RSS

Arsip Kategori: resep

Resep Kentang Goreng Krispi

Bahan untuk kentang goreng :

  1. ½ kg Kentang berukuran sedang-besar, kupas kulitnya, kemudian potong-potong memanjang bentuk korek api dengan ketebalan sesuai selera. Kemudian, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Tepung maizena secukupnya
  3. Air untuk merebus kentang hingga terendam
  4. Air dingin (pakai es batu)
  5. Minyak goreng secukupnya
  6. Saus / sambal botol sebagai pelengkap

Bumbu Kentang goreng

  1. 3 Siung Bawang putih, di geprek lalu di cincang
  2. 1 sdt garam

Cara membuat

  1. Rebus air yang cukup banyak (hingga dapat merendam seluruh kentang yang telah dipotong-potong tadi), masukan bawang putih dan garam.
  2. Setelah mendidih rebus kentang sebentar saja.
  3. Angkat kentang yang telah direbus, tiriskan. Langsung masukan ke air es biarkan selama 5 menit, tiriskan lagi.
  4. Gulirkan kentang diatas tepung maizena dan diamkan ( tepung maizena akan menyerap kandungan air dalam kentang)
  5. Goreng kentang setengah matang dengan minyak yang banyak hingga kentang terendam. Angkat dan tiriskan. Biarkan hingga suhunya normal (tidak panas lagi). Simpan sebentar di lemari es (freezer).
  6. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak hingga dapat merendam kentang saat digoreng.
  7. Setelah minyak benar-benar panas, kecilkan apinya, goreng kentang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Kentang goreng siap dihidangkan.
  8. Hidangkan sengan saus/sambal.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 14, 2017 in resep

 

Resep Sukun

Asal Mula Tanaman Sukun

Tanaman sukun telah dimanfaatkan sebagai pangan sejak 40.000 tahun sebelum masehi. Ketika itu, pelayar membawa buah sukun dari australian, papua nugini, dan indo-malay menuju ocenia dan pasifik. Pada 30.000 sebelum masehi, pelayar membawa buah sukun ke pulau solomon. Selama perjalanan ke tahitian pada tahun 1769, kapten james cook diperkenalkan dengan sukun yang kemudian ia bawa ke inggris.

Sir joseph Banks yang berlayar di HMS Endeavour dengan Kapten Cook, mengakui potensi sukun sebagai makanan untuk daerah tropis lainnya. Ia pun mengusulkan kapada Raja George III untuk mengangkut tanaman sukun dari Tahiti ke Karibia yang dikomandani Kapten William bligh. Sukun dianggap sebagi sumber makanan yang sangat baik untuk para budak di afrika di perkebunan di karibia.

Sayangnya, pada perjalanan pertama itu gagal karena semua tanaman sukun yang jumlahnya hingga ratusan itu dilempar ke laut oleh pemberontak yang kecewa karena sebagian persedian air digunakan untuk merawat sukun. Perjalanan kedua pada tahun 1791, akhirnya sukses membawa sukun ke karibian. Kini sukun telah menyebar luas ke berbagai belahan dunia terutama di lingkar tropis.

Kandungan Gizi dalam sukun

buah sukun mengandung karbohidrat, mineral, dan vitamin cukup tinggi. Setiap 100 g buah sukun mengandung karbohidrat 27,12 g, kalsium 17 mg, vitamin C 29 mg, kalium 490 mg, dan energi 108 kalori.
Dibandingkan dengan beras, buah sukun mengandung mineral dan vitamin lebih lengkap, tetapi nilai kalorinya lebih rendah sehingga dapat dikonsumsi sebagai makanan diet. Sebuah penelitian di Hawai baru-baru ini juga membuktikan bahwa sukun memiliki kandungan serat yang tinggi, bahkan sampai 16 kali lipat kandungan serat pada beras atau nasi.
 
Khasiat sukun untuk kesehatan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet atau sedang berusaha menurunkan berat badan, mengkonsumsi sukun merupakan keputusan yang tepat. Kandungan serat yang tinggi pada sukun akan memperlancar pencernaan Anda dan menyembuhkan susah BAB. Kemudian kebutuhan sumber tenaga Anda dapat terpenuhi dari kandungan karbohidrat dan serat yang tidak akan membuat khawatir beresiko lapar, terlebih lagi banyak berbagai komponen yang dikandung sukun sehingga dapat memenuhi keubutuhan gizi pada tubuh Anda. Manfaat penting lain dari sukun apabila dikonsumsi rutin adalah dapat memperhalus dan mempercantik kulit Anda. Kandungan dari asam lemak essensial, yaitu Omega 3 dan Omega 6 hingga vitamin E mampu membantu meregenerasi sel kulit mati yang rusak untuk diganti dengan sel yang baru sehingga kulit terlihat lebih bersinar. Selain mempercantik kulit, Omega 3 dan Omega 6 merupakan nutrisi otak sehingga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak untuk anak-anak. Antioksidan yang dikandung dalam sukun, yaitu flavonoid dapat menghambat penuaan dan mecegah radikal bebas yang dapat meyebabkan berkembangnya sel kanker. Flavonoid juga baik untuk kesehatan jantung dan ginjal. Sukun juga merupakan salah satu sumber mineral kalium. Kalium merupakan salah satu nutrisi yang bagus untuk jantung karena dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan mengatur denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium. Buah sukun juga sangat bermanfaat dalam membantu mengurangi kolesterol karena kandungan seratnya yang tinggi sehingga mencegah penyerapan lemak di usus. Kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh akan turun, sementara kolesterol baik (HDL) dalam tubuh akan meningkat sehingga akan mengurangi tingkat trigliserida, yang menjadi salah satu pemicu serangan jantung.

 

Resep Sukun Goreng
Bahan :
1 buah sukun
100 ml air
minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :
4 butir bawang putih
2 butir bawang merah
1 sdm ketumbar
8 cm kunyit (pewarna kuning makanan)
1 sdm garam

Cara membuat :
-Kupas sukun iris setebal 1 cm lalu cuci sebentar tiriskan.
-Taruh bumbu dalam wadah tambahkan air kemudian masukan sukun aduk sampai rata, lalu biarkan sebentar supaya bumbu meresap.
-Panaskan minyak kemudian goreng sukun sampai matang.

Resep Keripik Sukun

Bahan-bahan keripik sukun :

  • sukun 1 buah, kupas kemudian cuci hingga bersih dan potong serta iris tipis
  • kapur sirih 2 sdt
  • air 2 liter
  • Minyak goreng siapkan secukupnya

Bahan bumbu keripik sukun :

  • garam 1 sdm
  • ketumbar bubuk 1 sdm
  • bawang putih 4 siung, haluskan
  • gula pasir 1 sdt
  • jari kunyit 1 ruas, haluskan

Cara bikin keripik sukun :

  1. Pertama siapkan wadah kemudian campurkan kapur sirih dan air.
  2. Setelah itu masukkan irisan sukun dan rendam sekitar 4 sampai 5 jam.
  3. Angkat dan kemudian cuci hingga bersih lalu tiriskan.
  4. Setelah itu campurkan bumbu yang telah di siapkan kemudian di aduk hingga terampur rata.
  5. lumuri irisan sukun dengan bumbu hingga merata. Biarkan bumbunya meresap selama 15 menit.
  6. goreng sukun di atas minyak panas dalam wajan hingga matang dan warna keripik menjadi kuning agak kecokelatan.
  7. Selesai, angkat kemudian tiriskan dan masukkan dalam wadah. Sajikan

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 8, 2017 in resep

 

Resep Bolu Tape Singkong

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 29, 2016 in resep

 

Resep Seblak

Seblak… hmmm mungkin ada yang ngga tau makanan jenis apa seblak itu. Seblak, setau gue adalah camilan yang berasal dari Bandung (ada juga yang bilang berasal dari Garut), dulu, seblak adanya dalam bentuk kering (kerupuk seblak), tapi kini seblak bisa ditemui dalam bentuk basah (seblak basah), beda seblak basah dan kering adalah kalo seblak kering kerupuknya dalam bentuk matang (kering) lalu dibumbui sementara seblak basah kerupuknya dalam keadaan mentah terus direndam/direbus dulu baru dibumbui. Bumbunya sih sama, sama-sama mengandung bumbu utama seblak yaitu cabe merah dan kencur.

Seblak umumnya ditemui dalam keadaan pedas, karna bukan seblak namanya kalau tidak pedas, hehe. Nah, kencur itu sendiri fungsinya adalah untuk menetralisir rasa pedas dalam seblak.

Seblak banyak ditemui di cafe atau resto yang menawarkan menu makanan ini khususnya di kota Bandung. Bahkan seblak juga bisa ditemui dalam bentuk kemasan jadi (instan) seperti mie instan pada umumnya. Tinggal merendam seblak dengan air panas dan mencampur bumbu (yang sudah dikemas), lalu seblak siap dinikmati.

Bahan dasar seblak basah pada mulanya adalah kerupuk, namun kini, seblak basah bisa ditemui dalam bentuk seblak makaroni basah, seblak ceker basah, seblak bakso basah, seblak jamur, dll.

Nah bagi kamu yang ingin mencoba bikin seblak sendiri, ini dia resepnya.

seblak kering

Resep Seblak Kerupuk Kering

  • 2 ons kerupuk bawang
  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • cabe merah tergantung selera jika ingin pedas, cabenya banyak.
  • kencur secukupnya
  • minyak goreng
  • penyedap rasa (jika biasa memakai penyedap rasa, jika tidak juga gapapa)

Cara Membuat

  1. tumbuk halus bawang, cabe, kencur (atau diblender aja biar cepat)
  2. panaskan minyak d atas wajan 2 /3 sendok
  3. tumis bumbu yg sudah ditumbuk
  4. setelah harum masukan kerupuk lalu aduk aduk hingga merata
  5. masukan penyedap rasa secukupnya
  6. setelah kerupuk tercampur dengan bumbu, angkat
  7. seblak kering siap dinikmati

 

Resep Seblak Kerupuk Basah

seblakkerupukBahan dan Bumbu :

  • 2 ons kerupuk bawang (kerupuk ikan)
  • air secukupnya
  • minyak untuk menumis

Haluskan :

  • 2 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ½ ruas jari kencur
  • 6 buah cabe merah
  • garam dan penyedap secukupnya

Cara Membuat.

  1. Didihkan air, masukkan kerupuk, rebus hingga lembek, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Beri sedikit air, tambahkan garam dan penyedap secukupnya, aduk rata.
  3. Masukkan kerupuk yang telah direbus lalu aduk lagi hingga rata. Masak hingga matang, angkat dan sajikan.

 

Untuk bahan makaroni, ceker, bakso, sosis, caranya sama saja, Makaroni, ceker, bakso, sosis dll direbus hingga empuk, lalu dicampur dengan bumbu seblak yang sudah ditumis hingga harum. Seblak bisa dicampur dengan orak-arik telur biar tambah yummy. ^__^

 

Selamat mencoba.

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 23, 2014 in resep

 

Resep Kue Mochi

kue mochiTidak ada yang tahu dengan pasti dari mana kue mochi berasal. Ada yang bilang  bahwa kue mochi berasal dari China, tapi kue mochi sudah digunakan untuk perayaan tahun baru bagi para bangsawan Jepang selama periode Heian (tahun 794 – 1185).

Pada awal abad ke 10, berbagai jenis mochi digunakan sebagai persembahan kekaisaran pada upacara keagamaan. Catatan dari era tahun 1.070 menyebutkan bahwa kue beras tersebut dikenal dengan nama “mochii.”

Para ahli berdebat tentang teori tentang asal muasal penamaan mochi. Salah satunya menyebutkan bahwa “mochi” berasal dari kata kerja “motsu” yakni ‘untuk menahan atau memiliki’. Hal ini untuk menandakan bahwa mochi adalah makanan yang diberikan kepada para dewa. Selain itu, “mochi” diidentikkan dengan “mochizuki” yang punya arti ‘bulan purnama’ dan “muchimi” yang punya arti ‘lengket’.

Mochi kemudian mulai dikonsumsi oleh masyarakat Jepang pada umumnya, para petani Jepang suka makan mochi pada musim dingin demi meningkatkan stamina mereka. Para samurai juga suka makan mochi. Selain mudah disiapkan, mochi juga mudah dibawa kemana saja, sehingga tidaklah heran kalau para samurai tersebut dibekali mochi kalau pergi berperang, karena, konon suara tumbukan dalam pembuatan mochi menandakan para samurai hendak maju ke medan perang.
Jadi, sudah tradisi bagi orang-orang Jepang memakan mochi.

Namun, kini, di era modern ini, ketika para samurai dan kekaisan periode Heian sudah tidak ada, maka diambillah semacam kebiasaan tentang waktu yang tepat untuk memakan mochi. Dan orang Jepang memilihnya saat  menyambut tahun Baru Masehi yang jatuh pada setiap tanggal 1 Januari. Itulah mengapa demi menyambut tahun baru, banyak orang Jepang melakukan mochitsuki atau membuat kue mochi secara tradisional yang pembuatannya dimulai pada pertengahan Desember hingga akhir bulan Desember.

Cara Tradisional pembuatan mochi oleh orang Jepang adalah dengan menggunakan palu kayu untuk menumbuk beras (beras dan ketan) yang sudah dicampur dengan air dan dikukus. Kemudian adonan mochi yang sudah dikukus tersebut ditempatkan dalam satu wadah batu atau kayu dan ditumbuk dengan memakai palu kayu hingga adonan lembut. Namun kini, ketika teknologi semakin canggih ada alat modern untuk membuat adonan mochi menjadi halus sehingga tidak memelukan kayu palu lagi.

Lalu mengapa mochi juga terkenal di sukabumi?

Mochi terkenal di Sukabumi karena dikenalkan oleh orang-orang Cina yang membawa mochi ke sukabumi pada khususnya dan ke wilayah Indonesia lainnya, pada umumnya.

Salah satu mochi yang cukup terkenal di Sukabumi adalah Mochi Lampion. Mochi Lampion berdiri sejak tahun 1983 dan disebut-sebut sebagai pembuat mochi pertama di Sukabumi. Mochi lampion pada mulanya tidak memiliki cabang, letaknya di jalan Bhayangkara, gang Kaswari. Namun ketika usaha mochi ini kian pesat, maka dibukalah cabang kedua yang berada di mulut gang Kaswari II, tidak jauh dari jalan raya Bhayangkara. Sekitar 2.000 keranjang mochi diproduksi setiap harinya oleh Mochi Lampion. Jumlah ini dapat meningkat dua kali lipat di saat hari libur atau akhir pekan.

Pada mulanya, mochi dikemas dengan isi kacang tanah, namun seiring berjalannya waktu, isi dari mochi mulai bervariasi, seperti isi duren, strawberry, coklat, keju, blueberri dan lain-lain.

Buat yang ingin membuat mochi sendiri, ini dia resep mochi isi kacang tanah :

Bahan Kulit :

  • 150 gram tepung ketan
  • 30 gram tepung beras
  • 60 gram gula pasir
  • 250 ml air
  • 1 sendok makan air kapur sirih
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 1/2 sendok teh vanili
  • pewarna hijau secukupnya (atau tidak usah memakai pewarna, jika ingin mochi warna natural)

Bahan Isi (semua bahan dicampur dan diaduk rata) :

  • 200 gram kacang tanah, sangrai, haluskan
  • 100 gram selai kacang
  • 1 sendok makan susu kental manis
  • 3 sendok makan gula halus

Bahan Pelengkap :

  • 100 gram tepung meizena, sangrai dengan api kecil

Cara Membuat :

  1. Campurkan dan aduk rata semua bahan kulit, kecuali air, yang dituangkan terakhir sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.
  2. Kukus adonan selama 15 menit. Setelah 15 menit keluarkan adonan lalu aduk-aduk selama 2 menit. Kukus lagi adonan hingga benar-benar matang sekitar 20 menit. Angkat dan diamkan adonan sampai hangat kuku.
  3. Ambil sejumput adonan, beri 1 sendok teh bahan isi, bentuk bulat-bulat.
  4. Gulingkan ke atas tepung meizena yang sudah di sangrai. Angkat, atur di wadah saji, hidangkan.

 

(Berbagai Sumber)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 14, 2014 in Kuliner, resep

 

Resep Makaroni Schotel Panggang

makaroni panggang__ Bahan  :
Makaroni 1 bungkus
2 butir bawang bombay, iris halus
100 gram daging asap siap pakai
100 gram daging cincang (atau bisa diganti dengan 1 kaleng corned beef)
500 ml susu cair
kaldu rasa ayam/sapi secukupnya
Merica secukupnya
garam secukupnya
pala bubuk secukupnya
6 butir telur
100 gram keju edam, diparut
keju parut permessan untuk taburan.

Cara Membuat :
1. Rebus Makaroni hingga matang.
2. Tuang makaroni dalam satu wadah, campur dengan irisan bawang bombay, corned beef/daging cincang dan daging asap.
3. Masukkan kaldu rasa ayam/sapi, garam, pala, merica, telur, keju parut dan susu. Aduk rata. Sisakan telur untuk dituang di atas adonan (jika suka).
4. Tuang adonan ke dalam pinggan panas yang sudah diolesi mentega dan diberi taburan terigu. Setelah rata, tuang sisa telur dan keju parut.
5. Panggang hingga matang.
6. Sajikan dengan saos botol.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 23, 2014 in resep

 

Resep Choco Chip Cookies

choco chipBahan :
100 gr butter
100 gr gula halus
225 gr tepung terigu protein rendah
25 gr coklat bubuk
1 butir telur, kocok lepas
1/2 sendok teh vanili
1/2 sendok teh pasta coklat
Sedikit choco chip sebagai hiasan
100 gr dark cooking chocolate, dilelehkan

Cara Membuat
Campurkan butter, gula halus, tepung terigu, coklat bubuk, vanili dan telur, aduk sampai rata
Masukkan pasta coklat, aduk sampai tercampu rata
Diapkan loyang yang sudah diolesidengan margarin, Cetak adonan sesuai selera kemudian beri hiasan choco chip diatasnya
Oven adonan yang sudah dicetak dan diberi hiasan tadi dengan suhu 120 derajat celcius selama 35 menit
Celupkan cookies yang sudah matang setelah dingin kedalam coklat leleh untuk mendapatkan rasa yang extra coklat. Kemudian dinginkan kembali
Simpan dalam wadah atau tempat kue, tutup rapat.

Selamat Mencoba

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 21, 2014 in resep