RSS

Aneka Resep Soto

25 Jan

Hm… musim ujan gene kayaknya enak makan yang anget2 neh…. dan salah satu makanan yang yummy untuk kita makan di musim ujan ini adalah soto…. Kenapa soto? Ya ga tau juga kenapa soto, hehehe….. lagi pengen ngomongin soto ajah…. Kalo kamu males masak soto, pastinya kamu tinggal beli yang udah jadi, tapi kalo kamu punya waktu untuk masak soto, berikut gue punya beberapa resep soto dari berbagai daerah di Indonesia… marriiii kita liat

SOTO BANDUNG

*Bahan* :

250 gram daging sapi

150 gram lobak, iris tipis

50 gram kacang kedelai goreng

*Bahan untuk bumbu* :

2 lembar daun salam

½ ruas lengkuas

½ sendok teh merica bubuk

1 sendok teh garam

2 sendok teh makan bawang goreng

1 sendok makan bawang putih goreng

Kecap

Jeruk Nipis

*Untuk sambal* :

10 buah cabe rawit, direbus

1 sendok makan air

½ sendok makan teh cuka

Garam secukupnya

*Cara Masak* :

Rebus daging dengan 2 liter air, campurkan juga daun salam, lengkuas, biarkan daging sampe lunak. Angkat daging, potong  bentuk dadu, lalu masukkan lagi ke dalam air kaldu. Tambahkan garam, merica dan bawang putih goreng. Didihkan lagi air kaldu, masukkan irisan lobak, lalu masak sampe mateng.

*Cara Saji* :

Hidangkan dalam mangkok, soto yang sudah jadi, beri irisan daun bawang, seledri, kacang kedelai goreng, sambal, kecap dan jeruk nipis. Hidangkan selagi hangat.

~~~

SOTO KUDUS

*Bahan* :

1 ekor ayam kampung

100 gram tauge, dibuang akarnya dan dicuci bersih

2 batang  batang daun seledri, diiris halus

2 batang daun bawang, diiris halus

5 butir bawang merah

10 siung bawang putih

50 gram bawang goreng

5 buah kemiri

4 cm jahe (kalo males ngukur, gapapa, ga usah diukur, jadi jahenya secukupnya ajah)

2 lembar daun salam

4 cm lengkuas/laos dimemarkan

1 sendok teh bumbu penyedap

1 jeruk nipis, diambil airnya

Garam dan merica secukupnya

*Cara Masak* :

Siapkan air di dalam panci besar. Masukkan ayam kampung, daun salam dan lengkuas ke dalam panci, rebus sampe matang dan empuk.

Angkat ayam yang sudah empuk, tiriskan. Suwir2 daging ayam, sisihkan.

Pisahkan kaldu ayam sebanyak 2 liter, jika kurang, tambahkan air matang. Cincang kasar bawang merah dan bawang putih. Haluskan kemiri, sementara jahe dimemarkan dan dibakar sebentar.

Panaskan 2 sendok makan minyak, lalu tumis bawang merah, bawang putih, kemiri dan jahe sampe harum. Masukkan tumisan bumbu ke dalam kaldu ayam yang sudah dipisahkan. Tambahkan bumbu penyedap, garam dan merica  dan didihkan di atas api sedang. Setelah mendidih, angkat.

*Cara saji* :

Siapkan mangkuk, masukkan suwiran daging ayam, tauge, bawang merah, daun bawang, daun seledri, dan perasan jeruk nipis.

Terakhir, tuang kaldunya. Hidangkan selagi panas dengan sambal kecap.*

  • * Sambal kecap : campuran kecap, irisan cabe rawit dan irisan bawang merah, dicampur jadi satu

Untuk 4 – 6 orang

~~~

SOTO BETAWI

*Bahan* :

Daging sapi ½ kg

Tomat segar 2 buah, iris sesuai selera

Telur rebus 3 buah, iris sesuai selera

Jeruk nipis secukupnya (atau kurang lebih 3 buah)

Kentang 3 buah (dikukus, iris)

Bawang merah goreng secukupnya

Daun bawang  1 batang, iris ½ cm

Santan dari ½ butir kelapa

Lengkuas 1 ruas

Sereh 1 batang

Daun jeruk 3 lembar

Garam, gula pasir secukupnya

*Bumbu Yang dihaluskan* :

Bawang merah 5 buah

Bawang putih 3 siung

Kemiri 5 buah

Kunyit 1 cm

Jahe 1 cm

*Cara Masak* :

Rebus daging sapi dalam 2 liter air sampe empuk. Lalu potong-potong daging sesuai selera. Tumis bumbu halus sampe harum, masukkan potongan daging, aduk rata, tambahkan sereh, lengkuas, daun jeruk, garam dan gula. Masukkan ke dalam air kaldu, lalu tambahkan santan, aduk2 sesekali, masak sampai daging empuk dan bumbu tercampur rata.

*Cara saji* :

Taruh irisan kentang rebus, irisan telur rebus, irisan tomat, irisian daging. Beri kuah, lalu taburi bawang daun dan bawang goreng. Sajikan selagi hangat dengan irisan jeruk nipis.

~~~

SOTO MADURA (soto sulung)

*Bahan* :

300 gram daging sapi

400 gram jeroan (babat, usus, hati rempela), rebus, potong2

2 batang serai, ambil bagian yang putih, memarkan

4 lembar daun jeruk

2 sendok makan udang, kupas, tumis, haluskan

Garam secukupnya

*Bumbu yang dihaluskan* :

5 butir bawang merah

4 siung bawang putih

2 kemiri, sangrai

2 cm jahe, memarkan

1 sendok teh merica

2 sendok teh gula pasir

2 cm kunyit, bakar

*Sambal* :

Haluskan 10 buah cabe rawit rebus

Garam secukupnya

1 sendok makan air jeruk nipis

*Pelengkap* :

Jeruk nipis

Kerupuk udang

2 batang daun bawang, iris tipis

2 batang daun seledri, iris tipis

Bawang goreng secukupnya

*Cara Masak* :

  1. Rebus daging dan jeroan sampe matang. Angkat daging dan jeroan, potong sesuai selera
  2. Masukkan potongan daging dan jeroan ke dalam air kaldu
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang dihaluskan bersama serai, daun jeruk, garam dan jahe sampe harum.
  4. Masukkan bumbu yang sudah ditumis dan gerusan udang ke dalam air kaldu, masak dengan api kecil sampe matang
  5. Tambah garam jika kurang asin

*Cara Saji* :

Sajikan soto dengan ditaburi daun bawang, bawang goreng dan seledri. Lengkapi dengan perasan jeruk nipis, sambal dan kerupuk udang. Hidangkan selagi  panas.

Untuk 8 porsi.

  • Note : kalo ada soto sulung, harusnya kan ada soto bungsu… hihihi….

~~~

SOTO PADANG

*Bahan* :

600 gram daging sapi

2 buah cengkeh

2 buah kapulaga

1 liter air

Minyak untuk menggoreng

*Bumbu Perebus Daging* :

2 siung bawang putih

1 sendok teh ketumbar

1 sendok teh garam

*Bumbu yang dihaluskan* :

8 butir  bawang merah

5 siung bawang putih

3 cm kunyit

2 cm lengkuas

2 batang sereh, ambil bagian putihnya, memarkan

4 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

Garam dan merica secukupnya

*Cara Masak* :

  1. Rebus daging dalam bumbu perebus daging sampai empuk. Angkat , potong tipis, dan goreng sampe renyah.
  2. Tumis  bumbu yang dihaluskan hingga harum
  3. Masukkan bumbu ke dalam kaldu
  4. Tambahkan cengkeh, kapulaga, daun jeruk, daun salam, sereh, garam dan merica.
  5. Masukkan daging kembali ke dalam kaldu dan didihkan.
  6. Angkat

*Cara saji* :

Sajikan soto dengan pelengkapnya, terdiri dari :

50 gram soun

Perkedel kentang

Irisan daun bawang

Jeruk nipis

Kerupuk merah

Sambal goreng

~~~

SOTO SOLO

*Bahan* :

Daging sandung lamur ¼ kg (note: daging sandung lamur adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian dada bawah, biasanya agak berlemak in english call as brisket)

Daging  empuk (misal bagian kisi) ¼ kg

*Bumbu* :

Bawang putih 10 sampe 15 siung, dihaluskan

Bawang merah 10 siung dihaluskan

Ketumbar 1 sendok teh ajah

Merica ½ sendok teh

Garam secukupnya

Daun salam sekitar 5 lembar

Laos seukuran ibu jari

Kecap manis

Gula pasir secukupnya

Bawang daun 3 batang, diiris, ga usah terlalu halus

Belimbing sayur 5 buah, iris serong

*Cara Masak* :

  1. Daging direbus sampe matang, tapi ga usah terlalu empuk, potong persegi kira-kira 1 x 1 cm, masukkan kembali ke dalam air kaldu.
  2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng sampe harum.
  3. Masukkan tumisan bumbu ke dalam air kaldu, tambahkan daun salam, laos, kecap, dan gula pasir.
  4. Rebus kembali daging dan bumbu dengan api kecil, agar daging lunak dan bumbu meresap.
  5. Bila belum empuk, bisa ditambahkan air sampe empuk
  6. Cicipi rasanya, kalo kurang garam, tambahkan, kalo kurang banyak, belanja lagi, hehe, ups
  7. Masukkan irisian daun bawang dan belimbing sayur (atau dikenal juga dengan nama belimbing wuluh, di rumah gue banyak banget tuh, hehe, siapa yang mau)

*Cara saji* :

-          Hidangkan soto dengan  pelengkapnya, yang  terdiri dari : sambal, tempe goreng atau perkedel goreng, tauge yang sudah diseduh sebentar dengan air panas, seledri (daunnya aja, batangnya ga usah), bawang merah goreng, kerupuk (yang biasa aja, bukan kerupuk udang, tapi kalo doyan kerupuk udang, gapapa, pake aja kerupuk udang) plus sambal.

*Cara bikin sambal* :  15 buah cabe rawit, 1 siung bawang putih dan 1 buah kemiri, haluskan dan rebus dengan sedikit air,  tambahkan garam.

~~~

SOTO PEKALONGAN

*Bahan* :

1 kg daging sapi sandung lamur

1 ½ liter air

2 lembar daun salam

1 cm lengkuas, memarkan

50 gram tauco

*Bumbu yang dihaluskan* :

8 butir  bawang merah

3 siung bawang putih

5 buah cabe merah, dibuang bijinya

½ sendok teh merica bubuk

1 sendok teh garam

*Pelengkap* :

-          5 buah ketupat, dipotong-potong

-          100 gram soun/bakmi kering yang direndam dalam air panas sampe lunak, kemudian ditiriskan lalu digoreng sampe mengembang

-          10 batang daun kucai, potong sesuai selera

-          3 sendok makan bawang merah goreng

*Sambal cabe rawit* :

20 buah cabe rawit

1 sendok teh garam

1 sendok teh cuka

Air secukupnya

*Cara bikin sambal* : rebus cabe rawit sebentar, tiriskan. Haluskan rebusan cabe, tambahkan garam dan cuka dan air matang, aduk rata.

*Cara Masak* :

  1. Didihkan air, masukkan daging sapi, daun salam, lengkuas, pala bubuk, rebus sampe daging empuk. Angkat.
  2. Daging dipotong dadu, masukkan kembali ke dalam air kaldu, tambahkan air secukupnya ke dalam air kaldu
  3. Tumis bumbu yang dihaluskan sampe harum, masukkan tauco, aduk rata.
  4. Masukkan bumbu yang dihaluskan dan tauco ke dalam air kaldu
  5. Aduk rata, masak dengan api kecil agar bumbu meresap, jika perlu tambahkan air lagi

*Cara Saji* :

  1. Taruh ketupat dalam mangkuk saji, tuangi dengan kuah soto dan isinya.
  2. Taburi soun/mi goreng ke dalam ketupat dan soto
  3. Taburi juga daun kucai dan bawang goreng
  4. Hidangkan selagi panas/hangat

~~~

RUJAK SOTO BANYUWANGI

*Bahan* :

1 buah tahu putih besar, goreng, potong2 sesuai selera

150 gram tempe goreng, potong-potong

75 gram kangkung , potong-potong, rebus

100 gram tauge, rebus

250 gram cingur sapi, rebus, potong2

1 buah mentimun, potong-potong

Nasi atau lontong secukupnya

*Bumbu (rujak) yang dihaluskan* :

3 buah cabai merah

4 buah cabai rawit

1 buah pisang batu, potong2

75 gram kacang tanah goreng

75 gram gula merah

2 sendok teh garam

3 sendok makan petis

5 sendok makan air asam jawa

*Kuah Soto* :

150 gram babat rebus, potong-potong

150 gram  usus sapi besar rebus, potong-potong

200 gram tetelan sapi, rebus, potong-potong

1500 ml air

2 batang serai, memarkan

3 lembar daun jeruk, potong-potong

1 sendok makan garam

1 sendok makan gula pasir

2 batang daun bawang, potong-potong

3 sendok makan minyak untuk menumis

*Bumbu yang dihaluskan* :

8 buah bawang merah

4 siung bawang putih

3 cm kunyit bakar

4 buah kemiri, sangrai

2 cm jahe

1 sendok teh lada

1 sendok teh ketumbar

*Cara Masak* :

  1. Buat kuah soto : rebus babat, usus  sampe lunak, angkat, sisihkan, ukur air kaldunya 1000 ml
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan , masukkan serai, daun jeruk sampe matang dan harum.
  3. Tuang bumbu yang dihaluskan ke dalam air kaldu, tambahkan babat dan usus, rebus lagi sampe lunak, tambahkan tahu, tempe, kangkung, taoge, cingur, mentimun, aduk rata.

*Cara Saji*

Sajikan nasi panas atau lontong yang sudah dipotong-potong , tambahkan bumbu rujak, siram dengan kuah soto.

Beri bawang goreng secukupnya, kecap secukupnya, dan nikmati selagi hangat dengan kerupuk yang renyah.

~~~

SOTO MALANG

*Bahan* :

1 ekor ayam, potong-potong

3 liter air untuk merebus ayam

½ kg kentang, iris tipis, goreng renyah

1 butir kelapa, parut, sangrai, lalu tumbuk halus

2 bungkus soun, rendam

100 gram tauge

10 buah  bawang merah, iris lalu goreng

5 siung bawang putih, iris lalu goreng

2 batang daun bawang, potong2

1 sendok teh garam.

*Bumbu yang dihaluskan* :

Sangrai dan haluskan :

10 buah bawang merah

5 buah kemiri

5 siung bawang putih

3 cm kunyit

1 sendok makan ketumbar

½ sendok teh merica

*Memarkan* :

3 cm lengkuas

3 cm jahe

3 lembar daun jeruk

2 batang serai

*Cara Masak* :

  1. Rebus ayam sampe matang , angkat, tiriskan
  2. Goreng ayam hingga kecoklatan, lalu suwir-suwir
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan bumbu yang sudah dimemarkan sampe matang dan harum
  4. Masukkan bumbu ke dalam air kaldu, tambahkan penyedap dan garam

*Cara Saji* :

Taruh tauge, irisan kentang, soun, ayam suwir, daun bawang dan bawang merah goreng ke dalam mangkuk,  tambahkan bawang putih goreng dan kelapa sangrai lalu siram dengan kuah soto yang panas. Hidangkan selagi hangat

Untuk : 5 orang

~~~

SOTO  AMBENGAN  SURABAYA

*Bahan*

1 ekor ayam

2 batang serai, memarkan

4 lembar  daun jeruk purut

1,5 liter air

2 sendok teh garam

50 gram udang, goreng, haluskan

2 siung bawang merah, haluskan

*Bumbu yang dihaluskan* :

6 siung bawang putih

2 cm kunyit

½ sendok teh lengkuas  bubuk

1 cm jahe

2 sendok teh merica bubuk

1 cm jahe

5 butir kemiri sangrai

*Pelengkap* :

200 gram soun, seduh dengan air panas/mendidih, tiriskan

3 batang daun bawang

3 batang daun seledri

5 butir telur, rebus, potong2 sesuai selera

Bawang goreng secukupnya

Jeruk nipis

Sambal cabe rawit

Kecap manis sesuai selera

*Cara membuat sambal cabe rawit* :

Haluskan dan campur :

15 cabe rawit, rebus

Garam secukupnya

Bumbu penyedap secukupnya

Air secukupnya

*Cara Masak* :

  1. Ayam direbus  bersama dengan serai, daun jeruk, dan garam hingga lunak.
  2. Tiriskan ayam, lalu goreng hingga kecoklatan, suwir-suwir
  3. Tumis bumbu  yang dihaluskan sampe harum, lalu masukkan ke dalam kaldu
  4. Tumis bawang merah halus sebentar, lalu campur dengan udang  sampe  harum, masukkan ke dalam kuah

*Cara saji* :

Taruh daging ayam, soun, daun bawang, daun seledri, soun, irisan telur ke dalam mangkuk. Siram dengan kuah soto, beri perasaan jeruk nipis , taburi dengan bawang goreng.

~~~

SOTO MIE BOGOR

*Bahan* :

¼ kg daging sapi

1 liter air untuk merebus

2 buah lobak potong dadu

2 sendok makan minyak goreng

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk purut

1 batang serai memarkan

1 blok kaldu instant rasa sapi

*Bumbu yang dihaluskan* :

5 butir bawang merah

2 siung bawang putih

1 sendok teh merica butiran

1 cm kunyit bakar

1 cm jahe

1 sendok teh garam

1 sendok teh gula pasir

*Pelengkap* :

-          Mie kuning

-          Kol iris halus

-          Tomat (potong dadu)

-          Seledri

-          Jeruk limau

-          Sambal rawit cuka

-          Risol

*Cara Masak* :

Rebus daging sapi hingga empuk, tambahkan lobak.

Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, tambahkan daun salam, daun jeruk dan serai.

Masukkan tumisan ke dalam air kaldu, tambahkan kaldu blok kalau suka

*Cara Saji* :

Taruh mie, kol, tomat dan risol dalam mangkuk, tuang dengan kuah soto dan isinya.

*Cara bikin risol*:

Ambil kulit risol, letakkan bihun yang sudah ditumis dan dibumbui. Gulung, goreng hingga kering.

~~~

SOTO LAMONGAN

*Bahan* :

1 ekor ayam ukuran sedang, potong jad dua atau empat bagian

Lumuri  ayam dengan air jeruk nipis dan garam secukupnya

1 liter air untuk merebus ayam

3 ruas jari lengkuas, memarkan

2 ruas jahe, memarkan

3 sendok makan margarine untuk menumis bumbu

*Bumbu yang dihaluskan* :

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

5 buah kemiri, sangrai

1 sendok teh ketumbar, sangrai

2 ruas jari kunyit

*Bumbu Lain* :

½ sendok teh cengkeh bubuk

Merica bubuk

Garam secukupnya

Daun seledri secukupnya

*Bahan isi* :

100 gram soun, rendam atau masak sesuai petunjuk kemasan

Irisan daun kol

4 butir telur rebus, iris

*Pelengkap* :

Bawang goreng

Sambal soto

Irisan jeruk nipis

*Cara Masak*:

Rebus ayam dengan bumbunya hingga empuk di atas api sedang, angkat ayam, suwir2, jadikan kaldu menjadi 1 liter air (tambah kaldu dengan air matang kalau perlu).

Tumis bumbu yang dihalusan dengan memakai margarine sampai harum, tuang ke dalam kaldu, tambahkan irisan seledri, beri bubuk cengkeh, merica,dan garam sesuai selera.

Didihkan.

*Cara saji*

Siapkan mangkuk, taruh soun, irisan kol dan irisan tomat dalam mangkuk, taruh suwiran ayam dan irisan telur rebus, tuang dengan air kaldu, beri taburan bawang goreng, sambal soto dan perasan air jeruk nipis. Hidangkan selagi hangat.

~~~

SOTO ACEH

*Bahan* :

500 gram daging sapi, dipotong dadu

750 ml santan dari 1 butir kelapa

2 buah tomat, iris tipis

2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan

4 lembar daun salam

2 batang seledri, diiris halus

2 buah jeruk nipis, diperas, diambil airnya

2 sendok makan bawang goreng untuk taburan

3 sendok makan minyak untuk menumis

*Bumbu yang dihaluskan* :

1 sendok makan ketumbar, disangrai

4 butir kemiri

1 sendok teh merica bubuk

8 butir bawang merah

3 siung bawang putih

1 ruas jahe

Garam secukupnya

*Cara Masak* :

  1. Bumbu yang dihaluskan ditumis hingga harum, masukkan daging sapi, aduk-aduk sampe berubah warna.
  2. Tuang santan, masukkan serai dan daun salam
  3. Masak sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih, angkat, buang serai dan daun salamnya

*Cara Saji*

Hidangkan soto dengan irisan tomat, bawang goreng, daun seledri dan perasan jeruk nipis. Hidangkan selagi hangat.

~~~

SOTO MEDAN

*Bahan*

1 kg ayam, potong empat bagian

3 sendok makan minyak sayur

1 cm lengkuas

2 lembar daun salam

1 batang serai, memarkan

5 lembar daun jeruk purut

1 liter santan encer

250 ml santan kental

*Bumbu yang dihaluskan* :

8 butir bawang merah

3 siung bawang putih

3 sendok makan ketumbar, sangrai

2 sendok teh jintan

1 sendok teh merica butiran

1 cm jahe

1 cm kunyit

*Pelengkap* :

6 butir telur rebus, kupas, belah dua

250 gram tomat merah, potong dadu

500 gram kentang, rebus, kupas, potong-potong

150 gram emping goreng

3 sendok makan bawang merah goreng

Sambal cabe rawit

*Cara Masak* :

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, serai dan daun jeruk hingga harum.
  2. Masukkan potongan ayam, aduk hingga kaku,  angkat. Masukkan ke dalam panci, tuangi santan encer. Masak di atas api kecil hingga daging ayam lunak. Angkat.
  3. Tuangkan santan kental ke dalam kuah ayam, masak sambil aduk2 hingga mendidih. Angkat. Lumuri ayam dengan sedikit garam. Goreng dalam minyak hingga kuning kecoklatan,  angkat dan tiriskan.
  4. Suwir2 kasar daging ayam, sisihkan.

*Cara saji* :

Daging ayam, telur, tomat dan kentang ditaruh dalam mangkuk. Tuang kuah ayam panas, sajikan bersama emping goreng, bawang goreng dan sambal cabe rawit.

~~~

COTO MAKASSAR

*Bahan*

500 gram daging sapi

500 gram babat, rebus sampe matang

300 gram hati sapi, rebus matang

200 gram jantung hati, rebus matang

5 batang serai, memarkan

4 cm lengkuas, memarkan

2 cm jahe, memarkan

5 lembar daun salam

250 gram kacang tanah, goreng, haluskan

2,5 liter air cuci beras/tajin

1 sendok makan kaldu bumbu rasa sapi

6 sendok makan minyak sayur

*Bumbu yang dihaluskan* :

10 siung bawang putih

8 butir kemiri, sangrai

1 sendok makan ketumbar, sangrai

1 sendok teh jintan, sangrai

1 sendok teh garam dan 1 sendok teh merica butiran

*Pelengkap*

Bawang goreng

Irisan daun bawang dan seledri

Sambal tauco

*Haluskan* :

10 bawang merah

5 siung bawang putih

10 cabai keriting, rebus sebentar

100 gram tauco, tumis dengan 6 sendok makan minyak sayur hingga matang

Tambah garam dan gula merah

*Cara Masak* :

  1. Rebus daging sapi, babat, hati dan jantung sapi, beri serai , lengkuas, jahe dan daun salam hingga matang, angkt, tiriskan, potong dadu.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan dalam air kaldu rebusan daging, tambahkan kacang goreng, didihkan.

*Cara saji* :

Siapkan mangkuk, isi dengan daging dan jeroan, seduh dengan kuah panas, taburi bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri, sajikan dengan lontong dan sambal tauco.

~~~

Oke itu aja dulu ya resepnya, next gue cari lagi resep lainnya. O ya resep ini gue dapet dari berbagai sumber.

About these ads
 
5 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 25, 2010 in resep

 

5 responses to “Aneka Resep Soto

  1. molinbangunan

    Januari 25, 2010 at 6:19 p

    Yang paling Saya sukai Soto Betawi

    Salam
    http://kerajinanbali.net

     
  2. nana soekarto (@NanaSoekarto)

    Maret 30, 2012 at 7:45 p

    waduuuuuh, enak bener. Aku langsung ‘kopi’ resepnya. Sekali ‘kopi’ dapat banyak resep soto. Makasih banyak.’

     
    • Shatikah

      April 6, 2012 at 10:28 p

      sama-sama, senang kalau bisa bermanfaat ^___^

       
  3. Doddy GPenk S Kiss

    September 9, 2012 at 6:30 p

    Terima kasih resep sotonya …. akan di coba semua …. pastinya

     
    • Shatikah

      September 12, 2012 at 4:00 p

      sama-sama ^___*

       

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: