RSS

Bikin Nasi Uduk pakai rice cooker

Dulu, waktu jaman nenek gue (alm) masih ada, bikin nasi uduk ituh alami, pake dandang trus nasinya diaron.. Tapi sekarang, semuanya serba praktis, ga mau repot, dan ingin serba cepat beres, ga masalah juga bikin nasi uduk pake rice cooker hehe… sama sama enak. Ini dia cara bikinnya :

Bahan :

3 cangkir beras, cuci bersih
3 lembar daun salam
2 batang serai
1 sdt garam
1 kotak (200 ml) santan kemasan
air secukupnya

 

Cara Membuat :

1. Masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam wadah rice cooker, masukkan santan kemasan dan air, aduk rata.

2. Masukkan daun salam, serai, garam, aduk rata.

3. Nyalakan rice cooker hingga  ¾ matang, aduk sebentar dan perlahan hingga santan rata lalu tutup kembali.

4. Biarkan nasi matang. Setelah matang, aduk lalu tutup sebentar hingga nasi tanak. Angkat dan sajikan.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 12, 2017 in Tak Berkategori

 

Luis Fonsi ft Daddy Yankee ~ Despacito Accoustic Version ~ Lyrics

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 11, 2017 in Music

 

Jung Dong Ha ~ Journey to you lyrics

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 9, 2017 in Music

 

Resep Oseng Kikil

Bahan :

250 gram kikil
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 cm kunyit
2 biji kemiri
3 cm jahe
2 lembar daun jeruk
2 buah cabe rawit
7 buah cabe merah, iris serong
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya
gula merah secukupnya

gula pasir secukupnya
1 sdm kecap manis
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat :

Rebus kikil hingga cukup lunak

Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, cabe rawit dan merica, kemudian tumis bumbu yg sudah halus, tambah daun jeruk hingga harum.

masukkan kikil ke dalam tumisan bumbu, tambahkan air hingga kikil terendam.

masukkan gula merah, kecap manis, gula pasir dan garam. Aduk, tutup panci, tunggu hingga bumbu meresap. Setelah air mulai menyusut, tambahkan cabai merah.

Setelah beberapa menit, aduk aduk kikil hingga air menguap

kikil siap dihidangkan

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 9, 2017 in resep

 

Jung Dong Ha ~ Far Away Lyrics

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 7, 2017 in Music

 

Manfaat Bubur Ayam

ada yang doyan bubur ayam? Ada ? Ada? bubur ayam enak loh apalagi kalo anget anget terus pedes terus dikasih tambahan sate usus, sate ati ampela, cakwe, telur rebus, seblak ceker, emping, atau minimal kerupuk bawang (kenapa minimal? Maksimalnya apa?!) .. wuidihhh mantep bingit…

Ngomongin soal bubur ayam, ternyata bubur ayam banyak manfaatnya loh… yang pertama tentu saja bikin perut kenyang hehe… dan menjadi asupan yang baik bagi tubuh dengan menjadikan bubur ayam sebagai menu makanan sehat.

Tapii bubur ayam juga bisa menjadi menu yang sehat asal komposisinya seimbang. Ayamnya tidak hanya sesuir atau dua suir asal terasa rasa ayamnya, tetapi sepotong utuh. Juga harus ada kacang dan daun-daunan yang cukup.

Kandungan gizi dalam semangkuk bubur ayam (sumber : situs fatsecret) :

Kalori : 372 kk

Lemak : 12,39 g

Karbohidrat : 36, 12 g (serat : 1,9 g) (gula :0,19 g)

Protein : 27,56 g

Sodium : 584 mg

kalium : 406 mg

Nah, manfaat  lainnya dari semangkung bubur ayam selain bikin kenyang tadi (hehe) adalah sbb :

  • Melancarkan pencernaan. Berbeda dengan nasi yang harus dicerna “lebih keras” dari bubur, pastinya bubur yang lembut bisa mempermudah proses pencernaan. Rutin mengkonsumsi bubur bisa membuat pencernaan kamu terhindar dari resiko gangguan pencernaan.
  • Meningkatkan kesehatan usus. Dengan sering mengkonsumsi bubur ayam, akan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus.
  • Mencegah sembelit.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan energi yang ada dalam makanan ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh
  • Dapat menjaga sistem imunitas tubuh karena bubur mengandung mineral
  • Dapat membantu menstabilkan tingkat gula darah dan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Sebab, kandungan serat dalam bubur memperlambat sistem tubuh dalam menyerap gula dari makanan. Terkendalinya gula darah akan menurunkan risiko terjangkit penyakit ginjal, stroke, dan jantung.
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 6, 2017 in Kuliner

 

Jung Dong Ha ~ There Was No You ~

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 5, 2017 in Music