RSS

Resep Seblak

23 Nov

Seblak… hmmm mungkin ada yang ngga tau makanan jenis apa seblak itu. Seblak, setau gue adalah camilan yang berasal dari Bandung (ada juga yang bilang berasal dari Garut), dulu, seblak adanya dalam bentuk kering (kerupuk seblak), tapi kini seblak bisa ditemui dalam bentuk basah (seblak basah), beda seblak basah dan kering adalah kalo seblak kering kerupuknya dalam bentuk matang (kering) lalu dibumbui sementara seblak basah kerupuknya dalam keadaan mentah terus direndam/direbus dulu baru dibumbui. Bumbunya sih sama, sama-sama mengandung bumbu utama seblak yaitu cabe merah dan kencur.

Seblak umumnya ditemui dalam keadaan pedas, karna bukan seblak namanya kalau tidak pedas, hehe. Nah, kencur itu sendiri fungsinya adalah untuk menetralisir rasa pedas dalam seblak.

Seblak banyak ditemui di cafe atau resto yang menawarkan menu makanan ini khususnya di kota Bandung. Bahkan seblak juga bisa ditemui dalam bentuk kemasan jadi (instan) seperti mie instan pada umumnya. Tinggal merendam seblak dengan air panas dan mencampur bumbu (yang sudah dikemas), lalu seblak siap dinikmati.

Bahan dasar seblak basah pada mulanya adalah kerupuk, namun kini, seblak basah bisa ditemui dalam bentuk seblak makaroni basah, seblak ceker basah, seblak bakso basah, seblak jamur, dll.

Nah bagi kamu yang ingin mencoba bikin seblak sendiri, ini dia resepnya.

seblak kering

Resep Seblak Kerupuk Kering

  • 2 ons kerupuk bawang
  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • cabe merah tergantung selera jika ingin pedas, cabenya banyak.
  • kencur secukupnya
  • minyak goreng
  • penyedap rasa (jika biasa memakai penyedap rasa, jika tidak juga gapapa)

Cara Membuat

  1. tumbuk halus bawang, cabe, kencur (atau diblender aja biar cepat)
  2. panaskan minyak d atas wajan 2 /3 sendok
  3. tumis bumbu yg sudah ditumbuk
  4. setelah harum masukan kerupuk lalu aduk aduk hingga merata
  5. masukan penyedap rasa secukupnya
  6. setelah kerupuk tercampur dengan bumbu, angkat
  7. seblak kering siap dinikmati

 

Resep Seblak Kerupuk Basah

seblakkerupukBahan dan Bumbu :

  • 2 ons kerupuk bawang (kerupuk ikan)
  • air secukupnya
  • minyak untuk menumis

Haluskan :

  • 2 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ½ ruas jari kencur
  • 6 buah cabe merah
  • garam dan penyedap secukupnya

Cara Membuat.

  1. Didihkan air, masukkan kerupuk, rebus hingga lembek, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Beri sedikit air, tambahkan garam dan penyedap secukupnya, aduk rata.
  3. Masukkan kerupuk yang telah direbus lalu aduk lagi hingga rata. Masak hingga matang, angkat dan sajikan.

 

Untuk bahan makaroni, ceker, bakso, sosis, caranya sama saja, Makaroni, ceker, bakso, sosis dll direbus hingga empuk, lalu dicampur dengan bumbu seblak yang sudah ditumis hingga harum. Seblak bisa dicampur dengan orak-arik telur biar tambah yummy. ^__^

 

Selamat mencoba.

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 23, 2014 in resep

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: