RSS

Arsip Kategori: resep

My Stories dan resep Tortas de Aceite (Spanish Olive Oil Tortas)

Hanya mau berbagi link hehe… buat yang suka baca cerita fiksi, bisa mampir di mariih.. https://atyrafianti.blogspot.co.id/2017/12/be-with-you-by-arafianti-sebuah-novel.html  ini blog aku yang lain yang khusus menampung tulisan fiksiku…

o, ya yang mau resep tortas de aceite seperti yang ada di cerita, ini dia resepnya

Ingredients :

  1. 1.2 to 2 1/2 cups flour
  2. 1 teaspoon sea salt
  3. 2 teaspoons fennel seeds
  4. scant 1/2 cup spanish olive oil, plus more for the baking sheets.
  5. 2/3 cup warm water.
  6. 3 tablespoons raw sugar, plus extra for sprinkling
  7. 2 teaspoons active dry or instant yeast
  8. confetioners sugar, for dusting.
  9. All purpose flour, for the work surface
  10. 1 large egg white, beaten.

Directions :

  1. Preheat the oven to 230 celcius degree
  2. Mix 1 1/2 cups flours, salt and fennel seeds in a bowl. Set aside. Pour the olive oil into a measuring cup or another bowl with the water, then add the sugar and yeast and mix well. Set aside for a few minutes for the yeast to become frothy.
  3. Make a well ini the center of the flour mixture and slowly pour in the yeast mixture, using a fork to gradually mix in the flour. When everything starts to come together, use your hands to mix it into a lovely, smooth dough. If the dough is sticky, add some or all of the remaining flour, a little at a time, until a smooth dough forms.
  4. Lightly oil 2 large baking sheets, then dust them with confectioners’ sugar. Lightly flour a clean work surface and a rolling pin with all-purpose flour. Divide your dough into 12 equal-size pieces and shape each one into a ball, then roll out each balll until it’s almost translucent and about 4 incehes in diameter. Place each torta on a baking sheet and lightly brush with some beaten egg white. Dust the biscuits lightly with confectioners’s sugar and then scatter a little raw sugar.
  5. Bake for 6 to 12 minutes, or until golden and crisp. Watch the tortas closely as they can burn in seconds. Immediately transfer the tortas to wire racks to cool.

 

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 16, 2017 in resep

 

Resep sayur daun singkong kuah pedas

 

Bahan :

300 gr daun singkong muda yang sudah terpisah dengan tangkainya
1 liter santan kelapa
2 cm lengkuas
2 lembar daun salam
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
penyedap rasa secukupnya
minyak untuk menumis secukupnya

 

 

Bumbu yang dihaluskan :

2 buah cabe merah besar
20 buah cabe rawit hijau atau sesuai selera
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 butir kemiri sangrai
1/2 sendok teh ketumbar bubuk

Cara Membuat  :

Cuci daun singkong muda dengan air sampai benar-benar bersih, tiriskan
Tumis bumbu yang dihaluskan dengan sedikit minyak sampai harum
Masukkan daun salam dan lengkuas, aduk sampai layu
Tuang santan kedalam bumbu yang ditumis, diamkan sampai mendidih sambil diaduk-aduk
Masukkan daun singkong kedalam bumbu dan biarkan sampai matang dan empuk
Tambahkan gula pasir, garam dan penyedap rasa, aduk sampai tercampur rata dan matang

angkat, sayur daun singkong kuah pedas siap dihidangkan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 15, 2017 in resep

 

Resep Oseng Kikil

Bahan :

250 gram kikil
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 cm kunyit
2 biji kemiri
3 cm jahe
2 lembar daun jeruk
2 buah cabe rawit
7 buah cabe merah, iris serong
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya
gula merah secukupnya

gula pasir secukupnya
1 sdm kecap manis
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat :

Rebus kikil hingga cukup lunak

Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, cabe rawit dan merica, kemudian tumis bumbu yg sudah halus, tambah daun jeruk hingga harum.

masukkan kikil ke dalam tumisan bumbu, tambahkan air hingga kikil terendam.

masukkan gula merah, kecap manis, gula pasir dan garam. Aduk, tutup panci, tunggu hingga bumbu meresap. Setelah air mulai menyusut, tambahkan cabai merah.

Setelah beberapa menit, aduk aduk kikil hingga air menguap

kikil siap dihidangkan

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 9, 2017 in resep

 

Resep Sate Taichan

Sate taichan mulai dikenal di Jakarta pada tahun 2016. Pedagang sate di daerah Senayan, Jakarta Pusat yang bernama Pak Amir menjadi pelopor dalam mempopulerkan sate taichan. (Sumber : Kompas), Pak Amir sendiri tadinya berjualan sate ayam biasa yang berbumbu kacang, tapi karena permintaan sate taichan meningkat, ia kini berjualan sate taichan.

“Pertamanya ada pasangan yang laki-laki orang Jepang yang perempuan orang kita (Indonesia), masih ingat saya nama perempuannya, Inet. Laki-lakinya itu mau bikin sate sendiri. Dia kasih garam ke dagingnya sama jeruk (nipis) dan sambal. Terus saya tanya ‘Ini sate apa namanya?’ kata orangnya ‘taichan’!” cerita Pak Amir.

Dari orang Jepang itulah sate taichan bermula. Hingga kini, sate Taichan semakin dikenal kalangan luas bukan saja di Jakarta tapi juga di beberapa kota lainnya di Indonesia. Bahkan dari beberapa video blog di youtube dimana orang luar Indonesia (Korea) suka juga makan sate taichan dan bikin challange pedes-pedesan makan sate taichan heuheu…

Berbeda dengan sate lainnya yang berbumbu kacang, sate taichan bumbunya berupa sambal cabe gitu. Itulah uniknya sate taichan pedas dan asam. Rasa asam karena sebelum dibakar, bahan ayamnya diberi perasan jeruk terlebih dahulu. Bisa jeruk limo, jeruk nipis, jeruk purut atau jeruk kesturi (aku doyan banget nih, enak untuk campuran kwitiaw rebus hehe)

Buat yang mau bikin sendiri, ini dia resep sate taichan :

Bahan untuk sate :

4 buah jeruk nipis

500 gram dada ayam dipotong kotak

garam secukupnya

bawang putih yang sudah dihaluskan kurang lebih 3 siung

ketumbar 1 sdt

merica 1 sdt

penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat sate :

  1. Lumuri ayam dengan perasan air jeruk, masukkan garam, merica, ketumbar dan penyedap rasa ke dalam ayam.
  2. Diamkan ayam selama kurang lebih 20 menit biar bumbu meresap.
  3. Tusuk daging ayam dengan tusuk sate.
  4. Bakar ayam hingga matang dengan api sedang. Bolak balik sate ayamnya agar matangnya merata dan tidak gosong sebagian.
  5. Setelah sate matang angkat dan sisihkan

Bahan untuk sambal sate ayam taichan :

8 siung bawang merah

4 siuang bawang putih

8 buah cabe rawit atau sesuai selera (kalo aku ga suka pedas, jadi cabe rawitnya 4 aja LOL)

1/2 sdt lada bubuk

gula pasir secukupnya

garam secukupnya

air matang secukupnya

Cara Membuat sambal sate taichan :

blender atau ulek semua bahan yang ada sampai halus. Sisihkan.

 

Cara penyajian :

  1. Tata sate taichan dalam piring.
  2. Masukkan sambal sate taichan dalam mangkuk.
  3. Sate ayam taichan siap disantap dengan bumbu sambalnya.
  4. Sate ayam taichan enak dinikmati dengan lontong. Atau kalaupun tidak, dimakan langsung juga tidak apa apa.
  5. Selamat mencoba

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 3, 2017 in resep

 

Resep Tempe Goreng Bumbu Kuning

Selain untuk lauk nasi, tempe goreng terkadang enak juga untuk camilan, yang mau bikin camilan tempe goreng yuk kita liat resepnya :

 

 

 

 

 

 

Bahan :

1 papan tempe, potong sesuai selera
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
400 cc air dan garam secukupnya

Bumbu halus :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 ruas kunyit
2 ruas lengkuas/laos muda
1 batang sereh
3 sdm ketumbar

Cara membuatnya :

1.  Rebus air hingga mendidih, masukkan tempenya.

2. Tambahkan bumbu halus dan bahan lainnya. Ungkep hingga air nya habis.

3. Goreng tempe dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 27, 2017 in resep

 

Resep Kue Bantal

Selamat pagiii.. karena pagi inih aku mau bikin kue bantal… ga ada salahnya berbagi resepnya dimariih… hepi cooking time ^___^

Bahan :

  • 500 gr tepung terigu
  • 2 btr telur
  • 1 1/2 sdt ragi
  • 300 ml air hangat
  • 300 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :

  1. Kocok telur hingga menggembang, sisihkan.
  2. Siapkan air hangat dalam mangkok besar,lalu masukan terigu, ragi, gula pasir dan garam aduk hingga tercampur rata dan jangan sampai tepungnya menggumpal. Tambahkan kocokan telur, uleni adonan hingga kalis.
  3. Diamkan adonan selama 1 jam di tempat yang hangat, supaya ragi bekerja dan bahan mengembang.
  4. Bentuk adonan (biasanya bentuknya kotak). Lakukan hingga adonan habis.
  5. Goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan. Angkat
  6. Sajikan.

O ya ngomong ngomong soal kue bantal, di Oman Selatan, ada juga camilan khas yang mirip kue bantal seperti yang ada di Indonesia, namanya mugasgas. Tapi berbeda dengan kue bantal, mugasgas resepnya dikasih kapulaga dan setelah matang disajikan dengan madu, taburan gula bubuk dan taburan kacang pistachio (kacang pistachio sangat baik untuk kesehatan jantung karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah). Bentuk mugasgas umumnya berbentuk segitiga.

Buat yang ingin mencoba kue mugasgas, ini dia resepnya :

Bahan-bahan

-1/2 sdt ragi instan
-1/2 sdt gula pasir
-2 sdm air hangat
-18 sdm tepung terigu
-2 1/2 sdt gula halus
-1/2 sdt baking powder
-1/2 sdt kapulaga bubuk
– garam secukupnya
-2 sdm susu bubuk
-1/4 cangkir air hangat
-Minyak untuk menggoreng

Cara membuat

1. Masukkan ragi instan, gula pasir dan air hangat dalam suatu wadah. Aduk dan diamkan selama 10 menit hingga berbusa.

2. Di mangkuk lain: masukkan tepung terigu, gula halus, baking powder, kapulaga dan garam. Aduk rata lalu masukkan susu serta campuran ragi dan gula tadi. Aduk kembali hingga rata.

3. Tuangkan air sedikit demi sedikit hingga konsistensi adonan menjadi tidak lengket. Uleni adonan dan bentuk bola. Letakkan di dalam mangkuk dan tutupi menggunakan plastik. Diamkan di dalam ruangan hangat selama 1 jam hingga mengembang.

4. Setelah adonan mengembang, bentuk adonan dengan bentuk segitiga.

5. Panaskan minyak di dalam wajan dan goreng roti hingga matang dan berubah warna menjadi cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Selamat Mencoba

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 26, 2017 in resep

 

Resep Kentang Goreng Krispi

Bahan untuk kentang goreng :

  1. ½ kg Kentang berukuran sedang-besar, kupas kulitnya, kemudian potong-potong memanjang bentuk korek api dengan ketebalan sesuai selera. Kemudian, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Tepung maizena secukupnya
  3. Air untuk merebus kentang hingga terendam
  4. Air dingin (pakai es batu)
  5. Minyak goreng secukupnya
  6. Saus / sambal botol sebagai pelengkap

Bumbu Kentang goreng

  1. 3 Siung Bawang putih, di geprek lalu di cincang
  2. 1 sdt garam

Cara membuat

  1. Rebus air yang cukup banyak (hingga dapat merendam seluruh kentang yang telah dipotong-potong tadi), masukan bawang putih dan garam.
  2. Setelah mendidih rebus kentang sebentar saja.
  3. Angkat kentang yang telah direbus, tiriskan. Langsung masukan ke air es biarkan selama 5 menit, tiriskan lagi.
  4. Gulirkan kentang diatas tepung maizena dan diamkan ( tepung maizena akan menyerap kandungan air dalam kentang)
  5. Goreng kentang setengah matang dengan minyak yang banyak hingga kentang terendam. Angkat dan tiriskan. Biarkan hingga suhunya normal (tidak panas lagi). Simpan sebentar di lemari es (freezer).
  6. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak hingga dapat merendam kentang saat digoreng.
  7. Setelah minyak benar-benar panas, kecilkan apinya, goreng kentang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Kentang goreng siap dihidangkan.
  8. Hidangkan sengan saus/sambal.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 14, 2017 in resep