krim semakin banyak dan variatif.
Para produsen mempunyai ciri khas dan resep tersendiri. Restoran Howard Johnson’s mempunyai 28 rasa es krim. Baskin-Robbins membuat 31 rasa es krim yang berbeda, dengan slogan “one for every day of the month”, membuat Baskin tercatat sebagai pembuat model es krim terbanyak dengan lebih dari 1000 jenis. Hal penting lainnya pada awal abad ke-20 adalah ditemukannya es krim lembut (soft ice cream). Sebuah tim penelitian kimia di Inggiris, termasuk didalamnya Margaret Thatcher menemukan metode untuk menggandakan kandungan udara dalam es krim. Metode ini membuat es krim menjadi lebih lembut sehingga terciptalah soft ice cream. Dengan metode ini juga memungkinkan pabrik menggunakan lebih sedikit bahan baku yang berimbas pada turunnya biaya produksi. Beberapa perusahaan es krim menggunakan metode ini. Dairy Queen, Carvel, dan Tastee-Freez menjadi pioner dalam pembuatan gerai es krim lembut ini.
Istilah es krim sendiri sering digunakan untuk menunjuk ke makanan penutup (dessert) beku dan makanan ringan, tapi sebenarnya digunakan untuk menunjuk ke makanan penutup beku dan makanan ringan yang terdiri dari lemak susu. Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk dairy seperti krim atau sejenisnya, digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Es krim berbentuk buih setengah beku yang mengandung lemak teremulsi dan udara. Sel-sel udara yang ada berperanan untuk memberikan texture lembut pada es krim tersebut. Tanpa adanya udara, emulsi beku tersebut akan menjadi terlalu dingin dan terlalu berlemak. Bahan utama dari es krim adalah lemak susu, gula, padatan non-lemak dari susu, termasuk laktosa dan air. Sebagai tambahan, pada produk komersil diberi emulsifier, stabiliser, pewarna, dan perasa. Emulsifier biasanya digunakan lesitin, gliserol monostearat atau yang lainnya. Emulsifier ini berguna untuk membangun distribusi struktur lemak dan udara yang menentukan dalam membentuk sifat rasa/tekstur halus dan pelelehan yang baik. Stabilisernya bisa digunakan polisakarida dan ini berfungsi sebagai penambah viskositas. Sedangkan pewarna dan perasa bisanya bervariasi tergantung pada selera pasar. Jika ingin diberi rasa durian diberi perasa durian dan pewarna kuning. Bahan-bahan tersebut dicampur, dipasteurisasikan, dihomogenasikan, dan didinginkan dengan cepat.
Setelah emulsi minyak dalam air tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama, kemudian dilewatkan dalam kamar yang suhunya cukup rendah untuk membekukan sebagian campuran. Pada saat yang sama udara dimasukkan dengan cara dikocok. Tujuan dari pembekuan dan aerasi ini adalah pembentukan buih yang stabil melalui destabilisasi parsial dari emulsi. Pengocokan tanpa pendinginan tidak akan memberikan buih yang stabil.
Jika buih terlalu sedikit produknya akan tampak basah, keras dan sangat dingin, sedangkan jika buihnya terlalu banyak maka produknya akan tampak kering. Sel-sel udara pada es krim ada pada kisaran 100 mikron. Bila sel udaranya terlalu besar, es krimnya akan meleleh dengan cepat. Sedang jika sel udaranya terlalu kecil maka buihnya akan terlalu stabil.
Dilihat dari komposisinya, es krim dibedakan menjadi milk ice, atau es susu adalah produk yang memiliki lemak dalam jumlah rendah atau sekitar 4 persen. Sherbet, memiliki kandungan lemak sekitar 2 persen. Water ice, tak menggunakan lemak susu dan susu skrim melainkan hanya menggunakan jus buah dan gula serta ditambahkan penstabil.
Di pasaran, es krim digolongkan atas kategori economy, good average dan deluxe. Perbedaan utama dari ketiga jenis es krim tersebut terletak pada kandungan lemak susunya. Selain tiga kategori di atas, saat ini di pasaran juga dikenal es krim rendah lemak, yaitu es krim yang direduksi kandungan lemaknya per takaran saji. Reduksi yang dilakukan umumnya sebesar 25 hingga 50 persen dari jumlah normal. Jadi, kandungan lemak dalam es krim rendah lemak hanya sekitar 2-6 persen.
Es krim, kini, dengan mudah bisa ditemukan dimana saja, tapi jika ingin membuat es krim sendiri, ini dia resepnya :
Es Krim Cokelat
Bahan :
– 600 ml krim kental (whipped cream dairy cair)
– 3oo ml susu cair full cream
–  250 gram dark cooking chocolate, cincang kasar
– 175 gram gula pasir
– 30 gram coklat bubuk
– 6 kuning telur
– 1/2 sendok teh essense vanili
Cara Membuat :

  •  Panaskan susu cair dan essense vanili dalam sebuah panci dengan api kecil, kemudian ambil 50 ml susu untuk dicampur dengan coklat bubuk, lalu aduk hingga coklat bubuk larut. Setelah itu tuangkan ke dalam panci susu tadi, masak sambil diaduk-aduk hinnga mendidih, angkat.
  • Kocok kuning telur dan gula pasir dengan mixcer kecepatan tinggu selama 3 menit hingga mengental dan berwarna pucat.
  • Tuang larutan susu-coklat tadi ke dalam kocokan kuning telur yang telah mengetal, kemudian aduk dengan spatula hingga rata, setelah itu masuukan kembali campuran tersebut kedalam panci bekas merebus susu. Panaskan diatas api kecil selama 3-4 menit hingga adonan mengental.
  • Masak krim kental dalam panci dengan api kecil, ketika muncul gelembung-gelembung kecil masukkan dark cooking chocolate cincang. Angakt panci lalu aduk hingga seluruh coklat meleleh dan adonan terlihat licin.
  • Kemudian masukkan adonan susu-telur ke dalam adonan krim-coklat, lalu aduk hingga rata dan biarkan hingga dingin. Setelah itu masukkan adonan ke dalam freezer kira-kira 3 jam, lalu keluarkan dan kock dengan mixer hingga lembut selama 5 menit.
  • Ulangi proses ini hingga 3-4 kali hingga donan menjadi lembut. Setelah itu ice cream di masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga membeku dan ice cream siap untuk dihidangkan.

Resep Es Krim Durian

Bahan-bahan  :

  • 250 ml susu cair
  • 100 gr gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 500 ml santan
  • 150 gr buah durian
  • 250 gr whiped cream
Cara Membuat :
  1. Untuk langkah [ertama Rebuslah susu, gula, garam, dan santan sampai mendidih, lalu aduk, serta angkat, dan dinginkan
  2. Kemudian Kocoklah whipped cream sampai naik, masukkan bersama bahan diatas, lalu aduk hingga rata. Jangan lupoa Tambahkan  daging durian
  3. Taruhlah adonan kedalam wadah, taruh di kulkas setidaknya kurang lebih selama 2-3 jam
  4. Langkah selanjutanya Angkat, kocok hingga halus, taruh kembali kedalam kulkas. Lakukan 2 kali. Lakukan sampai adonan membeku
  5. Pindahkan es krim ke kulkas selama 20 menit
  6. Tempatkan didalam gelas, dan es krim siap dihidangkan

Es Krim Strawberry

Bahan bahannya :

  • 500 ml susu cair
  • 5 butir kuning telur
  • 150 gram gula pasir
  • 300 gram strawberry segar, diblender halus
  • 100 gram whipping cream bubuk (tersedia di swalayan )
  • 1/4 sdt garam halus
  • 2-3 tetes pewarna merah jambu
  • Bahan Cokelat:
  • 30 gram mentega
  • 150 gram dark chocolate

Cara Membuat :

  1. Masak susu dan gula sampai mendidih, angkat, dinginkan. Kocok kuning telur sampai lembut, masukkan whipped cream bubuk, garam sambil dikocok terus. Tuang adonan susu ke dalam telur, masukkan strawberry yang sudah diblender, beri sedikit warna merah, tuang ke dalam mangkuk/cetakan es krim.
  2. Dinginkan dalam freezer selama 2-3 jam sampai membeku sebagian, keluarkan es krim, tuang ke dalam mangkuk besar, kocok dengan mixer sampai halus, masukkan lagi dalam freezer, bekukan sampai seluruhnya beku. Lakukan proses pengocokan dan pembekuan ini sampai 2­3 kali.
  3. Hidangkan es krim strawberry dengan brownies, buah strawberry segar atau buah kaleng lainnya, serta siram dengan cokelat fudge.
  4. Cara membuat cokelat fudge: panaskan air dalam panci sampai mendidih. Masukkan mentega dan dark chocolate batangan yang sudah dipotong-potong ke dalam mangkuk aluminium, letakkan mangkuk aluminium ini di atas panci yang airnya mendidih tadi, masak sampai cokelat mencair dan tercampur rata dengan mentega.

(Berbagai Sumber)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 14, 2014 in Kuliner

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: