RSS

Khasiat Bayam

03 Des

hm..bayam… inget bayam… inget jaman kecil dulu, secara di halaman rumah gue dulu (di bandung), tumbuh beberapa pohon bayam yang berdaun lebar… mom biasa mengolah daun bayam yang lebar itu jadi semacam rempeyek.. rasanya yummy (baca: gurih dan krispi, hehe…),  selain dibikin rempeyek, bayam enak juga dijadiin lalapan atau sebagai bahan campuran gado2, nemenin kol dan toge, heuheu… denger2 bayam banyak mengandung zat besi loh, emang iyah?! tapi denger2 juga bayam ga baik dikonsumsi untuk jangka waktu tertentu karena jadi beracun.. hah, yang benerr?!!.. nyari tau yuk..

Sejarah Bayam

Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik dan biasa tumbuh di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Bayam adalah tanaman sayuran yang punya nama ilmiah Amaranthus spp. Kata ‘maranth‘ berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘everlasting‘ atau abadi.

Tanaman bayam pada mulanya dikategorikan sebagai tanaman hias saja, yang biasa ditanam untuk pekarangan rumah, namun seiring berjalannya waktu, tanaman bayam berubah menjadi bahan pangan.

Bayam diperkirakan masuk ke Indonesia pada abad 19 saat Indonesia sibuk2nya jadi tempat lalu lintas perdagangan internasional.

Di Indonesia, bayam dapat hidup sepanjang tahun dan biasa ditanam pada ketinggian 5 hingga 2 meter dpl, bisa tumbuh di daerah panas dan dingin, namun tumbuh lebih subur pada dataran rendah dengan lahan terbuka yang udaranya agak panas.

Terdapat beberapa varietas bayam, yaitu : bayam hijau biasa; bayam merah (blitum rubum) yang berwarna hijau keputih-putihan. (daun dan batang bayam merah mengandung cairan yang berwarna merah); bayam kakap (A. Hybridus); bayam duri (A.Spinosus); bayam tanah (A. Blitum).

Yang Terkandung Dalam Bayam

Bayam banyak mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, purin dan vitamin (A, B dan C). Bayam juga kaya akan magnesium. Juga mengandung asam folat dan asam oksalat.

Nilai kandungan gizi bayam per 100 gram

Air 92,9 gr
Protein 2,1 gr
Lemak 0,2 gr
Karbohidrat 2,7 gr
Serabut 0,7 gr
Abu 1,4 gr
Kalsium 90,0 mg
Fosfor 29,0 mg
Besi 3,8 mg
Natrium 131,0 mg
Kalium 385,0 mg
Betakoroten 4080,0 ug
Vitamin B1 0,08 mg
Vitamin B2 0,15 mg
Niacin 0,7 mg
Vitamin C 76,7 mg

Khasiat Bayam Untuk Kesehatan

Secara umum, bayam dapat meningkatkan kinerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Daun bayam dapat memperkuat akar rambut serta mengobati tekanan darah rendah, kurang darah (anemia) dan gagal ginjal.

Selain itu, bayam memiliki khasiat untuk mencegah hilangnya penglihatan akibat macular degeneration (usia menua) dan penyakit kanker. Bayam juga merupakan sumber lutein dan folate yang bagus yang dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan folic acid yang terdapat dalam bayam dapat melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang mudah larut dan mengandung vitamin B9. Vitamin ini biasanya menjadi suplemen bagi wanita yang mengandung untuk melindungi bayi lahir cacat pada bagian syaraf. Khasiat bayam lainnya adalah untuk mengurangi pembentukan batu empedu karena bayam mengandung magnesium.

Bayam dan Pengobatan

*meningkatkan kerja ginjal dan membersihkan darah sehabis melahirkan*

cara : – konsumsi bayam dalam bentuk sayur bening

*anemia*

cara : cuci dua genggam daun bayam merah, tumbuk halus, tambahkan satu sendok makan air jeruk nipis, lalu saring. Tambahkan madu dan sebutir telur ayam kampung, aduk rata. Minum ramuan ini sehari satu kali selama seminggu.

* Disentri*

Cara: cuci 10 batang akar bayam merah sampai bersih, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan garam halus seujung sendok tehm aduk rata lalu saring. Minumlah air saringan tersebut sekaligus.

*Sembelit, Sakit Gusi, Tukak Lambung*
bahan yang diperlukan: seikat bayam, sesendok madu
Cara: cuci dan potong bayam, lalu digiling/dijus sampai halus.Tambahkan setengah cangkir air matang dan satu sendok makan madu. Setelah itu diperas dan disaring. Minum tiga kali sehari (@ setengah cangkir)

*badan lemas, cepat ngantuk*
Bahan:
1 buah tomat
1/2 gelas susu nonfat
100 gram daun bayam
2 siung bawang putih

cara : masukkan semua bahan ke blender, tapi sebelumnya buang biji dan kulit ari tomat. Daun bayam diseduh dengan air panas. Bila terlalu kental, tambahkan air sedikit ke dalamnya. Minum tiga kali seminggu jus campuran itu. Bila kondisi membaik, porsi kurangi sebanyak sekali seminggu.

*perawatan kulit muka*
Bahan: segenggam kunyit, seikat daun bayam

cara : bayam dibersihkan, baru diblender. Setelah itu peras dan ambil airnya. Ambil kunyit lalu bersihkan, setelah dibersihkan potong kecil-kecil dan masukkan ke blender. Tambahkan air secukupnya. Peras kunyit dan ambil air sarinya. Campur air sari kunyit dan bayam. Tambahkan dengan sedikit air hangat. Gunakan untuk mencuci muka.

*Bronkitis, anemia, demam, keputihan, gangguan lever*
Bahan: seikat bayam; sesendok madu

cara : masukkan bayam dalam blender dengan ditambah sedikit air matang. Peras hasil blenderan bayam dan tambahkan madu di dalamnya. Minum sehari sekali, satu gelas.

*disengat lebah dan serangga lainnya*
cara: memarkan bayam dan tempelkan pada bagian tubuh yang sakit atau gatal. Bisa juga dilengkapi dengan membuat jus bayam dan diminum sehari sekali satu cangkir.

*memperkuat akar rambut*

cara : cuci bersih seikat bayam segar, lalu tumbuk hingga halus, tambahkan garam sedikit, aduk rata, lalu peras dan saring. Minum perasan air bayam tersebut dua atau tiga kali seminggu.

Yang Harus Diwaspadai Dari Bayam

Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro), jika bayam terlalu lama berinteraksi dengan O2 (oksigen), maka kandungan Fe2+ (ferro) akan teriksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Walaupun sama-sama zat besi dan bermanfaat, namun ferri akan bersifat racun bagi tubuh manusia, jadi jangan sekali-kali memanaskan sayur bayam yang sudah mengalami proses pemanasan dalam bentuk makanan. Salah satu akibat yang terjadi bila keracunan bayam adalah badan menjadi merah dan gatal.

Sayur bayam yang lebih dari 5 jam, akan jadi berbahaya jika dikonsumsi. Hal ini terjadi karena kandungan NO2 (nitrat) teroksidasi dengan udara menjadi NO3 (nitrit) yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun.

Yang ga kalah penting yang harus diperhatikan adalah : mereka yang menderita asam urat dan  reumatik, tidak boleh mengkonsumsi sayur jenis ini karena bisa menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan dan asam urat kambuh. Ini terjadi karena kandungan zat purin dalam bayam cukup tinggi.

Popeye Dan Bayam

Tokoh kartun Popeye diciptakan oleh Elzie Crisler Segar, dan diperkenalkan dalam bentuk komik strip pada awal 1929. Dengan cepat, sosok yang juga digambarkan selalu mengulum pipa tembakau ini sukses meraih popularitas pada era 1930-an. Di masa itu, kartun Popeye merupakan bagian dari kampanye makan sayur di kalangan anak-anak. Meski mengandung banyak nutrisi, sayuran (bayam) kurang disukai anak-anak karena rasanya yang dinilai tidak enak.

Kampanye melalui kartun bisa dikatakan berhasil, sebab konsumsi bayam di AS tercatat meningkat hingga 33 persen ketika popularitas kartun Popeye sang pelaut begitu meledak. Meski demikian, ada rumor menarik di balik kampanye terselubung ini. Rumor tersebut terkait dengan pemilihan bayam sebagai senjata rahasia Popeye. Ada banyak sayuran atau buah-buahan lain yang juga kaya akan kandungan nutrisi, tetapi sang kreator memilih bayam sebagai ‘bahan bakar’ bagi popeye.

Diduga alasannya terkait kesalahan sejarah soal jumlah kandungan zat besi dalam bayam. Pada tahun 1870, seorang ilmuwan bernama Dr. E. von Wolf salah meletakkan tanda koma saat menuliskan kandungan zat besi pada bayam. Kesalahan ini menyebabkan anggapan berlebihan tentang manfaat bayam. Tidak ada yang menyadari kesalahan ini hingga 70 tahun kemudian, ketika Popeye terlanjur dikenal sebagai pemakan bayam. Pada masa itu barulah terungkap bahwa kandungan zat besi dalam sayuran tersebut hanya 1/10 dari yang dituliskan oleh Dr. Wolf.

Namun rumor ini dibantah oleh Dr. Mike Sutton, ilmuwan yang berusaha melacak kesalahan terkait kandungan zat besi dalam makanan kegemaran Popeye. Dalam kesimpulan yang dipublikasikan di Internet Journal of Ciminology tahun 2009, ia menyebut tidak cukup bukti tentang adanya kesalahan tersebut. Dr. Sutton justru menyebut, bayam dipilih bukan karena mengandung zat besi melainkan karena kaya akan vitamin A. Apapun itu, banyak mengkonsumsi bayam dan sayuran lain tetap akan memberikan manfaat bagi kesehatan.

Resep Dari Bayam

Nah, karena sekarang gue udah tau apa ajah yang terkandung dalam bayam, saatnya bikin kripik dan rempeyek dari bayam. Ikutan bikin yuk, gampang kok caranya.

Keripik Bayam

Bahan Keripik Bayam :

  • 50 ml santan
  • 50 gr daun bayam, rebus, iris halus.
  • 1/2 butir telur, kocok lepas.
  • 250 gr tepung terigu
  • 25 gr keju cheddar, parut.
  • 50 gram margarin
  • minyak untuk menggoreng

Bumbu halus Keripik Bayam :

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Keripik Bayam :

  1. Blender bayam dan santan.
  2. Tambahkan bumbu halus dan telur.
  3. Tuang ke dalam tepung terigu, tambahkan keju, margarin. Aduk rata.
  4. Giling tipis lalu potong-potong. Goreng dalam minyak panas sampai renyah dan kering.

Untuk 300 gram


~~~

Rempeyek Bayam 1

Bahan:

  • 1 ikat bayam
  • 200 gr tepung beras
  • 3 sdm tepung kanji
  • 8 bh kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sdm ebi
  • garam secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  • pilih daun bayam yang utuh-utuh dan lebar
  • haluskan bawang putih, kemiri dan ebi
  • campurkan bumbu yg sudah dihaluskan dengan tepung beras dan kanji, beri air untuk melarutkan adonan hingga encer
  • masukkan garam secukupnya.
  • panaskan minyak dalam wajan
  • celup daun bayam ke dalam adonan lalu goreng hingga benar-benar kering.
  • rempeyek bayam siap di nikmati

~ ~ ~

Rempeyek Bayam 2

Bahan:

  • 100 g tepung beras
  • 3 sdm tepung kanji
  • 500 ml santan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 btr telur
  • 10 lbr daun jeruk, iris halus
  • 100 g bayam merah besar, petik per lembar


Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 3 btr kemiri
  • 2 sdm ketumbar
  • 2 cm kencur


Cara Membuat:

  1. Campur tepung beras dan tepung kanji, aduk bersama santan, garam dan merica, aduk hingga licin. Tambahkan telur dan bumbu halus, aduk rata. Masukkan irisan daun jeruk dan bayam, aduk rata.
  2. Panaskan wajan besar, tuang minyak, goreng bayam berbalut adonan hingga kuning keemasan.

Untuk 10 porsi

Nilai gizi per porsi:
Energi: 161 Kkal
Protein: 2,7 g
Lemak: 8,8 g
Karbohidrat: 18,8 g


Tips

  1. Untuk mendapatkan rempeyek renyah dan garing, celupkan lembar demi lembar daun bayam ke dalam adonan, dan tiriskan sejenak.
  2. Goreng dengan minyak banyak.

(berbagai sumber)

About these ads
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 3, 2010 in khasiat sayur

 

2 responses to “Khasiat Bayam

  1. Han Sen

    Februari 26, 2012 at 10:43 p

    gan…
    kan bayam bisa ke oksidasi tuh
    nah kalo dibuat produk olaham kaya misalna mie bisa keoksidasi dan berbahaya ga??
    thanks

     
    • Shatikah

      Februari 28, 2012 at 1:57 p

      haduuh pertanyaannya susah euy, aku bukan ahli gizi hehe.. tp aku coba jawab; proses oksidasi terjadi kalo bayam yang sudah melalui proses pemasakan (misal sayur bening dll) dipanaskan. Itu berarti makanan olahan dari bayam seperti mie, keripik bayam, dll, menurutku aman dikonsumsi selagi setelah selesai dimasak/diproses, langsung dikonsumsi, dihabiskan dan tidak dihangatkan lagi. Jadi jangan menunda-nunda untuk menghabiskan bayam, hehe

       

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: